Memperbaiki Beton Yang Retak

Jika menyangkut beton, apakah retakan tidak bisa dihindari? Secara teknis, jika setiap aspek penuangan asli dilakukan dengan sempurna, mungkin tidak. Tetapi di dunia nyata, ini adalah taruhan yang cukup aman bahwa retakan akan terjadi. Retakan beton disebabkan oleh persiapan di bawah permukaan yang tidak tepat, desain campuran yang buruk, kontrol ketebalan yang buruk, pengawetan yang tidak tepat, sambungan kontrol yang ditempatkan dengan buruk, perubahan suhu, beban tegangan, gerakan tanah atau bangunan, dan berbagai alasan lainnya – secara tunggal atau kombinasi.

Kontraktor sering dipanggil untuk memperbaiki atau menyamarkan retakan beton. Pemilik rumah dengan jalan masuk beton, jalan setapak atau teras mungkin memutuskan bahwa retakan tidak sedap dipandang dan perlu diperbaiki. Retak di lantai basement atau garasi seringkali membutuhkan perhatian. Darryl Manuel, presiden Vexcon Chemicals Inc. di Philadelphia, mengamati tren dalam mengubah bangunan tua – sering kali menampilkan lantai beton dengan banyak celah – menjadi loteng dan ruang ritel. Dan di ruang ritel dan komersial baru, lantai beton sering ditentukan untuk daya tahan dan umur panjangnya, tidak tahan retak.

Dalam hal perbaikan retakan dan perawatan dekoratif pada permukaan beton, banyak kontraktor memiliki banyak rekomendasi termasuk harga ready mix beton cor. Jenis retakan yang berbeda, tampaknya membutuhkan teknik perbaikan yang berbeda pula.

Hal pertama tentang retakan beton adalah bahwa setiap retakan berbeda dan cara Anda memperbaiki retakan bergantung pada lapisan apa yang akan Anda buat, jelas A. Ray Anderson, pemilik Only Under Pressure di Thousand Oaks, California.

Menjadi Detektif Kerusakan Pada Beton

Beberapa cracking adalah kesepakatan satu kesempatan, seperti ketika retakan terjadi karena masalah pengawetan atau truk yang terlalu besar menabrak slab. Ini adalah retakan statis, tidak mungkin bergerak. Retakan struktural dan jenis retakan lainnya, di sisi lain, biasanya menghadirkan masalah yang berkelanjutan. Seperti yang ditunjukkan oleh Tom Ralston, presiden Tom Ralston Concrete Inc. di Santa Cruz, California, Anda harus menghormati semua retakan struktural. Mereka akan terus bergerak.

Mike Meursing, manajer di Versatile Deck Coatings di Long Beach, California, berkata, Setelah Anda menemukan celah dan kerusakan, penting untuk menentukan penyebabnya, jika tidak, perbaikan Anda hanya akan menjadi perbaikan jangka pendek. Jika masih ada tekanan, beton akan retak lagi, tetapi ada petunjuk tentang apa yang mungkin menyebabkan retakan, tambahnya. Berikut beberapa contohnya:

  • Jika Anda memiliki retakan yang sangat dalam dan permukaan di kedua sisi retakan tidak rata, kemungkinan karena dasar yang tidak stabil.
  • Jika slab berada pada lereng dan retakannya tegak lurus dengan lereng, kemungkinan besar penyebabnya adalah selip.
  • Jika Anda mengamati retakan acak dan melihat atau mengetahui alat berat telah melewati beton, kemungkinan penyebabnya adalah beban berlebih.
  • Keretakan atau keretakan permukaan di mana tulangan berada menunjukkan bahwa korosi tulangan adalah penyebabnya.
  • Retakan benturan sering kali diindikasikan dengan spall.
  • Siklus beku-mencair sering menyebabkan retakan yang meluas dan konsisten di seluruh beton.
  • Dan, jika tidak ada penyebab yang jelas untuk retakan tersebut, tetapi Anda melihat permukaan retak atau retakan sporadis, kemungkinan besar itu karena penyusutan.

Mempersiapkan Material dan Memperbaiki Beton Yang Retak

Tidak peduli topping dekoratif apa yang Anda rencanakan untuk diterapkan pada permukaan beton – noda, lapisan buram, overlay terikat atau tanpa ikatan – Anda harus melakukan perbaikan retak terlebih dahulu. Praktik yang biasa dilakukan adalah memahat atau mengejar retakan. Ini tidak hanya membantu Anda membersihkan tepi retakan, chasing juga menyediakan slot yang sedikit lebih besar untuk memasukkan bahan perbaikan.

Ukuran pisau pengejar yang Anda perlukan untuk tugas tersebut bergantung pada lebar retakan, lapor Jason Root, spesialis produk wilayah barat dengan USF Surface Preparation Group di Rancho Dominguez, California. Banyak orang suka mengejar retakan dengan bentuk V. atau Anda dapat menggunakan mata pisau bermata persegi. Lebar pisau tipikal yang digunakan untuk mengejar retakan acak adalah 1/4 inci, 3/8 inci dan 1/2 inci, katanya, menambahkan, Saat mengejar retakan acak, lebih baik pisau berdiameter lebih kecil. Semakin kecil diameter bilahnya, semakin ketat radius yang bisa Anda putar.

Ada tiga kategori umum bahan perbaikan retak, jelas Ronald Borum, wakil presiden eksekutif Divisi Miracote dari Crossfield Products Corp. di Rancho Dominguez, California. Perbaikan yang kaku disebut sebagai pengelasan dan hasil perbaikannya kaku. Materi ini menggantikan integritas fisik dan membuat substrat yang mulus. Pengisi semen epoksi dan polimer adalah tipikal dari kategori ini, katanya.

Produk dalam kategori semi-fleksibel lebih banyak digunakan untuk penyegelan sambungan daripada perbaikan retak, kata Borum. Karena mereka semi-kaku, mereka bisa mentolerir beberapa gerakan. Mereka bagus di bawah lapisan yang dapat mentolerir beberapa gerakan, memberikan dukungan yang baik untuk lapisan.

Produk perbaikan fleksibel paling sering digunakan untuk perbaikan retakan kecil – bila retakan berukuran 1/8 inci hingga 1/16 inci atau kurang – dan retakan stabil. Produk-produk ini menjembatani retakan, diaplikasikan dengan gaya gravitasi atau dibungkus.

Dalam situasi tertentu, Anda mungkin perlu menjahit di sepanjang celah. Teknik ini umumnya menghasilkan perbaikan yang kuat, meskipun mungkin tidak cukup bagus.

Produk perbaikan yang Anda gunakan bergantung pada sifat retakan, langkah tambahan yang akan Anda ambil untuk menghilangkan tekanan yang sedang berlangsung di pelat (seperti membuat sambungan kontrol tambahan) dan lapisan dekoratif yang akan Anda gunakan di atasnya.

Terry Collins, insinyur konstruksi beton dengan Asosiasi Semen Portland di Skokie, Ill., Mengingatkan kontraktor, ada perubahan volume konstan yang terjadi sepanjang waktu dalam beton [saat mengembang dan menyusut]. Jika Anda meletakkan sambungan dengan benar, ini memberikan bidang yang lemah untuk diikuti retakan versus retakan acak.