Air bersih sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Air yang digunakan setiap hari harus memenuhi syarat-syarat yang sehat. Banyak orang percaya bahwa air jernih yang dilihat dengan mata telanjang benar-benar aman untuk digunakan. Kalaupun tidak semua air jernih layak digunakan. Untuk memastikan airnya layak pakai, Anda bisa mengujinya di laboratorium. Namun, jika terlalu sulit, Anda bisa mengecek air yang akan Anda gunakan sendiri. Yuk, Sebutkan Syarat Syarat Fisik Air Dapat Diminum, Apakah kalian tahu? Yuk simak artikel dibawah ini yaa..

Sebelum mengkonsumsi pun sebenarnya ada baiknya kita menggunakan dispenser air minum yang sehat atau menyaringya terlebih dahulu, untuk itu yuk simak juga cara membuat saringan air yang baik dan benar.

Sebutkan Syarat Syarat Fisik Air Dapat Diminum?! Berikut ini adalah beberapa syarat-syarat fisir air dapat diminum yang merupakan hal penting untuk diketahui sebelum Anda mengkonsumsi air:

Baca Juga : Simak Cara Membuat Saringan Air Yang Baik dan Benar

Sebutkan Syarat Syarat Fisik Air Dapat Diminum

Sebutkan Syarat Syarat Fisik Air Dapat Diminum

1. Jernih dan tidak keruh|Sebutkan Syarat Syarat Fisik Air Dapat Diminum

Kriteria pertama air bersih yang terlihat dengan mata telanjang adalah kejernihannya dan pastinya tidak keruh. Jernih sendiri berarti bahwa air tidak terkontaminasi oleh kekeruhan dan zat lain yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Sedangkan, Air keruh dapat dihasilkan oleh campuran partikel yang tidak larut (seperti debu dan tanah), sehingga bakteri di dalamnya dapat membuat air menjadi keruh. Jika air terlihat keruh, mungkin tidak cocok untuk digunakan atau dikonsumsi. Kementerian Kesehatan telah menetapkan batas kekeruhan maksimum untuk air minum adalah 5 (skala NTU) dan air bersih adalah 25 (skala NTU).

2. Tidak berwarna apapun

Syarat-syarat selanjutnya adalah air tidak berwarna, artinya tidak ada warna yang tercampur ke dalam air. Warna yang tercampur di dalam air diduga merupakan unsur berbahaya yang tidak baik untuk kesehatan.

Seperti halnya, Limbah pabrik yang langsung dibuang ke sungai tanpa diolah, atau warga yang sering membuang sampah dan bangkai hewan ke sungai sesuka hati, hal itu dapat mengubah warna air.

Terdapat 2 jenis warna air  yaitu warna natural dan warna semu. Warna natural disebabkan oleh adanya zat non organik, sedangkan warna semu disebabkan oleh zat organik. Air dengan warna semu lebih mudah ditangani daripada warna asli. Misalnya air sungai (warna semu) berubah warna menjadi coklat karena mengandung tanah, dan jika mengendap, air menjadi jernih.

3. Tidak berasa apapun

Syarat lain dari air yang dapat diminum yaitu tidak berasa pahit, asin,atau getir. Jadi air yang anda minum tidak menghasilkan rasa apapun atau hambar.

Jika air yang anda konsumsi pahit atau asin, sebaiknya anda mengolahnya atau membuat saringan air agar bisa bersih dan layak dikonsumsi.

4. Tidak berbau apapun

Air bersih jangan sampai berbau, apalagi berbau menyengat. Apalagi jika air berada di tempat yang berbau tidak sedap, sudah pasti air tersebut tidak bisa dikatakan air murni atau air bersih.

Ada banyak kerugian menggunakan air yang berbau. Misalnya jika digunakan untuk mencuci pakaian, dapat merusak kain yang akan dicuci. Atau digunakan untuk mandi, kulit bisa terkena infeksi dan gatal-gatal.Dan jika air itu sampai masuk ke dalam tubuh, sama berbahayanya, Anda dapat mengalami keracunan dan masalah kesehatan.

5. Suhu Normal |Sebutkan Syarat Syarat Fisik Air Dapat Diminum

Syarat selanjutnya adalah, Suhu air yang dimurnikan tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah. Temperatur normal air bersih sekitar 10 sampai 25 derajat celcius, atau bisa dikatakan sejuk. Air yang terlalu panas atau terlalu panas akan menyebabkan jumlah oksigen di dalam air berkurang dan  mengalami laju reaksi kimianya meningkat.

Baca Juga : Keunggulan pasang pemanas air solahart

6. Tidak meninggalkan endapan

Air bersih dan sehat tidak akan meninggalkan endapan dibawahnya, karena biasanya mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun kandungan zat yang terlalu sedikit atau terlalu banyak justru dapat menyebabkan gangguan fisiologis pada tubuh manusia. Seperti tembaga, bisa digunakan untuk mengatur sel darah merah di dalam tubuh. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat merusak hati.

Demikianlah artikel mengenai Sebutkan Syarat Syarat Fisik Air Dapat Diminum, semoga dengan adanya artikel ini anda dapat menentukan air minum yang akan anda konsumsi, Semoga bermanfaat yaa.. See you and keep healthy 🙂