Apa manfaat kompos adalah cara terbaik untuk membuang sampah organik. Banyak orang berpikir bahwa pengomposan itu sulit dan rumit. Tapi tahukah Anda, pengomposan itu mudah dan Anda hanya perlu membiasakannya.Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar istilah “kompos”? Mungkin bercocok tanam? Pabrik? Atau pupuk kandang?

manfaat Kompos organik pada dasarnya adalah hasil penguraian semua sampah organik yang kita hasilkan. Ketika dipecah dengan benar, kompos bertindak sebagai pupuk tanah. Jika tanahnya subur, maka tanaman akan tumbuh subur. Pengomposan dengan demikian akan melindungi persediaan makanan kita.

apa manfaat kompos

Selain kompos, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

1. Mengurangi jejak Karbon Dari Kendaraan Pengangkut Sampah

apa manfaat kompos

Truk sampah adalah salah satu sumber jejak karbon di Bumi. Pengomposan mengurangi jumlah truk sampah yang datang ke rumah kita. Karena kami menggunakan limbah yang kami hasilkan sebagai bahan kompos.

2. Bersyukur Dengan Proses Alami Alam

Pengomposan juga mengajarkan Anda untuk bersyukur atas proses alami alam. Karena semua proses pengomposan dilakukan secara alami dan menggunakan bahan alami (sampah organik).

3. Menutrisi Tanah dan Makhluk Didalamnya

Pengomposan juga dapat menyuburkan tanah dan kehidupan tanah karena bahan yang kita gunakan untuk pengomposan berasal dari sampah organik seperti sisa makanan atau dedaunan.

4. Mengurangi Resiko Bencana Longsor

Menggunakan kompos lebih ramah lingkungan dan mengurangi polusi air dan tanah. Sampah organik yang tersebar dapat dikumpulkan dan diolah menjadi pupuk sehingga tidak menyumbat aliran air yang dapat menyebabkan banjir atau tanah longsor.

5. Sampah Selain Sampah Organik Bisa Dibawa Ke Bank Sampah

Tentunya sebelum pengomposan, kita pisahkan terlebih dahulu sampah organik dan anorganik. Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam pemilahan sampah di rumah sehingga sampah organik dijadikan kompos dan sampah anorganik (kecuali sampah organik) diambil di tempat sampah.

6. Meringankan Beban TPA

Pengomposan juga membantu mengurangi beban sampah di TPA, karena sebagian sampah yang kami hasilkan telah digunakan sebagai kompos. Semakin sering Anda membuat kompos, semakin sedikit sampah yang berakhir di TPA. Jadi tunggu apa lagi? Mari kita mulai dengan pengomposan.

7. Menjaga Kualitas Air dan Tanah

Kandungan organik, yaitu proses pengomposan tanah, juga membantu menjaga kualitas air dan tanah. Kompos memperbaiki struktur tanah dengan meningkatkan kandungan bahan organik tanah dan meningkatkan kemampuan tanah menahan kandungan air tanah.

8. Menghasilkan Tanaman yang Baik dan Subur

Kompos menambah kesuburan tanah karena menyediakan unsur hara dan mineral yang dibutuhkan tanaman. Penggunaan kompos pada pertanian dan perkebunan tentunya akan meningkatkan produktivitas dan menghasilkan tanaman yang lebih sehat.

9. Mengurangi Biaya Angkut Sampah

Tentu saja, jika sebagian sampah (biowaste) sudah diubah menjadi kompos, truk sampah tidak harus datang ke rumah setiap hari. Biaya pengangkutan sampah yang kita lakukan juga akan berkurang.

10. Mengurangi Efek Gas Rumah Kaca dan Perubahan Iklim

Sampah organik di TPA terurai tanpa oksigen, menghasilkan gas rumah kaca seperti metana dan karbon dioksida yang menyebabkan perubahan iklim. Tentu saja, dengan membuat kompos, kita mendukung perubahan iklim, bukan?

11. Media Aktivitas Keluarga

Pengomposan bukan hanya kegiatan yang membantu menyelamatkan bumi atau memudahkan proses pembuangan. Membuat kompos juga bisa menjadi media kegiatan yang bisa Anda lakukan di rumah bersama keluarga tercinta. Tentu, ini merupakan hobi menyenangkan yang bisa mengisi akhir pekan atau liburan Anda, bukan?