Tungau berasal dari mana? Pertanyaan ini tentu membuat banyak orang ingin mengetahui asal muasal hewan kecil ini. Tungau merupakan salah satu hewan tanpa tulang belakang atau biasa disebut dengan arthropoda. Tungau memiliki bentuk badan yang disertai ruas-ruas kecil.

Hewan ini juga memiliki bentuk tubuh yang sangat kecil sehingga kadang tidak bisa kita lihat atau kita cari dengan kasat mata. Saking kejeliannya dalam menyembunyikan diri di tempat-tempat kotor khususnya di dalam rumah. Sehingga membersihkan rumah secara manual tanpa menggunakan alat pun kadang belum cukup.

Lalu kira-kira tungau scabies berasal dari mana? Pada tempat yang seperti apakah yang disenangi hewan tungau? Mari kita bahas pada penjelasan di bawah ini.

baca juga: jasa pembersih tungau tangerang

Tungau Berasal Dari Mana? Ini Asalnya

Banyak orang yang menganggap bahwa tungau itu sama dengan kutu. Meskipun memiliki kesamaan dengan ukuran yang kecil, namun dalam ilmu hewan keduanya memiliki perbedaan. Hewan tungau memiliki kesempurnaan dalam beradaptasi di lingkungan dengan berbagai macam keadaan.

Hewan dengan jenis ukuran yang relatif sangat kecil ini memang kurang menarik perhatian pada hewan pemangsa. Hal ini mengakibatkan penyebaran hewan tungau yang dapat berkembang biak dengan cepat.

Tungau ini dikenal sebagai hewan yang dapat memicu terjadinya alergi, bahkan menjadi salah satu vektor penyakit. Terdapat banyak jenis tungau yang dimana mereka dapat hidup di air maupun daratan. Kebebasan hidup yang mereka dapatkan mampu kerusakan pada tanaman.

Kehidupan Hewan Tungau

Tungau dapat menyebabkan penyakit menular seperti scabies dan juga penyakit kulit. Meskipun demikian, ada juga tungau yang hidupnya menopang pada hewan lain dengan simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan.

Bertahannya kehidupan tungau jantan dan betina memiliki perbedaan yang spesifik. Tungau jantan memiliki waktu untuk bertahan hidup lebih pendek daripada tungau betina. Tungau jantan dapat bertahan hidup dalam kurun waktu sekitar 1 bulan. Sedangkan tungau betina dapat bertahan hidup hingga mencapai 3 bulan.

Tungau lebih cenderung menyukai cuaca pada saat musim panas dan lembab. Hewan ini dapat membuat tempat tinggal pada tempat-tempat yang terdapat tumpukan sel-sel kulit mati tanpa anda ketahui. Misalnya pada tempat tidur atau kasur, sofa, karpet, dan gorden jendela anda. Tak heran jika tungau sangat senang tinggal di rumah, karena makanannya adalah sel-sel kulit mati.

cek juga: vakum tungau tangerang

Waspada Penyakit Akibat Tungau

Pada umumnya, tungau dapat bersarang pada lapisan kulit anda. Hewan mikroskopis ini dapat menyebabkan ruam pada kulit anda jika sudah menggigit permukaan kulit.

Hewan penyebab penyakit scabies ini dapat menular jika anda pernah kontak fisik dengan penderita. Misalnya saja ketika anda tidur berdekatan atau menggunakan barang secara bergantian dengan penderita.

Penyebab penyakit ini yaitu tungau berkaki 8 yang hanya dapat anda lihat menggunakan mikroskop. Gejala yang dapat timbul dari penyakit ini yaitu :

  • Gatal-gatal pada kulit
  • Menimbulkan ruam merah pada kulit
  • Luka akibat garukan
  • Terdapat kerak atau jamur yang tebal pada lapisan kulit terluar.