Tungau adalah hewan kecil yang biasanya menghuni kasur atau sofa yang banyak kotorannya. Penyebab muncul tungau di kasur ini ternyata awal mulanya dari kebiasaan sepele yang sering diabaikan. Mulai dari makan di atas kasur, jarang mengganti sprei, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penyebab Munculnya Tungau di Kasur

Banyak sekali kebiasaan yang menjadi penyebab muncul tungau. Selain dari debu atau rontokan makanan, ternyata keringat yang lembab juga dapat mengakibatkan munculnya tungau. Karena keringat manusia merupakan salah satu aroma yang sangat disukai oleh tungau dan kutu.

baca juga: cleaning service Batam

Jika tidak segera dibersihkan, maka mereka akan bersembunyi dan berkembangbiak di dalamnya. Ketika hewan kecil ini berdiam di dalam kasur atau sofa, mereka akan mengeluarkan zat yaitu karbon dioksida. Zat yang dikeluarkan oleh tungau ini bisa mempengaruhi kesehatan pernapasan orang yang berdiam diri disitu.

Cara Mengatasi Tungau

Setelah kita tahu apa saja penyebab munculnya tungau, kini saatnya kita mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tungau yang muncul di kasur. Caranya adalah sebagai berikut ini:

Rajin Ganti Sprei Kasur

Sprei merupakan kain untuk penutup kasur yang menjadi alas tidur anda. Untuk anda yang ingin bebas tungau, sebaiknya anda rajin untuk mengganti sprei paling tidak seminggu sekali. Tidak hanya dengan mengganti sprei saja, anda juga harus bisa mencuci sprei dengan baik dan benar agar kuman dan hewan yang menempel bisa mati.

Jika di sprei anda menjadi sarang tungau, maka untuk mencucinya sebaiknya anda menggunakan air panas dan detergen. Dengan begitu, tungau bisa mati dan sprei anda bisa bersih kembali.

baca juga: jasa bersih rumah Batam

Pakailah Vacuum Cleaner

Jika anda tidak mampu menjemur kasur setiap harinya, maka anda bisa menggunakan cara lain yang lebih mudah dan lebih efektif, yaitu dengan menggunakan vaccum cleaner. Karena dengan vaccum cleaner, kasur anda bisa bebas dari kotoran dan debu. Selain itu, tungau juga bisa mati.

Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya anda bisa menghindari kebiasaan yang menjadi penyebab muncul tungau. Lalu rajin-rajinlah membersihkan tempat tidur anda agar tungau tidak bersarang kembali.