Pada hakekatnya bahasa bukan hal asing untuk tiap orang. Karena bahasa selalu dipakai sebagai media berbicara yang efisien pada sama-sama. Walau tidak bisa disangkal jika masih ada orang yang belum pahami berkenaan pemakaian aturan kebahasaan yang benar dan baik.

Walau sebenarnya minimnya pengetahuan mengenai aturan kebahasaan bisa memunculkan salah paham pada faksi ke-2 sebagai musuh berbicara. Ini dapat muncul karena kekurangan itu terus diulang tanpa pembaruan yang sudah dilakukan oleh diri sendiri.

Di jaman kekinian ini tiap orang harus mempunyai kemahiran dalam berbahasa baik lisan atau tulisan. Terutama untuk orang yang mempunyai peran penting di kehidupan bermasyarakat dan tinggal di wilayah dengan bermacam bahasa seperti pada Indonesia. Tidak ada salahnya juga untuk mengikuti kursus Bahasa Indonesia guna menambah pengetahuan lebih luas.

Karena itu sebaiknya pahami bahasa penyatu bangsa yaitu bahasa Indonesia untuk mempermudah berbicara. Seperti berperanan sebagai guru yang mengajari ilmu dan pengetahuan dengan visi memberikan adab baik dan mencerdaskan diri pelajar.

Pemakaian bahasa Indonesia yang benar dan baik benar-benar diperlukan dalam sampaikan tiap ilmu dan pengetahuan karena benar-benar punya pengaruh pada pengetahuan pelajar. Dapat dipikirkan jika pemakaian bahasa Indonesia yang dipakai tidak memperhatikan kecocokan dengan aturan kebahasaan yang benar dan baik. Kebingungan dan salah tentu didapatkan pelajar atas edukasi ilmu dan pengetahuan yang dikatakan oleh guru.

Maka dari itu, pemakaian bahasa Indonesia yang benar dan baik benar-benar dibutuhkan dengan seorang guru dalam sampaikan ilmu dan pengetahuan ke beberapa pelajar. Berikut Faedah pemakaian bahasa Indonesia yang benar dan baik sama sesuai PUEBI (Dasar Umum Ejaan Bahasa Indonesia) dalam aktivitas belajar mengajarkan di sekolah.

1. Mempermudah Pelajar dalam Pahami Materi Pelajaran yang Diberikan Seorang guru harus dapat sampaikan semua materi dalam bahasa yang membuat tiap pelajar bisa pahami keterangan secara mudah.

2. Menghindari Pelajar dari Kesalahan dan Kekeliruan Pengetahuan Pada Sebuah Materi Evaluasi Kesalahan dan kekeliruan pengetahuan pada materi evaluasi yang dikatakan guru sering terjadi dalam aktivitas belajar mengajarkan. Beberapa hal yang mengakibatkan hal tersebut terjadi.

Satu diantaranya karena pengutaraan materi yang berbahasa tidak sesuai aturan kebahasaan (PUEBI). Kesalahan pada pengetahuan materi pasti menghalangi perolehan arah pengajaran pada umumnya atau seorang guru dalam mendidik. Eloklah seorang guru dalam sampaikan materi evaluasi dalam bahasa yang benar dan baik hingga tidak membuat pelajar salah ditambah kekeliruan pengetahuan atas pengetahuan yang dikatakan.

3. Melestarikan Bahasa Indonesia Tidak seluruhnya orang Indonesia sanggup menulis juga bicara memakai bahasa Indonesia dengn benar dan baik pada sama-sama. Benar-benar sayang bila hal ini selalu didiamkan tanpa pengatasan. Jadi ironi jika ada orang Indonesia tidak pahami mengenai aturan kebahasaan yang benar dan baik. Disini peranan seorang guru benar-benar diperlukan untuk melestarikan bahasa Indonesia.

Guru harus sanggup memakai bahasa Indoneia yang benar dan baik saat aktivitas belajar mengajarkan berjalan. Guru harus juga dapat ajak, memberikan panduan dan arahkan pelajar untuk memakai bahasa Indonesia yang benar dan baik bila ingin berbicara ketika aktivitas belajar mengajarkan baik dengan menanyakan atau menjawab.

4. Tumbuhkan Kesayangan Pada Bahasa Indonesia Pemakaian bahasa Indonesia yang sudah dilakukan secara intens ketika proses aktivitas belajar mengajarkan akan tumbuhkan kesayangan pelajar pada bahasa Indonesia. Ditambah jika bahasa itu diaplikasikan sama sesuai aturan kebahasaan yang benar dan baik. Tentulah tiap guru menjelaskan kalimat akan terlihat cantik di dengar oleh tiap pelajar. Dampak keindahan bahasa akan menambahkan kesayangan beberapa pelajar pada bahasa Indonesia.

5. Jaga Muruah Seorang Guru Tiap guru harus selalu jaga muruah supaya masih tetap baik di depan semuanya orang khususnya beberapa pelajar. Karena pada hakekatnya seorang guru ialah panutan untuk pelajar atau warga secara umum. Maka dari itu, jadi guru harus sanggup berbicara kata baik dan memakai bahasa yang benar dan baik. Dalam masalah ini bahasa yang diartikan adalah bahasa Indonesia.

Kenapa harus bahasa Indonesia? karena bahasa sebagai alat untuk berbicara dan penyatu bangsa. Dalam aktivitas belajar mengajarkan seorang guru tidak lepas dari faktor yang disebutkan dengan “berbicara”. Berbicara memakai bahasa Indonesia yang benar dan baik dalam edukasi akan membuat penglihatan pelajar pada guru jadi baik.

Tidak mungkin jika guru berbicara kata yang bagus tapi membuat penglihatan beberapa pelajar jadi jelek. Ada istilah menjelaskan sesungguhnya personalitas seorang tergambar lewat bahasa yang diucap. Jika bahasa yang dipakai baik karena itu tergambar baik juga dalam diri seorang itu begitu juga kebalikannya.

Tersebut beragam faedah pemakaian bahasa Indonesia yang benar dan baik dalam aktivitas belajar mengajarkan. Bermacam hal positif akan didapat bila memakainya. Mudah-mudahan bahasa Indonesia masih tetap kekal dan bersemayam di hati dan disayangi beberapa guru dalam berbakti mencerdaskan putra-putri pertiwi.

Jika anda merasa perlu menambah pengetahuan tentang ilmu bahasa, ada baiknya untuk mengikuti kursus Bahasa Indonesia terpercaya. Hal tersebut akan mempercepat dan mempermudah proses belajar.