Sofa beludru adalah salah satu jenis sofa yang memberikan sentuhan kemewahan dan kenyamanan di ruang tamu. Namun, perawatan khusus diperlukan agar sofa tetap bersih, awet, dan tetap terlihat indah. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara membersihkan sofa beludru dan tips merawatnya agar tahan lama.

Kunjungi juga: jasa cuci sofa tangerang

1. Penyedot Debu Rutin Seminggu Sekali

Penyedot debu atau sikat pelapis adalah alat yang sangat berguna untuk membersihkan debu dan kotoran dari sofa beludru. Lakukan ini setidaknya sekali seminggu untuk mencegah debu menumpuk dan meresap ke dalam serat beludru. Pastikan Anda membersihkan tidak hanya bagian atas sofa, tetapi juga bagian bawah, celah-celah, bantal, dan sudut-sudut sulit dijangkau.

2. Penanganan Cepat untuk Tumpahan Makanan atau Minuman

Jika terjadi tumpahan makanan atau minuman pada sofa beludru, segera tangani dengan handuk kertas. Tempatkan handuk untuk menyerap tumpahan hingga kelembaban hilang. Jangan menggosok noda, cukup angkat sisa makanan dengan hati-hati. Untuk membersihkan noda, campurkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam air hangat. Gunakan kain microfiber yang dicelupkan ke dalam campuran tersebut, peras hingga lembab, dan usapkan ke area bernoda. Biarkan sofa kering dengan sendirinya.

3. Pencegahan Kusut dengan Steamer Pakaian Genggam

Sofa beludru rentan terhadap kerutan dan lipatan akibat duduk atau tiduran. Gunakan steamer pakaian genggam untuk mengembalikan bentuk semula. Pastikan untuk menjaga jarak steamer agar tidak terlalu dekat dengan kain beludru. Pergunakan dengan hati-hati, dan hasilnya sofa akan kembali tampak rapi.

4. Mengatasi Bau Kurang Sedap dengan Baking Soda

Jika sofa beludru mulai mengeluarkan bau kurang sedap, Anda bisa menggunakan baking soda. Taburkan baking soda secara merata di seluruh permukaan sofa dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu, sedot atau sikat sisa baking soda. Baking soda akan menyerap bau tak sedap dan meninggalkan aroma segar pada sofa.

Kunjungi juga: cuci sofa tangerang

5. Pertimbangkan Penggunaan Penutup Sofa

Jika Anda ingin melindungi sofa beludru dari tumpahan dan debu, pertimbangkan penggunaan penutup sofa yang dapat dilepas dan dicuci. Penutup sofa dapat membantu menjaga kebersihan dan memberikan lapisan perlindungan tambahan pada sofa.

6. Pembersihan Profesional Secara Berkala

Sesekali, pertimbangkan untuk melakukan pembersihan profesional oleh ahli perawatan sofa. Mereka memiliki peralatan dan bahan pembersih khusus yang dapat menjaga kecantikan dan kebersihan sofa beludru tanpa merusak serat-seratnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah perawatan ini, sofa beludru Anda akan tetap bersih, awet, dan nyaman. Jangan lupa untuk selalu membaca petunjuk perawatan dari produsen sofa agar perawatan yang Anda lakukan sesuai dengan rekomendasi. Dengan perawatan yang baik, sofa beludru Anda akan menjadi pusat perhatian yang indah di ruang tamu.