Jika terlintas kata konstruksi maka terbayang berbagai bentuk bangunan dalam pikiran kita. Entah itu rumah,  gedung ataupun bangunan komersial lain semacam ruko. Namun, tahukah kamu bahwa setiap bangunan mempunyai bagian-bagian dasar yang setidaknya perlu untuk kita tahu?

Tentu tak salah untuk belajar atau menambah sedikit pengetahuan tentang konstruksi meskipun anda bukanlah seorang arsitek bukan?

Di artikel ini, kita akan ulas 3 bagian dasar dari bangunan yg wajib ketahui:

Dasar Bangunan

Dasar bangunan ialah suatu part pada bangunan yg di bawah permukaan tanah. Semua bangunan butuh ini, termasuk bila anda membuat kerangka bangunan dengan besi wf 150 sekalipun. Ternyata, bila sampai saat ini kamu kira bahwa lantai ialah bagian bangunan paling bawah, kamu keliru. Di bawah lantai masih ada bagian lain dari bangunan yg amat suportif atau penentu kokoh maupun gaknya suatu bangunan.

Dan ini dia bagian yg posisinya ada di bawah bangunan.

Pondasi

Letaknya paling terbawah dari bangunani. Pondasi inilah yg bagian yang sebenarnya dari bangunan yg langsung kontak dengan tanah yg keras. Sebab terkoneksi langsung ke tanah yg keras, pondasi amat bermanfaat buat menopang seluruh bobot bangunan agar dapat tegap kokoh serta mendistribusikan bobotnya ke tanah keras di sekitarnya.

Menurut teori mengenai produksi pondasi bangunan, produksi pondasi dibagi ke dalam 2 (dua) jenis yakni pondasi dangkal &  dalam.

Selanjutnya, terdapat 3 (tiga) kriteria yg mesti tercover saat produksi pondasi yaitu pondasi yg dikerjakan mesti diposisikan dengan aman, tepat, bebas longsor & erosi.

Jelas kalau pondasi merupakan bagian yang amat krusial pada tiap jenis bangunan agar dapat berdiri kokoh.

Batangan Sloof

Jika kamu mengamati bagian bawah bangunan tepatnya di dekat pondasi, batangan sloof bakal teramati dengan bentuk wujud batang horisontal. Batang sloof ini bertopang ke pondasi staal di posisi atas.

Manfaat dari batang sloof ga kalah krusial dikomparasikan dengan pondasi. Batang sloof ini bertugas menghimpun tiap bagian-bagian bawah sampai dengan setiap kolom buat mensupport pondasi bangunan.

Disamping itu, batang sloof pun berperan buat menahan bobot bangunan agar bangunan tetap flat & dapat mereduksi perbedaan settlement maupun (penurunan sebagian posisi bangunan) akibat perbedaan kemasifan tanah yang menahan bobot bangunan.

Bagian Atas Bangunan

Dari mana kemana sih tepatnya bagian atas bangunan itu? Jawabannya ialah semua bagian bangunan yang berada di bagian atas permukaannya tanah maupun lantai. Bagian atas bangunan ini jugalah yang akan menyampaikan pesan, bangunan apa ini dan tujuan apa yang diemban oleh bangunan tersebut. Keindahan atas bangunan bisa anda kreasikan menggunakan bahan seperti besi unp 150 ataupun ornamen lainnya selama pondasi di bawahnya sudah dipastikan kokoh.

Kita sambung bahasan ini di lain hari.