Resep Odading Tanpa Ragi

Resep Resep Odading / Bolang Baling oleh HD KITCHEN - Cookpad

Halo teman teman semua udah berapa lama nih dirumah? kita buat cemilan  aja yuk buat ngemil dirumah. nah pada kesempatan ini kita akan membahas Resep Odading Tanpa Ragi. pasti sudah gak asing dong kalian dengan yang namanya Odading? Ya, Odading Mang Oleh yang viral karena video promosinya yang kocak dan menghibur di media sosial membuat Odading ini sangat dicari banyak orang, untuk memarut kelapa bisa menggunakan mesin parut kelapa yang tersedia di rumah mesin.

Cara membuat dan bahan-bahan yang diperlukan :

Bahan-bahan :

  • Tepung terigu protein sedang  – 280 gr
  • Baking powder  – 1 1/4 sdt.
  • Baking soda  – 1/2 sdt.
  • Telur ayam  – 1 butir.
  • Susu cair  – 110 gram.
  • Minyak  – 20 ml.
  • Gula  – 4 1/2 sdm.
  • Garam  – 1/2 sdt.
  • Susu bubuk  – 1 sdm.
  • Wijen putih  – 20 gram.
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara bikin odadingnya :

1. Campur susu cair, gula, dan telur. aduk hingga gula larut. lalu tambahkan minyak. kamu bisa menggunakan kuning telur saja untuk hasil roti lebih lembut.

2. Siapkan mangkuk lain. campur tepung terigu, susu bubuk, garam, baking soda, dan baking powder. aduk menggunakan sumpit. tuangkan bahan cair sedikit demi sedikit, aduk kembali pakai sumpit. pastikan semua bahan menyatu dan adonan agak basah.

3. Uleni adonan sampai permukaannya halus, tidak perlu sampai kalis. masukkan adonan dalam wadah, tutup pakai plastic wrap atau lap bersih. istirahatkan selama 5-6 jam pada suhu ruang. Alternatif lain, istirahatkan selama 2 jam pada suhu ruang. lanjutkan simpan di kulkas semalaman. proses ini membuat hasil akhir roti lebih maksimal.

4. Oleskan minyak ke talenan, rolling pin, dan tangan. letakkan adonan di atas talenan. pipihkan memanjang dengan tebal 1 cm. Semprot atau olesi sedikit air di permukaan adonan. lalu taburi dengan wijen.  kembali tipiskan adonan sekitar 0,5 cm. adonan harus digiling tipis agar dapat mengembang. kalau terlalu tebal, hasil akhirnya akan padat. potong adonan dengan ukuran sekitar 4×6 cm atau sesuai selera.

5. Siapkan penggorengan. tuang minyak, panaskan dengan api sedang. masukkan odading. Aduk supaya mengembang. goreng odading sampai warnanya coklat keemasan. tiriskan. odading pun siap disantap.

Fakta Menarik Tentang Odading

1. Udah 30 tahun jualan

Siapa sangka, ternyata Mang Oleh yang mendadak viral baru-baru ini telah menekuni pekerjaan sebagai penjual odading sejak puluhan tahun lalu. Meski baru terkenal dan viral akhir-akhir ini, ternyata Mang Oleh mengaku telah berjualan odading dan cakue selama 30 tahun loh. Wow!

2. Langganan Almh Ibu Ani dan Pak SBY sebelum jadi presiden

Puluhan tahun berjualan odading dan cakue, pelanggan Mang Oleh pun beragam. Mulai dari masyarakat biasa sampai mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudonoyo, pernah jajan odading di warung ini, guys.

Mang Oleh mengaku SBY bersama almarhumah istri tercintanya, sering kali jajan odading buatanya saat sebelum menjadi presiden.

“Pak SBY sama Bu Ani sering nongkrong di sini sebelum jadi presiden. Memang sudah jadi langganan,” katanya.

3. Jadi suguhan Presiden Amerika, George W Bush, saat ke Indonesia

Selain SBY, odading buatan Mang Oleh juga udah pernah dipesan oleh Istana Negara untuk menyambut mantan presiden Amerika Serikat George W Bush, saat datang ke Indonesia loh, guys.

“Pernah juga dipesan oleh Istana Negara untuk menyambut George Bush,” katanya.

Nggak heran, ya, kalau sejumlah selebritis tanah air juga pernah mencicipi odading khas Bandung satu ini. Mulai dari para pemain sinetron Preman Pensiun, sampai pakar kuliner Bondan Winarno pernah makan odading Mang Oleh loh!

4. Hotel-hotel beli odading di sini

Kalau Urbanreaders menemukan odading di restoran hotel di Bandung, mungkin saja itu odading buatan Mang Oleh. Sebab Mang Oleh mengaku, odading buatannya ini sering jadi langganan hotel-hotel di Bandung.

“Hotel juga ambil barang dari sini, tapi enggak seramai sekarang,” pungkasnya.

Kalau sekarang mah jangan ditanya lagi, ya, dari pagi antrenya udah mengular!

5. Setelah viral karena Ade Londok, sehari bisa 20-30 kg adonan

Tingginya permintaan usai promosi yang dilakukan Ade Londok, Mang Oleh mengaku penghasilannya naik berkali-kali lipat.

Bahkan sebelum viral, yang biasanya hanya bisa menghabiskan 30 – 40 kilogram adonan per hari untuk odading dan cakue, kini warung itu mampu menghabiskan sekitar 100 kilogram adonan per harinya, guys. Permintaan ini tentu meningkat seiring dengan omzet yang didapat Mang Oleh per harinya.

6. Harga tetap Rp 1.500/pcs

Meski sudah viral dan permintaan tinggi setiap harinya, Mang Oleh tetap mempertahankan harga dagangannya. Nah, jadi buat Urbanreaders yang ingin meluncur ke kios Mang Oleh gak perlu khawatir kantong jebol karena harga odading dan cakue Mang Oleh tetap Rp 1.500/pcs.

7. Rasanya seperti menjadi Iron Man

Gak kalah menariknya, tagline yang digunakan Ade Londok untuk promosi juga jadi sorotan nih.  ‘Odading Mang Oleh, hmm, rasanya seperti anda menjadi Iron Man’.

Tak dipungkiri strategi promosi ini berhasil membuat netizen penasaran dengan ‘odading rasa Iron Man’ dan rela antre berjam-jam untuk mencicipi jajanan manis khas Bandung ini.