Apa Itu Mesin Automatic Scrubber

mesin automatic scrubber

Siapa sih yang tidak kenal dengan teknik mengepel lantai? Teknik membasahi lantai dengan air ini memang dikenal sebagai cara efektif untuk membersihkan kotoran yang menempel di lantai ya.. apalagi dengan adanya virus corona, mengepel tidak lagi sekedar cara untuk membersihkan lantai saja, namun juga salah satu tindakan yang bisa kita gunakan untuk melindungi keluarga. Untuk skala rumahan, biasanya apa yang Anda pakai untuk mengepel? Kain pel manual dengan kain dan seember air? Atau menggunakan kain pel bergagang? Untuk skala rumahan, mengepel dengan cara manual memang sudah cukup untuk menjaga kebersihan lantai ya, tapi untuk skala besar, seperti gedung perkantoran atau rumah sakit dengan bangunan luas bertingkat, cara manual tentu tidak efektif. Nah, karena itulah, Anda mungkin membutuhkan Mesin pengepel otomatis. Masih asing dengan mesin pel otomatis? Yuk cari tahu!

Lantai bisa dibilang menjadi area yang paling kotor. Mulai dari kotoran yang mudah dibersihkan seperti debu, sampai dengan kotoran membandel seperti noda lumpur ataupun noda cat yang mengering.  Untuk noda yang ringan, anda  hanya perlu mengelapnya dengan sedikit air, namun untuk menghilangkan noda yang berat,  anda mungkin perlu menggosok untuk mendapatkan lantai yang bersih. Bisa dibayangkan kan bagaimana beratnya pekerjaan cleaning service? Belum lagi jika area yang di bersihkan luas dan bertingkat, pel manual tidak hanya boros tenaga, namun juga boros waktu. Disinilah Mesin pel otomatis menjadi solusi. Mesin Automatic Scrubber merupakan mesin pel yang digunakan untuk menggantikan fungsi alat pel tradisional. Hmmm, belum pernah lihat? Di Indonesia, mesin ini mungkin memang masih jarang digunakan. Hanya beberapa perusahaan penyedia jasa kebersihan besar saja yang sudah memasukkan alat ini di dalam perlengkapan kebersihan mereka. Menggunakan mesin ini, anda tidak lagi butuh kain dan ember. Cukup menekan tombol power dan mesin ini akan mulai membersihkan lantai untuk anda. 

Anda tentu sering melihat tanda “Caution, Wet Floor” atau jika diartikan dalam Bahasa Indonesia artinya Hati-hati lantai masih basah di tempat-tempat umum seperti Rumah Sakit, Mall, ataupun gedung perkantoran kan? Lantai yang basah memang bisa membahayakan ya?  Memasang tanda memang menjadi solusi untuk mencegah adanya kecelakaan yang diakibatkan karena lantai yang belum kering. Adanya tanda ini bisa diartikan anda tidak bisa melewati area-area tertentu. Lantai yang harus menunggu kering sebelum bisa digunakan juga menjadi salah satu masalah yang tidak bisa dihindari jika menggunakan teknik pel manual. Memang sih, anda tetap bisa mengeringkan lantai dengan cara manual, namun jika kasusnya adalah tempat umum yang luas, tentu mengeringkan lantai dengan cara manual butuh ekstra tenaga. Jatuhnya tidak efisien. Nah, selain bisa membersihkan lantai dengan lebih efektif, mesin pel otomatis juga bisa lho mengeringkan lantai sekaligus. Jadi dalam sekali pencet mesin ini bisa menggosok, membersihkan dan mengeringkan lantai. Tidak heran jika mesin sering digunakan oleh penyedia jasa cuci karpet. Menarik bukan? Tidak perlu menunggu lama, lantai bisa digunakan setelah dibersihkan.

Bagi anda, penyedia jasa kebersihan yang tertarik untuk memiliki Mesin Automatic Scrubber, ada tiga tipe mesin pel otomatis yang tersedia di pasaran, upright, walk-behind automatic, dan ride automatic. Mana yang harus dipilih? Setiap model memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi pastikan memilih yang sesuai  dengan kebutuhan anda ya. Luas bangunan yang harus dibersihkan dan anggaran bisa menjadi dasar untuk memilih mesin pel otomatis yang tepat. Semoga sedikit tulisan ini bisa menambah wawasan ya.