Pada dasarnya ada banyak jenis bus pariwisata yang bisa dipilih. Demi kenyamanan dan keamanan, pastikan Anda sudah memilih jenis bus yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda dan rombongan.

Misalnya, apabila Anda berencana sewa bus jogjakarta, berikut ini ada beberapa jenis bus pariwisata yang paling difavoritkan harus Anda ketahui terlebih dulu.

Apabila Anda tidak tahu kategori, tipe, atau jenis bus, bisa jadi nanti Anda akan mengalami beberapa kendala di jalan. Sebagai contoh, Anda akan melakukan perjalanan ke salah satu tempat dengan membawa lebih dari 50 orang penumpang.

Tanpa perlu berpikir panjang, yang harus Anda lakukan adalah menyewa bus besar yang bisa menampung lebih dari 50 orang tersebut.

 

Jenis Bus Pariwisata yang Paling Difavoritkan

Seperti dilansir oleh situs duniatraveling , berikut beberapa rekomendasi jenis bus yang tepat untuk di sewa saat liburan dengan rombongan :

Mini Van

Seperti namanya, ini merupakan jenis bus yang hanya bisa menampung hingga 20 orang penumpang. Mini van biasanya berbentuk kotak, dengan memiliki lebar dan panjang yang sama seperti mobil pada umumnya, tetapi lebih tinggi badannya. Menggunakan 4 ban, mini van hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Junior Bus

Ini adalah terobosan terbaru hasil upgrade dari medium bus. Junior bus mampu menampung hingga 39 penumpang. Dibandingkan dengan bus medium, junior bus memiliki bodi yang lebih panjang dan besar. Lihat saja, untuk konfigurasi kursinya sendiri, yakni 2 – 2.

Big Bus

Ini adalah jenis bus pariwisata yang memiliki ukuran serta kapasitas paling besar. Dimana kapasitas big bus tersebut pun bervariasi, namun yang paling umum mulai dari yang memiliki konfigurasi seat 2 – 2 dan 3 – 2. Dimaksud dengan konfigurasi seat 2 – 2 adalah terbagi menjadi 2 baris disebelah kanan dan kiri masing-masing 2 seat.

Kapasitas paling umum untuk jenis big bus dengan konfigurasi 2 – 2, yakni 47 dan 48 seat. Namun demikian juga ada beberapa jenis bus pariwisata yang memiliki kapasitas dengan konfigurasi 2 – 2 yang lebih banyak, seperti 50 seat atau justru lebih sedikit seperti 40 seat.

Berikutnya adalah konfigurasi seat 3 – 2, maksudnya adalah terbagi 2 baris, yakni 2 seat di sisi kiri dan 2 seat lagi di sisi kanan.

Kapasitas paling umum untuk jenis bus pariwisata tersebut adalah 59 seat. Selain itu, jenis bus satu ini juga memiliki konfigurasi seat 2 – 1 dengan space yang cukup lapang, ini biasanya disebut dengan jenis bus mewah atau luxury bus.

Medium Bus

Ini adalah jenis bus pariwisata yang memiliki kapasitas lebih rendah dibandingkan jenis big bus. Secara umum, konfigurasi seat medium bus, yakni 2 – 2, juga ada berbagai kapasitas dari jenis bus tersebut antara lain mulai dari 25, 27, 31, 22, hingga 35 seat.

Bahkan ada pula jenis medium bus yang memiliki kapasitas hingga 41 seat.

Namun demikian, khususnya untuk kapasitas 25 dan 27 seat sebenarnya masuk kategori mini bus, yakni bus yang ukurannya lebih kecil dibanding medium bus.

Microbus

Bisa dibilang, ini merupakan jenis bus pariwisata yang paling sering terlihat di jalanan. Microbus biasanya memiliki kapasitas mulai dari 8 seat hingga 20 seat. Jenis bus pariwisata tersebut juga memiliki model yang cukup beragam sekali.

 

Selain itu, sebelum memutuskan untuk menyewa bus pariwisata Anda juga disarankan untuk mengetahui cara membedakan antara model bus satu dengan lainnya yang tersedia di Indonesia khususnya. Berikut adalah rangkuman model bus pariwisata di Indonesia yang perlu Anda tahu.

Bus Non HD

Bus non HD atau yang juga disebut dengan bus normal deck ini merupakan model bus yang paling sering terlihat di jalanan. Model bus tersebut hadir sebelum tahun 2009 silam, yang memiliki tonjolan seperti kuburan di bagian samping kursi pengemudi.

Bus non HD lebih sering digunakan untuk melayani perjalanan ekonomi. Itu artinya harga sewa bus pariwisata tersebut lebih terjangkau dibanding model bus lainnya. Meskipun memiliki tampilan bodi yang panjang, tetapi bus tersebut memiliki bagasi yang tidak terlalu luas.

Bus HD

Bus HD atau high deck adalah jenis bus yang memiliki lantai cukup tinggi dibanding bus non HD. Model bus ini trend di tahun 2009 silam, diawali dengan munculnya new marcoplo dari Laksana Legacy, Karoseri Adiputro, dan Trisakti Phoenix. Bahkan sampai saat ini model bus tersebut masih sering ditemukan dan digunakan di jalanan.

Hal yang membedakan antara bus HD dengan non HD adalah bus HD memiliki tinggi sekitar 3.400 – 3.500 mm. Mungkin jika dilihat secara kasat mata memang cukup sulit dibedakan, tetapi Anda bisa melihat perbedaannya dari bentuk interior bus.

Yakni, dari tempat duduk pengemudi bus HD lebih rendah dari tempat duduk penumpangnya.