Cara budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal, Membudidayakan jenis ikan memanglah bisa menjadikan keuntungan bagi pengusaha awal yang akan menjadikan budidaya ikan mujair. Mujair menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Selain perkembangbiakkannya yang cepat, ikan ini kaya akan manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Dengan cara budidaya ikan mujair yang benar akan menjadikan ikan itu sendiri memliki kandungan vitamin, mineral serta proteinnya yang tinggi, dan menjadikan ikan mujair banyak diminati. Tidak heran banyak yang tertarik untuk membudidayakan ikan mujair, salah satunya dilakukan pada kolam terpal.

Di balik nama ikan mujair terdapat sepotong kisah yang sangat menarik. Konon, nama ikan ini diambil dari seorang pegawai desa bernama Mujair di kawasan Blitar yang disebut-sebut sebagai penemu jenis ikan mujair.

Selain makanan pokok, bisa juga menggunakan mesin giling sekam menjadi bekatul  untuk pakan ternak yang bisa menjadi alternatif ternak anda. Untuk bisa diberikan ke ternak anda, sekam harus diubah menjadi bekatul. Penggilingan sekam menjadi bekatul ini dapat dilakukan dengan menggunakan mesin penggiling sekam.

Cara Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Terpal Inilah Cara Yang Benar

cara budidaya ikan mujair di kolam terpal

Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

Ikan mujair memiliki kebiasaan beradaptasi yang baik serta proses kembang-biak yang cepat. Hal inilah tentunya menjadi salah satu pertimbangan untuk melakukan budidaya ikan mujair. Di antara cara budidaya ikan mujair di kolam terpal yakni sebagai berikut.

1. Pemilihan Bibit Ikan Mujair Untuk Di Budidayakan

Budidaya ikan mujair di kolam terpal yang pertama adalah melakukan pemilihan bibit. Pada tahap ini dibutuhkan ketelitian untuk mendapatkan bibit yang berkualitas.

Untuk jenis betina biasanya memiliki ujung sirip dengan warna merah pucat, serta warna perutnya lebih putih dan juga memiliki tiga lubang pada bagian unrogenetial yakni dubur, lubang urin, serta lubang untuk bertelur.

2. Pemijahan Pada Ikan Mujair Yang Akan Dibudidayakan

Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan yakni melakukan pemijahan. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan benih yang akan ditebar. Proses pemijahan hendaknya dilakukan pada dua kolam berbeda dengan masing-masing berukuran 3×4 meter dengan kedalaman sekitar 60 cm.

3. Menyiapkan Kolam Terpal Untuk Budidayakan Ikan Mujair

Cara budidaya ikan mujair di kolam terpal selanjutnya yakni mempersiapkan kolam terpal. Kolam terpal yang disiapkan biasanya berukuran 500 meter persegi. Ukuran tersebut bisa berubah, bergantung pada kebutuhan masing-masing.

Ketika kolam sudah siap, biarkan terlebih dahulu kolam dalam keadaan kering selama 2 hingga 3 minggu, kemudian lakukan proses pengapuran kolam sekitar 4 minggu. Setelah tahapan-tahapan tersebut barulah isi dengan air dengan secukupnya. Tunggu hingga seminggu, barulah tebar benih ikan mujair.

4. Penebaran Bibit Ikan Mujair

Dalam proses penebaran ini terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu kepadatan bibir ikan mujair yang ditebar pada satu kolam, hendanya berkisar antara 400 hingga 500 ekor.

Dalam proses penebaran ini, beberapa hari kemudian biasanya terdapat ikan yang mati. Tidak perlu risau karena hal tersebut wajar terjadi. Biasanya pada beberapa hari setelah tebar benih terdapat 3 hingga 4 ekor yang mati. maka harus dilakukan solusi yang tepat dan cepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

5. Pemberian Pakan Untuk Makan Ikan Mujair

Budidaya ikan mujair di kolam terpal lainnya yang sangat penting yakni melakukan pemberian pakan. Tahapan yang satu ini harus diperhatikan sebaik mungkin dan dilakukan secara efektif dan rutin.

Ketika ukurannya sudah membesar, maka harus diberikan pakan tambahan seperti eceng gondok, lumut, dedaunan sejenis kangkung, kubis, wortel atau bisa juga dengan memberikan serangga kecil atau pun cacing.

6. Panen Ikan Mujair

Ikan mujair biasanya dapat dipanen ketika sudah usia 4 hingga 5 bulan dari proses penebaran bibit. Hasil panen hendaknya disimpan pada tempat yang bersih dengan menjaga oksigen yang masuk sehingga ikan tetap hidup dalam keadaan sehat.

Demikianlah cara budidaya ikan mujair di kolam terpal dengan 6 tips yang sudah di berikan akan membantu peternak yang akan memulai usaha kedepannya. Dengan artikel ini semoga membantu. Selamat Mencoba.