Bagaimana sih cara membangun usaha konveksi tas? Usaha tas merupakan salah satu peluang bisnis yang tak tergerus oleh zaman. Dari anak-anak hingga orang tua  membutuhkan tas untuk berbagai keperluan dan aktivitas. Anak-anak tentunya menginginkan tas yang bagus untuk pergi ke sekolah. Pekerja kantor juga membutuhkan tas kerjau ntuk berbagai alat untuk menyelesaikan pekerjaan.

Dengan target pasar yang cukup luas dengan kebutuhan tas yang selalu ada di setiap musimnya, menjadikan usaha tas ini menggiurkan untuk dijalani. Selain itu untuk menjalankan bisnis ini terbilang tidak terlalu sulit, semua orang mempunyai potensi yang sama untuk bisa menjalankan bisnis tas ini.

Tips Memulai Usaha Konveksi Tas

usaha konveksi tas

Jika anda tertarik menggeluti bisnis jasa konveksi tas ini, sebaiknya anda mengetahui hal-hal yang mempengaruhi berjalan sukses tidaknya bisnis tas ini. Cukup banyak hal yang penting diperhatikan agar memudahkan anda memulai bisnis ini apalagi anda adalah pemula. Nah berikut kami berikan informasi tips memulai usaha konveksi tas yang perlu anda perhatikan.

1. Buat Rencana Bisnis yang Jelas

Langkah pertama sebelum memulai bisnis adalah membuat atau merancang rencana bisnis yang jelas. Setidaknya dalam rencana ini, Anda akan memiliki gambaran tentang jenis produk yang ingin Anda kerjakan, apa manfaatnya, dan bagaimana Anda memiliki strategi dan metode untuk mengimplementasikannya.

Strategi ini juga mengharuskan Anda menyesuaikan diri dengan keterampilan Anda. Dengan modal yang cukup, tidak ada salahnya memulai usaha konveksi tas milik anda sendiri. Namun, jika Anda memiliki modal terbatas, tidak ada salahnya menjadi reseller, drop shipper, atau sejenisnya terlebih dahulu. Untuk memotivasi diri sendiri, tentukan juga tujuan yang ingin Anda capai di perusahaan Anda.

2. Survei/Riset Usaha Konveksi Tas

Setelah Anda memiliki gambaran umum tentang usaha konveksi tas yang Anda jalankan, langkah selanjutnya adalah melakukan survei. Jika Anda memilih jasa konveksi tas, Anda bisa menghubungi produsen tas atau toko atau pusat pembuatan tas.

usaha konveksi tas

Jika masih belum bisa membuat tas sendiri, carilah produsen yang menawarkan harga tas yang relatif murah. Anda juga bisa bekerja sama dengan pembuat tas jadi tidak perlu beli dulu. Ada banyak bentuk kolaborasi yang bisa kamu buat, baik menggunakan sistem deposit yang biasa digunakan pada produk fashion lainnya ataupun dengan metode lainnya.

3. Pilih Metode Penjualan yang  Sesuai

Di zaman sekarang ini ketika komunikasi menjadi lebih canggih, ada banyak peluang untuk menjual. Dapat dijalankan secara online melalui internet, offline atau kombinasi keduanya. Jika Anda memiliki modal terbatas, tidak perlu membuka toko atau kios baru. Sesuaikan juga metode penjualan berdasarkan beberapa jenis tas yang ingin Anda jual. Segmentasi tas wanita berbeda secara signifikan dengan segmentasi tas sekolah.

4. Identifikasi Peluang dan Tantangan Anda

Dalam dunia bisnis, langkah ini dikenal juga dengan analisis SWOT (kelebihan dan kekurangan, peluang, risiko). Jadi, jika Anda perlu mengantisipasi sesuatu, pada titik ini Anda perlu mengidentifikasi kekuatan,  kelemahan, peluang, dan resiko. Referensi dan analisis yang terperinci dapat membuat usaha konveksi tas Anda lebih sukses. keunggulan atau kekuatan anda, apa saja kelemahan yang ada, peluang apa saja

Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis seperti konveksi tas. Hal di atas hanyalah panduan, tetapi penerapan akan selalu bergantung pada cara Anda melakukannya agar berhasil. Kami berharap Anda menemukan panduan singkat tentang beberapa tips memulai bisnis konveksi tas ini.