Susu formula terlalu menopang para orang tua untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayinya, baik sebagai tambahan maupun asupan nutrisi utama. Namun, tidak sedikit bayi yang alergi terhadap susu formula. Jika anak Anda terhitung di antaranya, Anda mesti waspada dalam menentukan product yang tepat.

Kali ini, kami akan mengkaji perihal susu formula untuk bayi yang punya alergi. Ada banyak product yang terhitung akan kami anjurkan untuk Anda dari merek-merek terkenal, layaknya Nutribaby Royal, Lactomama , NAN, dan Nutramigen. Jadikan artikel ini referensi Anda dalam menentukan susu formula untuk bayi yang punya alergi, ya!

 

Nutrisi paling baik bagi bayi yang baru lahir didapatkan berasal dari ASI. Namun, tersedia lebih dari satu kondisi kala ASI tidak sanggup diberikan pada bayi, jikalau gara-gara jumlahnya yang tidak mencukupi. Oleh gara-gara itu, susu formula yang umumnya berasal berasal dari susu sapi hadir untuk menggantikan atau melengkapi nutrisi pada bayi.

Akan tetapi, tersedia bayi yang alergi pada protein susu sapi. Dalam persoalan alergi pada protein susu sapi, tubuh bayi menganggapnya sebagai zat asing berbahaya yang perlu dilawan. Tubuh bayi lantas memproses zat-zat pertahanan seperti histamin. Hal ini mengakibatkan bayi mengalalami gejala-gejala alergi, seperti munculnya ruam di kulit, gatal, batuk, demam, dan sebagainya.

Selain alergi pada protein pada susu sapi, barangkali terhitung bayi Anda mengidap lactose intolerant. Ini adalah kondisi kala tubuh bayi tidak sanggup mencerna laktosa menjadi kekuatan gara-gara kurangnya jumlah enzim lactase. Padahal, susu sapi umumnya mempunyai kandungan laktosa dalam jumlah banyak. Akibatnya, bayi Anda sanggup mengalami kembung, sering sendawa, atau diare.

Jika bayi Anda mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya konsultasikan kepada dokter anak. Untuk menanggulangi alergi pada bayi, sebaiknya manfaatkan susu formula yang mempunyai kandungan risiko rendah alergi atau hypoallergenic. Anda sanggup mengimbuhkan susu formula berbahan basic kedelai atau susu formula yang terhidrolisis secara parsial.

 

Cara memilih susu formula untuk bayi yang memiliki alergi

Ada beberapa poin yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih susu formula untuk bayi yang memiliki alergi. Simak beberapa hal penting yang perlu diperhatikan berikut ini.

Ketahui jenis-jenis susu formula untuk bayi yang memiliki alergi

Ketahui jenis-jenis susu formula untuk bayi yang memiliki alergi

Sekitar 80% dari susu formula bayi yang beredar di pasaran berbahan dasar susu sapi. Namun, karena penyebab utama alergi adalah protein dari susu sapi, Anda bisa memilih susu formula yang menggunakan bahan dasar lain. Anda bisa mempertimbangkan susu formula bayi yang berbahan dasar protein kedelai (soya-based milk). Susu jenis ini mengandung isolat protein kedelai serta berbagai nutrisi lainnya.

Selain susu kedelai, ada juga susu formula yang terhidrolisis parsial (partially hydrolyzed). Susu formula semacam ini menyediakan protein dalam ukuran partikel yang lebih kecil. Kerja dari enzim pemecah protein dalam tubuh pun jadi lebih ringan. Susu jenis ini bisa diberikan jika bayi Anda alergi terhadap susu sapi atau susu kedelai.

Terakhir, ada juga susu dengan formula spesial untuk mengatasi masalah atau penyakit tertentu. Susu formula jenis ini biasanya hanya bisa didapatkan melalui rekomendasi dokter. Harganya biasanya lebih tinggi dan tidak dijual di sembarang apotek atau toko susu bayi.

Pilihlah susu formula yang mudah dikonsumsi dan mudah dicari

Pilihlah susu formula yang mudah dikonsumsi dan mudah dicari

Susu formula umumnya berbentuk bubuk, tetapi ada juga yang tersedia dalam bentuk konsentrat cair ataupun kemasan siap minum. Susu dalam bentuk bubuk perlu dilarutkan terlebih dahulu menggunakan air hangat. Mirip dengan susu formula bubuk, jenis konsentrat cair juga perlu diencerkan menggunakan air sesuai takaran. Sementara itu, susu formula kemasan siap minum bisa langsung diberikan kepada bayi Anda.

Selain cara mengonsumsinya, Anda perlu memastikan apakah susu formula tersebut mudah dicari di sekitar tempat Anda tinggal. Susu adalah makanan utama bagi bayi sehingga pasti cepat habis. Jika ketersediaannya terbatas, Anda jadi harus mencari ke tempat yang jauh atau berganti-ganti susu formula. Tentu saja hal ini akan merepotkan dan tidak baik bagi bayi.

Di artikel kali ini, kami hanya akan memberikan rekomendasi susu formula berbentuk bubuk. Anda juga bisa membelinya secara online melalui marketplace di Indonesia. Pilih yang paling cocok untuk bayi Anda, ya!