Masih ragu untuk menggunakan kereta jarak jauh dari Jakarta? Nyatanya pengguna harus yakin karena kereta sudah membuka layanan keberangkatannya. Tentu saja untuk mengamankan para staff dan penumpangnya pihak kereta api menetapkan adanya protokol yang perlu ditaati oleh semua pengguna.

Penumpang diwajibkan mampu beradaptasi dengan protokol baru yang ditetapkan untuk berkendara tetap aman dan menyenangkan. Bahkan dalam hal pembatasan keberadaan tiket yang siap untuk dipesan.

Mengenal Protokol Baru Dalam Pembelian Tiket Kereta Jarak Jauh Dari Jakarta

  • Patuhi Protokol Kesehatan

Hal pertama yang perlu diketahui oleh pengguna kereta api adalah adanya protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Protokol kesehatan ini mewajibkan semua staff dan penumpang mengenakan masker atau face shield untuk perlindungan dan pembatasan penyebaran COVID 19.

Sebelum membeli tiket kereta jarak jauh dari Jakarta pengguna wajib mempelajari apa saja yang diperbolehkan dan dilarang dilakukan di dalam kereta. Termasuk di dalamnya adalah rekomendasi pembelian tiket secara online yang bisa dilakukan menggunakan laman website maupun aplikasi.

Cara penggunaannya pun juga cukup mudah hanya dengan mendownload aplikasi terkait atau membuka laman website Tiketkeretaapi.com yang terpercaya. Kemudian pengguna bisa mengisikan data yang dibutuhkan sesuai dengan kartu identitas yang dimiliki dan juga formulir yang tersedia.

Setelah itu yang perlu dilakukan adalah pengguna melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah nominal yang tertera. Selesai, pengguna bisa mendapatkan kode tiket yang dimiliki melalui SMS maupun Email. Kode tiket ini menjadi bukti booking yang nantinya dibawa untuk ditukar dengan tiket yang asli.

  • Harus Dalam Kondisi yang Sehat

Selain bisa untuk memesan tiket, aplikasi terpercaya tersebut juga bisa digunakan untuk mengecek jadwal kereta jarak jauh dari Jakarta. Sementara untuk ketentuan menaiki kereta yang kedua adalah pengguna wajib dalam keadaan yang sehat dan tidak sakit apa pun.

Hal ini bisa dibuktikan dengan surat keterangan sehat dan bebas dari penyakit influenza. Surat kedua yang perlu dibawa juga adalah hasil rapid test dengan keterangan non reaktif. Tanpa adanya kedua surat ini maka dengan tegas penumpang dilarang untuk naik ke atas kereta.

  • Pengecekan Suhu Berkala

Selain dilarang melakukan komunikasi bersama penumpang lain maupun melalui telepon pengguna juga akan diganggu pada pelaksanaan pengecekan suhu secara berkala yang dilakukan oleh petugas. Pengecekan secara berkala ini bertujuan untuk mengecek kondisi tubuh para penumpang agar selalu sehat.

  • Gunakan Pakaian yang Panjang

Hal terakhir yang diwajibkan adalah penggunaan pakaian dengan lengan panjang dan penambahan jaket untuk penumpang yang mudah sakit atau memiliki suhu yang tidak stabil. Dengan begitu pengguna bisa lebih mudah menjaga kesehatannya sendiri-sendiri.

Itulah beberapa peraturan baru mengenai pemesanan tiket dan kereta jarak jauh dari jakarta yang perlu diketahui oleh pengguna yang telah memesan tiket untuk melakukan perjalanan.