Beberapa orang yang menggunakan pemanas air tenaga matahari /Solahart mungkin hanya berpikir kelebihan atau keunggulannya dari hemat biaya saja. Padahal penggunaan pemanas air tenaga matahari juga bisa memberikan berbagai macam keunggulan yang bisa Anda rasakan.

Berbagai macam keunggulan tersebut membuat pemanas air tenaga surya ini banyak menjadi pilihan. Terutama untuk Anda yang kebutuhan air panasnya cukup penting. Untuk itu berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari pemanas air tenaga surya.

Daftar keunggulan menggunakan pemanas air tenaga matahari

  1. Garansi yang lama

Pemanas air tenaga matahari adalah termasuk jenis benda elektronik dimana biasanya ketika pembelian akan ada masa garansi yang diberikan. Berbeda dengan masa garansi benda lainnya yang mungkin hanya beberapa bulan saja, pemanas ini memiliki masa garansi sekitar 5 tahun.

Hal ini dikarenakan penggunaan pemanas air tenaga solar ini bisa bertahan cukup lama yaitu sekitar 7 sampai 10 tahun. Itulah mengapa masa garansinya juga lama. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan untuk Anda karena selama 5 tahun tersebut jika terjadi kerusakan, Anda tidak perlu repot untuk memperbaikinya sendiri. Selain itu Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya lagi untuk melakukan perbaikan.

  1. Tangki yang bebas karat

Keunggulan yang kedua adalah adanya tangki yang bebas karat. Salah satu komponen yang digunakan pada unit pemanas air tenaga matahari adalah tangki. Tangki tersebut berguna untuk menyimpan air yang sudah dipanaskan.

Oleh karenanya bahan yang digunakan dalam pembuatan tangki tersebut juga adalah bahan yang bebas karat atau anti karat. Selain itu bahan yang digunakan tersebut juga bahan yang tahan lama. Namun yang terpenting adalah tangki harus bisa menahan suhu panas dari air panas dan juga mempertahankannya.

  1. Selalu tersedia air panas

Banyak yang mungkin mengira bahwa penggunaan air panas dari pemanas air tenaga solar hanya pada saat siang hari atau pada saat ada panas matahari. Padahal Anda tetap bisa menikmati air panas walaupun dimalam hari atau pada saat cuaca yang mendung.

Hal ini karena adanya teknologi bernama pemanas cadangan dimana Anda tetap bisa menikmati air panas walaupun cuaca sedang mendung atau tidak ada pasokan panas matahari. Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi Anda yang setiap hari kebutuhan air panasnya cukup penting.

  1. Lebih hemat

Keuntungan yang paling utama adalah lebih hemat biaya. Sumber energi yang dibutuhkan untuk memanaskan air adalah sumber energi dari panas matahari. Dalam kata lain untuk memanaskan air Anda tidak perlu repot mengeluarkan biaya tambahan untuk energinya.

Hal ini sudah pasti akan sangat menguntungkan Anda karena bisa lebih menghemat biaya energi sehari-hari dari penggunaan pemanas air tenaga matahari tersebut. Apalagi jika dibandingkan dengan water heater listrik hingga gas yang biayanya jelas-jelas jauh lebih mahal dibanding sinar matahari yang gratis didapatkan.