Apakah kalian mengetahui Ciri-Ciri Air Bersih Yang Layak Untuk Dikonsumsi? Nah, pada kesempatan kali ini akan mengulas 10 ciri-ciri air bersih yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Hal tersebut penting karena setiap harinya tubuh mebutuhkan cairan yang banyak.

Manusia sangat bergantung dengan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan cairan tubuh mereka. Namun, tidak semua air itu bersih dan layak untuk dikonsumsi. Untuk menjamin kualitas air kita dapat mengenali ciri-ciri nya. Karena banyak manfaat air minum untuk kesehatan tubuh kita.

Untuk memastikan bahwa air yang dikonsumsi layak untuk diminum, Anda dapat mengambil sampel air tersebut ke laboratorium atau BPOM terdekat. Meskipun sedikit merepotkan dan mahal, langkah ini penting untuk kelangsungan hidup dan kesehatan Anda.

Jika ternyata hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa air yang Anda bawa tidak aman dan membuatnya tidak layak untuk diminum, Anda perlu mencari alternatif lain. Misalnya sebelum digunakan, gunakan dulu produk filter air untuk menyaringnya, terutama untuk kebutuhan rumah tangga. Untuk air minum, selain disaring juga perlu direbus agar bebas bakteri.

Penasaran ciri-ciri air bersih yang layak dikonsumsi? Yuk simak ulasan berikut ini ada 10 ciri-ciri air bersih yang wajib kalian ketahui:

Ketahui 10 Ciri-Ciri Air Bersih Yang Layak Untuk Dikonsumsi

Ciri-Ciri Air Bersih Yang Layak Untuk Dikonsumsi

1. Tidak keruh

Ciri air bersih yang pertama adalah tidak keruh, artinya kondisi air harus bersih. Jika air yang akan kita konsmusi keruh, maka dapat dipastikan air tersebut terkontaminasi oleh zat-zat yang buruk

Kemungkinan ini terjadi dikarenakan adanya percampuran dengan tanah ataupun pasir dan zat yang lainnya yang jika dikonsumsi akan membahayakan tubuh kita. Maka dari itu kita perlu berhati-hati jika akan mengonsumsi dan menemukan air di sekitar kita tidak jernih dan terlihat keruh.

2. Tidak berwarna

Selain tidak keruh, dan harus jernih, ciri air bersih dan sehat selanjutnya yaitu air tidak boleh berwarna. Jika terdapat warna lain yang ikut tercampur dalam air tersebut maka dapat dipastikan akan ada hal serius jika tetap dikonsumsi yang akan membahayakan tubuh. Misalnya, air yang telah tercemar dengan zat sisa limbah pabrik akan menimbulkan berubahnya warna air di lingkungan.

3. Tidak berbau |Ciri-Ciri Air Bersih 

Air yang sehat dan bersih pasti tidak berbau apalagi bau yang menyengat. Jika air di lingkungan kita memiliki bau seperti asam atau bau busuk, maka dapat dipastikan air tersebut tidak layak untuk dikonsumsi dan digunakan untuk kebutuhan sehari hari.

Misalnya, jika digunakan untuk mencuci, maka akan menimbulkan kerusakan pada kain dan pakaian kita. Dan juga kalau digunakan untuk mandi, sangat mungkin kita akan terkena penyakit iritasi pada kulit, bila dikonsumsi pun akan menyebabkan keracunan.

4. Jernih |Ciri-Ciri Air Bersih 

Ciri-Ciri Air Bersih Yang Layak Untuk Dikonsumsi

Air layak dikonsumsi jika air tersebut jernih. Yang dimaksudkan jernih disini, tidak terkontaminasi dengan zat pengeruh seperti tanah,pasir, maupun zat kimia berbahaya yang lain.

Karena jika kita asal-asalan mengonsumsi air yang tidak jernih, akan menimbulkan bahaya dalam tubuh kita. Tips agar air yang kita konsumsi selalu sehat dan jernih kita dapat membuat saringan air atau menggunakan dispenser air minum.

Baca Juga : Manfaat Banyak Minum Air Putih Untuk Kesehatan

5. Berasa tawar |Ciri-Ciri Air Bersih 

Untuk mendapatkan air itu bersih sehat dan layak untuk dikonsumsi, maka kita harus memperhatikan ciri air bersih tersebut mempunyai rasa tawar atau hambar(tidak ada rasa).

Misalnya, air tersebut mempunyai rasa pahit, asam, asin, getir dan lain sebagainya, maka air tersebut jangan dikonsumsi.

6. Derajat keasaman aman

Sesuai dengan indikator derajat keasaman dalam pengujian air, maka ciri air bersih dan sehat memiliki standar nilai dalam kisaran angka 7. Jika pH air bernilai 7 maka ir tersebut layak dikonsumsi.

Namun jika air tersebut menunjukan pH angka 6 dan 8 beberapa kali masih bisa ditoleransi , tapi kita tetap harus berhati-hati. Hal ini sangat penting  diperhatikan karena jika air terlalu asam atau terlalu basa bisa membahayakan tubuh kita jika dikonsumsi.

Untuk itu kita perlu mengetahui mengenai derajat keasaman air,  Kita dapat menggunakan cara berikut ini :

• Pada umumnya air yang cenderung sangat rendah akan terasa menjadi asam.

•Namun, untuk air yang cenderung terlalu basa akan menimbulkan perubahan rasa pada air tersebut menjadi getir dan cenderung terasa pahit.

Jika kita menemukan ciri-ciri diatas, maka derajat keasaman air tidak normal dan tidak memenuhi syarat dan ciri air bersih. Dan dianjurkan jangan mengkonsumsinya.

7. Bebas bakteri pathogen

Ciri-Ciri Air Bersih Yang Layak Untuk Dikonsumsi

Ciri air bersih selanjutnya yaitu, terbebas dari bakteri pathogen yang merupakan serangkaian mikroba. Jika bakteri patogen masuk kedalam tubuh kita maka dapat membahayakan dan menimbulkan berbagai penyakit.

Contoh bakteri patogen yang mudah kita temukan di lingkungan yaitu bernama eschericia coli. Jangan sampai bakteri ini ikut terkonsumsi dan masuk ke dalam tubuh kita, karena dapat menimbulkan masalah kesehatan mulai dari munculnya gangguan sistem pencernaan, sakit perut, hingga membahayakan jiwa penderitanya.

8. Suhu normal

Selanjutnya suhu dalam air bersih harus normal dan tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin. Karena suhu yang tinggi dapat mengakibatkan penguapan air, sedangkan suhu rendah dapat mengakibatkan pembekuan air. Maka dari itu, suhu normal air sehat dan bersih yaiitu kisaran 10-25 derajat celcius.

9. Bebas endapan

Selain suhu normal, air harus bebas dari endapan yang tertinggal pada dasar permukaan air. Jika kita melihat air jernih namun masih ada unsur endapan dibagian bawah permukaan air, maka dapat dipastikan air tersebut bukan air sehat dan bersih.

Karena hal ini selain dapat membahayakan tubuh kita, namun dalam air tersebut ada punsur pengeruh yang sewaktu-waktu dapat kembali tercampur dengan air dan menimbulkan pencemaran.

10. Bebas zat kimiawi arsenic

Ciri air bersih yang penting untuk diperhatikan yaitu bebas dari zat kimiawai arsenic. Zat ini dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Biasanya kita dapat menemukan zat in di dalam paparn pestisida untuk mematikan hama yang menyerang pertanian. Tidak hanya dapat membunuh hama saja, namun dampaknya sangat buruk jika sampai tertelan manusia.

Itulah informasi mengenai ciri-ciri air bersih. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan diharapkan kalian lebih berhati hati lagi mengonsumsi air, sampai ketemu di artikel selanjutnya yaa hanya disini. See you and keep healthy gais..