Budaya minum kopi di Indonesia semakin ramai berkat kehadiran es kopi susu ala cafe kekinian. Hidangan es kopi susu ini sering dipesan untuk berbagai kesempatan, seperti waktu nongkrong, menemani kerja, atau hanya sekedar untuk duduk menemani mentari pagi. Nah, agar bisa tau lebih dalam, yuk mari belajar cara membuat es kopi susu ala cafe kekinian!

Apapun sebabnya, hal ini sering membuat kita bertanya-tanya kenapa es kopi susu disukai dan jadi favorit banyak penikmat kopi.

Campuran Susu dan Kopi Berawal dari Coba-coba

Kebiasaan mencampurkan susu ke dalam minuman sebenarnya berwal dari bangsa eropa. Akan tetapi, hal ini pada dasarnya dilakukan pada membuat teh dan bukan ketika bikin kopi. Nah, menurut catatan sejarah yang ada, pencampuran susu ke kopi baru berawal sekitar tahun 1660 oleh duta besar Belanda untuk Tiongkok, yaitu Johan Nieuhof.

Katanya, asal usul kebiasaan ini berasal dari eksperimen Nieuhof aja, alias berawal dari coba-coba. Namun, mengejutkannya, kebiasaan ini mulai ditiru dan menghasilkan berbagai hidangan kopi dengan susu. Pengen tahu bagaimana cara membuat es kopi susu ala cafe kekinian, yuk simak

Cara Membuat Es Kopi Ala CafeCara Membuat Es Kopi Ala Cafe

Cara Membuat Es Kopi Ala Cafe

Cara Membuat Es Kopi Susu Jahe Ala Kopi  dengan Sari Jahe Herba Minum

BAHAN-BAHAN :

  • 1 sachet HerbaMinum Sari Jahe
  • penuh kopi bubuk instan 1 sdt
  • 50 ml air panas untuk menyeduh kopi
  • 70 ml udara dingin
  • 100 ml Susu cair
  • Es batu secukupnya

CARA MEMBUAT :

  1. Seduh satu sendok teh penuh kopi bubuk instan dengan air panas, aduk rata kemudian sisihkan.
  2. Siapkan tambahkan air sebanyak kira-kira 70ml. Lalu masukan satu sachet HerbaMinum Sari Jahe, aduk hingga larut dan tercampur rata.
  3. Masukan es batu secukupnya. Aku memasukkan batu terlebih dahulu ke dalam gelas, tujuan agar nanti hasil minumannya bisa berlayer cantik ala kopi kekinian, cairan HerbaDrink Sari Jahe dengan susu cair dan kopi tidak langsung dicampur jika tidak kita diaduk.
  4. Tuang susu cair sedikit demi sedikit dan pelan-pelan saja hingga gelas hampir penuh.
  5. Terakhir tuang kopi yang sudah diseduh tadi sedikit demi sedikit hingga penuh.
  6. Es Kopi Susu Jahe Kekinian siap dinikmati.

Manfaat Kopi

Nongkrong kurang lengkap kalau tanpa segelas kopi. Dari anak muda sampe orang tua kopi menjadi juara disetiap tempat. Perlu kalian tahu manfaat kopi sebenarnya:

  1. Mengandung mineral dan vitamin
  2. Menambah stamina
  3. Meningkatkan fokus
  4. Mengurangi resiko diabetes
  5. Meningkatkan mood
  6. Melindungi organ hati
  7. Jantung sehat

Manfaat Susu

Susu adalah sumber gizi bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.

Berikut beberapa manfaat dari susu :

  1. Mengurangi efek dari pms
  2. Kaya akan kalsium dan protein
  3. Menormalkan racun
  4. Saluran pencernaan lancar

Penting Dalam Pembuatan Kopi Susu

Nah dalam membuat sebuah kopi susu, tentunya ada hal-hal penting perlu Anda perhatikan kembali. Jadi tidak hanya sekedar menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kopi susu saja, melainkan Anda juga harus memperhatikan hal-hal penting berikut ini. Jadi pastikan hal-hal berikut ini Anda perhatikan supaya hasil kopi susu bisa menjadi nikmat.’

  1. Takaran Kopi dengan Susu
  2. Tingkat air panas untuk digunakan menyeduh kopi
  3. Pilih lah susu yang sesuai dengan selera Anda, baik mau susu kental manis maupun cair.
  4. Pilih kopi yang sesuai dengan karaktermu, banyak jenis kopi di Indonesia yang memiliki karakter yang berbeda-beda.

Masing-masing orang  memiliki selera dan keinginan yang berbeda-beda, untuk itu Anda bisa menyesuaikan takaran susu ataupun kopi sesuka Anda. Mau lebih banyak susu, atau kopi? Tetapi disarankan jika lebih banyak kopi, karena jika lebih banayk susu akan membuat “eneg” dan menjadi kurang nikmat.

Nah, itulah beberapa cara buat kopi susu kekinian, mudah dan sederhana. Demikian pembahasan artikel kali ini semoga bermanfaat bagi Anda, terima kasih.