Pencairan BPJS Ketenagakerjaan – BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan yang bertugas sebagai penyelenggara jaminan sosial khusus untuk para tenaga kerja. Sebagai pemberi pelindung bagi para tenaga kerja, ada beberapa jenis jaminan yang disediakan. Mulai dari Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja dan juga Jaminan Pensiun.

BPJS Ketenagakerjaan telah menghadirkan banyak kemudahan bagi pesertanya, salah satunya dalam urusan pencairan dana. Sistem pencairan BPJS Ketenagakerjaan ini sekarang sudah bisa dilakukan secara online melalui ponsel. Untuk kamu yang masih belum tahu, simak ulasan di bawah ini mengenai cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan sudah dibuat lebih mudah melalui perangkat elektronik, khususnya smartphone. Setidaknya ada dua metode yang disediakan, yakni pencairan melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan dan melalui aplikasi BPJSTKU.

Berikut ini langkah-langkah pencairan BPJS Ketenagakerjaan secara online melalui aplikasi BPJSTKU, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi BPJSTKU di android maupun iPhone. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bpjstku&hl=in&gl=US https://apps.apple.com/id/app/bpjstku/id1444834757
  2. Buka aplikasi tersebut, kemudian login ke akun BPJS milikmu. Jika memang kamu masih belum punya akunnya, maka bisa melakukan pendaftaran akun BPJSTKU terlebih dahulu.
  3. Diasumsikan kamu sudah berhasil login ke akun BPJSTKU. Sekarang masuk ke menu Antrean Online.
  4. Selanjutnya kamu perlu mendownload formulir Pengajuan JHT yang disediakan di halaman tersebut. Isi data secara lengkap sesuai instruksi yang diberikan.
  5. Jika sudah diisi semua, sekarang kamu upload dokumen tersebut.
  6. Tim BPJS akan melakukan verifikasi data. Jika disetujui nantinya mereka akan menghubungi kamu untuk proses wawancara.
  7. Semua tahapan sudah dilakukan, nantinya dana akan langsung dicairkan ke rekening bank milikmu.
  8. Selesai.

Untuk pencairan lewat situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, langkah-langkahnya kurang lebih sama dengan cara di atas. Yang terpenting kamu perlu menyiapkan data yang dibutuhkan untuk pengisian formulir pengajuan, seperti NIK KTP, nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, dan juga informasi pribadi lainnya. Jika mengalami kendala dalam proses pencairan, maka kamu bisa menghubungi nomor call center BPJS Ketenagakerjaan yang disediakan.

Itu tadi cara pencairan BPJS Ketenagakerjaan secara online lewat smartphone yang paling mudah dan praktis. Semoga informasi di atas bermanfaat.