Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Terigu juga tidak kalah lezatnya dengan cara pembuatan ayam crispy lainnya. Walaupun menggunakan tepung terigu, namun ayam crispy dengan tepung terigu ini juga bisa menghasilkan ayam crispy yang renyah dan tentu sangat lezat rasanya untuk dinikmati.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat ayam crispy dengan tepung terigu. Menggunakan alat yang sederhana dan bahan yang mudah untuk kita dapatkan. Berikut Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Terigu yang bisa kalian lakukan di rumah.

Ayam

Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Terigu

Salah satu hewan dalam kelompok unggas. Kelompok unggas adalah kelompok hewan mirip burung yang digunakan sebagai ternak. Ayam adalah omnivora. Jenis-jenis omnivora (omnivora) memang melekat pada ciri-ciri ayam, pemakan segala sesuatu mulai dari biji-bijian, rumput hingga cacing dan serangga. Ayam berkembang biak dengan bertelur (ovipar).

Sangat jelas bahwa semua ayam berkembang biak dengan bertelur. Telur yang diinkubasi selama ± 21 hari kemudian menetas menjadi anak ayam. Hewan ini memiliki sepasang cakar kaki. Cakar kaki ayam merupakan bentuk adaptasi untuk memudahkan ayam mencari makan dengan membersihkan lantai.

Ayam memiliki paruh yang kecil dan sedikit runcing. Bentuknya, yang sesuai dengan makanan yang dimakan, memiliki sisir di kepala. Sisir pada ayam jantan ini dapat digunakan sebagai kode oleh ayam ketika diberi makan. Ayam memiliki bulu untuk menutupi tubuhnya. Bulu ini berfungsi sebagai penutup tubuh yang melindungi tubuh ayam dari pengaruh suhu. Hanya ayam yang berkokok.

Di pagi hari kita sering mendengar ayam berkokok. Ada hipotesis bahwa ini terkait dengan ritme sirkadian (kebiasaan perilaku) pada ayam jantan. Ayam lebih kecil dari ayam jantan pada usia yang sama. Pada usia yang sama, ayam jantan memiliki tubuh yang lebih besar dari ayam pada usia yang sama. Ayam tidak bisa terbang. Padahal, ayam bisa terbang untuk jarak pendek tertentu.

Terutama ditemukan saat ayam melompat dari ketinggian. Namun, ayam tidak bisa terbang sebaik burung. Ayam bernafas dengan paru-parunya. Sebagai hewan yang berhabitat di darat, ayam bernafas dengan paru-parunya.

Ayam adalah hewan berdarah panas. Bukan karena darahnya panas kawan, tapi karena kemampuannya menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu di sekitarnya. Hewan yang satu ini memiliki mata samping. Seperti jenis burung lainnya, jagung ada di kanan dan kiri (di halaman terpisah). Habitat ayam adalah di darat. Ayam secara alami hidup di darat. Kalaupun ada yang hidup di ternak dan ada yang di hutan, sama saja mereka hidup di darat.

Tepung Terigu

Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Terigu

Tepung terigu adalah tepung yang diperoleh dari biji gandum melalui proses penggilingan untuk kemudian dikembangkan lebih lanjut menjadi berbagai makanan. Produk yang biasa dikonsumsi adalah roti, pasta, cake, cookies, dan tentunya dalam Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Terigu. Menurut Gisslen (2013), tepung terigu merupakan bahan terpenting dalam pembuatan suatu produk pastry.

Tepung terigu menghasilkan berbagai macam produk dalam pembuatan kue, termasuk roti, kue, kue kering, dan kue kering. Pembuat roti profesional tahu tentang jenis tepung yang memiliki kualitas dan sifat berbeda, tetapi banyak koki rumahan hanya mengandalkan tepung serbaguna. Tepung memiliki sifat yang tergantung pada variasi dalam proses penggilingan gandum, lokasi di mana gandum ditanam, dan kondisi pertumbuhan gandum.

Hal terpenting bagi seorang pembuat roti adalah ada biji-bijian yang keras dan ada juga yang lunak. Gandum durum mengandung jumlah protein yang lebih tinggi yang bersama-sama membentuk gluten ketika tepung dilunakkan dan diaduk. Tepung kuat terbuat dari gandum protein yang keras dan lebih tinggi dan digunakan untuk membuat roti dan produk berbasis ragi lainnya.

Tepung terigu terbuat dari gandum biasa, yang lebih rendah proteinnya dan digunakan untuk membuat kue, kue kering, dan patisserie. Ada gluten dalam tepung terigu, senyawa dalam tepung terigu yang bersifat keras dan elastis. Gluten dibutuhkan dalam pembuatan roti agar dapat mengembang dengan baik dan menentukan tekstur kenyal dari pasta.

Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Terigu

Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Terigu

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg daging ayam
  • bawang putih 3 siung
  • ketumbar 1/2 sdm
  • kunir bubur 1/4 sdm
  • garam 1 sdm
  • penyedap rasa 1/4 sdm
  • merica 1/4 sdm
  • 1/4 air perasan jeruk nipis
  • tepung terigu 1/4 kg
  • 3 sdm tepung beras
  • maizena 5 sdm
  • tepung crispy 3 sdm
  • 2 sdm tepung tapioka
  • telur 1 butir
  • air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Bersihkan dan potong daging ayam terlebih dahulu, lalu campurkan dengan bumbu di atas yang sudah dihaluskan secara merata, kemudian simpan daging ayam di dalam kulkas kurang lebih sehari semalam agar bumbu benar – benar meresap secara merata.
  2. Campurkan tepung – tepung kering dan bumbu tepung, lalu aduk – aduk secara bersamaan hingga tercampur dengan rata, lalu sisihkan terlebih dahulu.
  3. Untuk adonan celupan cukup masukkan telur dan garam, lalu beri air secukupnya.
  4. Ambil daging ayam yang sudah dimarinasi dari kulkas tadi, lalu celupkan ke dalam telur, kemudian celupkan ke dalam adonan tepung yang kering tadi.
  5. Setelah itu, celupkan ke dalam adonan tepung yang basah, lalu celupkan lagi ke dalam adonan tepung yang kering, lalu tekan – tekan supaya bisa menghasilkan tekstur crispy yang bagus, lakukan dengan cara yang sama berulang – ulang hingga daging ayam habis.
  6. Panaskan minyak goreng terlebih dahulu, minyaknya kalau bisa yang banyak dan menggunakan panci saja supaya ayam bisa terendam dengan minyak dengan rata.
  7. Masukkan daging ayam ke dalam minyak panas dengan api sedang, dan pastikan ayam sampai benar – benar terendam.
  8. Tunggu hingga ayam berwarna sedikit kecoklatan, dan jangan terlalu sering membolak – balikan ayam supaya tidak menyerap minyak terlalu banyak.
  9. Jika sudah selesai angkat dan ayam crispy kriuk sudah bisa untuk dinikmati.

Selengkapnya Cara Membuat Kue Pao Yang Lembut, Superr Lezatt

Tips

Ada beberapa orang yang gagal dalam Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Terigu ini. Nah, untuk itulah saya akan memberikan sedikit tips agar Anda bisa sukses memasak ayam crispy ini di rumah.

1. Bahan Untuk Marinasi Ayam

Biasanya ayam crispy hanya direndam atau direndam dengan garam. Meskipun selain garam, Anda juga bisa menambahkan bumbu lain untuk membuat ayam lebih gurih, seperti bawang putih, bubuk paprika, kecap inggris, kecap, kecap ikan, dan lain-lain.

2. Perendaman Ayam Yang Lama

Kami merekomendasikan ini saat merendam atau mengasinkan ayam setidaknya selama 30 menit. Karena semakin lama diasinkan, semakin enak ayamnya. Namun, yang terbaik adalah mengasinkan ayam tidak lebih dari 12 jam agar ayam tetap segar selama pemrosesan.

3. Oleskan Pada Ayam

Ayam yang sudah basah bisa langsung digulung menjadi tepung kering, namun kekentalan tepungnya pasti tidak akan maksimal. Sebaiknya ayam dicelupkan ke dalam cat terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan susu, air es, putih telur atau larutan tepung sebagai saus.

Dan Anda juga bisa menggunakan campuran tepung protein sedang dan tepung maizena untuk larutan celupnya. Anda juga bisa menambahkan sedikit soda kue untuk hasil yang lebih renyah.

4. Peras Ayamnya

Meskipun mungkin tampak sepele, saat Anda menggoreng tepung, jika Anda meremas ayam bersama-sama. Saat mencelupkan ayam dengan campuran tepung kering, coba peras ayam dengan jari-jari Anda, tetapi harus bersih. Lakukan berulang-ulang sampai ayam habis.

5. Gunakan Wajan Yang Dangkal

Sebaiknya gunakan wajan yang dalam dan besar agar semua bagian ayam bisa terendam minyak. Bagian ayam yang tidak terendam minyak goreng akan mudah gosong saat digoreng dan teksturnya menjadi kurang renyah. Selain itu, sisi tinggi mangkuk wajan juga dapat meminimalkan percikan minyak.

6. Perhatikan Waktu dan Suhu Saat Menggoreng

Biasanya, ayam harus dimasak selama sekitar 7 hingga 8 menit per sisinya. Namun, kali ini dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan potongan ayam rumahan Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan suhu saat memanggang ayam agar menjadi garing sempurna.

 

Itulah beberapa informasi dari saya yang bisa kalian contoh dan kalian tiru dirumah, mengenai Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Terigu beserta tipsnya supaya bisa berhasil dalam membuat ayam crispy ini, makanan ini sangat cocok sekali untuk keluarga dan teman – teman kalian, khususnya untuk anak – anak. Sekian dari saya, mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.