Lampu merupakan suatu elemen yang sangat penting yang menciptakan keamanan di jalan. Selain menekan kemungkinan tindak kriminalitas, lampu jalan penerangan juga dapat menghidupkan jalur pedestrian, dan membuat pejalan kaki terlihat saat malam hari. Penerangan Jalan di jalur pejalan kaki harus dapat memastikan tingkat pencahayaan (lumen) yang sesuai dengan tempat yang akan diberi lampu.
Pada kawasan komersial, lampu penerangan semestinya lebih terang dan pada kawasan permukiman dibuat cukup terang sehingga dapat mencegah dark spoty. Kelengkapan fisik dari fasilitas penerangan diusahakan tidak menganggu area berjalan atau tidak pula menganggu jalur disabilitas.

Untuk meningkatkan penataan kualitas kota. Baik di perkotaan maupun pedesaan, sudah banyak ruas jalan umum yang dilengkapi dengan fasilitas lampu jalan umum di waktu malam. penerangan jalan yang penting tersebut mutlak diperlukan karena merupakan salah satu kebutuhan masyarakat ketika melewati ruas jalan.

lampu penerangan Jalan atau dikenal sebagai penerangan jalan umum adalah infrastruktur lampu yang merupakan pelengkap jalan ,digunakan untuk lampu jalan di malam hari sehingga memudahkan pengguna jalan melihat dengan lebih jelas jalan yang akan dilewati pada malam hari, sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas dan keamanan.

Peran utama pencahayaan jalan adalah memberikan pencahayaan buatan kepada pengguna jalan agar membuat mereka merasa aman dalam melakukan aktivitas perjalanan di malam hari, entah itu para pejalan kaki, pesepeda dan pengendara kendaraan. Keselamatan berlalu lintas dapat ditingkatkan dan para pengguna jalan akan lebih aman dari kegiatan/ aksi criminal. Selain itu lampu jalan juga dapat memberikan nilai estetika atau keindahan lingkungan jalan dan menjadi magnet tersendiri bagi pejalan kaki yang melintas. Serta dapat menjadi ikon suatu daerah tersebut.

pencahayaan jalan merupakan barang-barang elektronik yang rentan atau dapat dikatakan memiliki umur pakai yang pendek, sehingga kegiatan perbaikan dan pemeliharaan mutlak dibutuhkan. Perbaikan dapat berupa penggantian lampu yang mati ataupun pengecekan kondisi PJU.

Tiang lampu penerangan jalan umum, bisa ditempatkan dengan berbagai macam dimana jaraknya sejajar antara 25-50m. Hal ini memastikan bahwa intensitas cahaya relatif rata di permukaan tanah sehingga penerangan lebih bagus dan meminimalisir area yang tidak mendapat pencahayaan.

Lampu diletakkan di wilayah jalan baik yang berhadapan maupun yang berselang dan di tengah (di bagian median jalan). Tiang lampu yang diletakkan di sisi tengah biasanya digunakan untuk jalan yang hiruk pikuk dan kecepatan kendaraan tinggi (misalnya : jalan bebas hambatan, jalan utama) sementara itu penempatan lampu pada satu sisi tepi jalan lebih difungsikan pada jalan dengan lalu lintas yang tidak hiruk pikukatau bidang jalan yang tidak lebar seperti jalan lokal, jalan desa, dan jalan satu arah.

variasi dari Tiang lampu Jalan itu sendiri bisa disesuaikan dengan image dan konsep jalan dimana Tiang pencahayaan jalan itu berada. Seperti Tiang lampu penerangan jalan umum yang terlihat di area malioboro, dimana malioboro menjadi ikon pusat kota di Jogjakarta dan merupakan top destinasi yang diunggulkan bahkan memiliki daya tarik tersendiri. Dengan konsep klasik, unik dan estetik seperti ciri khas dari kota Yogyakarta itu sendiri ,dapat memberikan nuansa romantisme jogja dan memberikan estetika sekaligus ikonik kota.