Cara Membuat Bakso Kenyal dan Kres – Makan bakso akan lebih nikmat bila teksturnya kenyal dan pastinya juga padat. Sayangnya membuat bakso yang kenyal tidak semudah yang dibayangkan dan yang kita lihat. Beberapa penjual sering menambahkan boraks pada resep bakso mereka agar terlihat dan terasa lebih kenyal. Padahal hal tersebut tidak disarankan karena berbahaya untuk kesehatan. Untuk mengganti boraks, Anda dapat menggunakan cara dan bahan yang lebih aman untuk membuat bakso kenyal dan juga kres. Misalnya dengan menambahkan es batu atau bisa menggunakan bubuk agar-agar. Membuat bakso dengan mudah bisa dengan menggunakan Mesin Pembuat Bakso.

Cara Membuat Bakso Kenyal dan Kres

1. Perhatikan bahan

Cara yang pertama untuk membuat bakso kenyal dan kres adalah kita harus memerhatikan penggunaan pada bahannya. Bahan untuk membuat bakso di antaranya adalah sebagai berikut daging, tepung, serta aneka bumbu lainnya. Sebaiknya menggunakan daging yang segar supaya hasil dari bakso lebih kenyal dan juga lezat. Untuk tepungnya sendiri, dapat menggunakan tepung sagu, tepung sagu aren, atau pun bisa juga dengan menggunakan tepung tapioka. Konon katanya para pedagang bakso menggunakan salah satu daritepung tersebut untuk menghasilkan tekstur bakso yang kenyal. Untuk takarannya dapat disesuaikan dengan resep yang diperoleh atau diikuti. Akan tetapi agar dagingnya terasa dan lebih kenyal, rasio daging yang digunakan harus lebih banyak daripada penggunaan tepung.

2. Tambahkan es batu

Es batu bisa membantu otot-otot dalam daging berkontraksi, maka akan membuat teksturnya menjadi lebih padat, kenyal, serta juga tidak lembek. Anda dapat menggunakan es batu dalam bentuk serut atau bisa juga dengan menggunakan air es. Tambahkan es batu ke dalam adonan dengan takaran sesuai dengan resep yang Anda sudah ikuti.

cara membuat bakso kenyal dan kres

3. Tambah baking powder atau poly powder

Ternyata baking powder bisa membantu mengenyalkan tekstur pada bakso. Akan tetapi jangan menggunakan terlalu banyak agar bakso tidak terlalu mengemban dan pecah ketika proses perebusan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, tambahkan baking powder sedikit demi sedikit pada adonan bakso yang dibuat. Selain dengan menggunakan baking powder, Anda juga bisa menambahkan poly powder atau pengenyal bakso ke dalam adonan bakso. Dua bahan ini lebih aman digunakan jika dibandingkan dengan menggunakan boraks.

4. Bubuhkan bubuk agar-agar

Sama seperti dengan menggunakan baking powder, bubuk agar-agar pun bisa membuat bakso lebih kenyal dan pastinya juga tidak lembek. Berikan bubuk agar-agar secukupnya ke dalam adonan bakso supaya bakso buatanmu bisa sekenyal buatan pedagang. Sebaiknya Anda menggunakan agar-agar putih tanpa rasa agar tidak mengganggu cita rasa dari baksonya itu sendiri.

5. Tambahkan telur

Telur adalah termasuk salah satu rahasia bakso kenyal serta padat, ini dilansir dari Bon Appetit. Akan tetapi penggunaan telur yang terlalu banyak justru bisa membuat adonan bakso menjadi lembek. Oleh karena hal ini, Anda disarankan untuk lebih memerhatikan takarannya. Misalnya adonan bakso sekitar 900 gram, umumnya hanya membutuhkan satu hingga dua telur saja untuk menambah cita rasa dan kekenyalannya serta kepadatan dari bakso itu sebdiri.

6. Masukkan ke dalam air hangat

Sesudah dibentuk bakso harus sesegera mungkin dimasukkan ke dalam air hangat. Tujuannya supaya bakso lebih kenyal dan juga berkulit. Khusus untuk bakso ikan, masukkan ke dalam air es agar langsung mengeras dan juga kencang. Sehingga tidak rusak ketika bakso dimasak.

Demikian artikel tentang Cara Membuat Bakso Kenyal dan Kres, semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil!