Pemanfaatan kulit hewan untuk memenuhi kebutuhan manusia sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Pada zaman purba berbagai kulit hewan dimanfaatkan sebagai bahan pakaian sekadarnya untuk menutupi tubuh agar tidak kedingingan. Sekarang dengan kemajuan teknologi, kulit dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan salah satunya adalah yang dilakukan produsen tas kulit. Produsen tas ini menggunakan kulit hewan sebagai bahan dasar berbagai jenis tas.

Produk yang dibuat dari bahan kulit hewan asli memiliki ciri khas tersendiri, termasuk produk tas. Namun biasanya mempunyai harga yang mahal sebab kualitas kulit asli sangat bagus. Produk dari bahan kulit atau campuran kulit asli akan lebih kuat, terlihat elegan serta tahan lama. Selain karena kualitasnya yang bagus, harga yang mahal pada tas kulit asli disebabkan semakin sulitnya mendapatkan bahan ini.

Jenis Kulit yang Digunakan Produsen Tas

produsen tas kulit

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penggunaan kulit hewan sudah ada sejak dahulu. Namun untuk produk tas kulit sendiri ada setelah ditemukannya teknologi yang lebih maju. Belum jelas juga sejak kapan konveksi tas menggunakan kulit hewan asli dalam membuat berbagai produk tas. Yang jelas produsen tas kulit sudah ada lama. Tidak semua hewan bisa dimanfaatkan kulitnya, namun hanya hewan tertentu. Biasanya adalah hewan yang memiliki tekstur kulit yang bagus dan kuat.

Nah, berikut berbagai kulit hewan yang sering digunakan dalam membuat produk tas kulit:

1. Kulit Kambing

Di Indonesia bahan baku yang paling banyak digunakan adalah kulit kambing. Kulit kambing memiliki sifat yang sangat kuat dan tahan lama, namun termasuk jenis kulit hewan yang cenderung lebih halus dan ringan dibandingkan dengan kulit hewan lainnya. Kulit kambing selain digunakan untuk membuat produk tas juga sering digunakan dalam pembuatan sarung tangan, tas tangan, dan karpet.

2. Kulit Sapi

Kulit sapi yang merupakan bahan baku dari dari berbagai produk kulit, terutama produsen tas kulit tas kulit. Merupakan salah satu bahan yang tebal, awet dan tahan lama. Permukaannya terlihat seperti kerikil kecil yang bagus dan menarik, sehingga sangat cocok digunakan untuk membuat sepatu, tas, dompet, sarung tangan, ikat pinggang dan banyak produk buatan tangan lainnya. Tas kulit terbuat dari kulit sapi asli harganya cukup mahal.

3. Kulit Domba di Produsen Tas Kulit

produsen tas kulit

Bahan kulit domba umumnya digunakan di sentra kerajinan kulit yang ada di wilayah Garut. Kulit binatang ini adalah jenis kulit yang sangat halus, lembut, ringan dengan daya serap air yang baik. Kulit domba sering juga digunakan dalam membuat produk jenis tas. Selain itu kulit domba sering digunakan dengan bahan wool untuk membuat jaket fashion, rompi dan karpet karena tekstur bahannya tidak terlalu kuat.

4. Kulit Banteng

Kulit Banteng yang relatif jarang digunakan oleh pengrajin kulit Indonesia ini sebenarnya bentuknya seperti kulit sapi. Tekstur kulit banteng lebih kuat dari pada kulit sapi, lebih tebal, dan polanya jelas. Karena sifatnya yang sangat kuat, bahan kulit ini banyak digunakan produsen tas kulit. Serta sama halnya dengan kulit lainnya bisa digunakan membuat produk seperti sepatu, karpet, dan jaket.

5. Kulit Buaya

Dibandingkan jenis kulit lainnya, kulit buaya umumnya dijual dengan harga yang cukup tinggi, baik sebagai produk olahan mentah maupun buatan tangan. Selain karakteristik bahan yang tebal, tahan lama dan awet, kulit buaya juga sangat sulit diolah. Proses pembuatannya cukup kompleks, memadukan kualitas tekstur dan keindahan. Produk fashion yang seluruhnya terbuat dari kulit buaya sangat mewah dan elegan. Namun karena sekarang dilarang melakukan penangkapan buaya untuk diambil kulitnya, mengakibatkan semakin sulit mendapatkan bahan kulit ini.

6. Kulit Ular di Produsen Tas Kulit

Kulit ular dapat digolongkan menjadi jenis kulit binatang yang memiliki tekstur lembut, tipis, dan halus sehingga tidak terlalu kuat. Penampilannya yang terlihat begitu menarik dan cantik membuat kulit ular ini sangat cocok digunakan sebagai tas, dompet dan sepatu. Beragam produk kulit ulat diketahui harganya sangat mahal.

Inilah kulit binatang yang sering dijadikan bahan baku produsen tas kulit yang unik dan menarik. Saat ini untuk mendapatkan kulit hewan asli sangat sulit, jika mendapatkannya pun harganya sangat mahal. Oleh sebab itu diciptakan bahan kulit buatan. Bahan kulit ini dibuat dari bahan sintesis yang dibuat menyerupai kulit asli. Karena hanya bahan tiruan kualitasnya dibawah bahan kulit asli. Semoga pembahasan kali ini dapat menjadi tambahan informasi menarik untuk anda.