Assalamualaikum temen temen, kembali lagi disini. Jadi kali ini kita akan membahas mengenai Tali Pot Bunga Gantung.Untuk lebih jelas dan lengkapnya, Yuk simak penjelasan berikut ini dengan seksama dan jangan sampai ada yang terlewat ya.

Definisi Pot Gantung

Saat ini tren tanaman hias pot sedang naik daun. Beragam jenis tanaman hias dalam pot dengan dekorasi dan ornamen yang berbeda-beda saat ini menghiasi banyak rumah, mulai dari pot warna-warni yang diletakkan di rak khusus tanaman hias hingga pot yang berdiri di atas tali anyaman tersebut. Dan tergantung di ruang teras.

Tali Pot Bunga Gantung

Cara membuat tali pot gantung bisa menjadi salah satu cara untuk mendekorasi rumah Anda. Benar-benar sangat memikat dan menarik. Apalagi dengan pot tanaman hias yang digantung dengan tali, sebenarnya tidak sesulit membuat pot gantung. Namun simpul anyaman yang dibuat atau dibentuk juga tidak boleh sembarangan, sehingga nilai estetiknya hilang.

Anyaman harus dipoles sedemikian rupa agar sesuai untuk pemasangan pot gantung tanaman hias. Cara membuat tali pot gantung untuk tanaman hias sangat sederhana dan mudah untuk diikuti. Penggunaan tali untuk menggantung pot sebenarnya sudah ditelusuri belakangan ini, karena pot tanaman hias digantung di kawat beberapa waktu lalu.

Kawatnya sendiri berangsur-angsur ditinggalkan karena terkesan kurang indah dipandang dan kaku. Selain itu penggunaan kawat juga kurang efisien karena mudah berkarat. Saat ini anyaman tali banyak digunakan karena terkesan unik dan mengandung unsur estetika.

Cara Membuat Tali Pot Gantung

Alat Dan Bahan

  • Tali, tali disini bisa berupa tali plastik atau tali pramuka. Tapi kami akan mencoba berlatih dengan tali pramuka (panjang sekitar 21 cm, dipotong menjadi 6 bagian yang sama).
  • Cincin rotan dengan diameter 25 cm dan 10 cm untuk pembuatan tali pot gantung
  • Gunting / pemotong

Cara Membuat Tali Pot Gantung

  1. Ambil seutas tali yang dibagi menjadi 6 bagian (masing-masing sekitar 3,5 cm) dan lipat menjadi dua dengan panjang yang sama.
  2. Kemudian masukkan ujung tali ke tengah cincin rotan (diameter 10 cm).
  3. Selanjutnya, ujung tali lainnya pergi ke ujung yang terlipat sampai tali itu terhubung ke ring.
  4. Ulangi langkah yang sama dengan sisa tali. Bagilah tali menjadi tiga bagian dengan dua tali yang masing-masing memiliki dua simpul yang berdekatan. Beri nomor setiap string atau tali di setiap kelompok 1-4.
  5. Silangkan tali 4 ke kiri hingga melewati bagian depan tali 2 dan 3. Kemudian silangkan tali 1 ke kanan melewati bagian belakang tali 2 dan 3. Masukkan ujung tali 4 ke celah antara tali 1 dan 2. Kemudian ujung tali 1 dimasukkan ke celah antara tali 3 dan 4.
  6. Tarik semua ujung tali. Lanjutkan dengan langkah ini sampai cukup. Ulangi hal yang sama dengan dua potong tali lainnya. Kemudian ambil cincin rotan dengan diameter sekitar 25 cm dan lanjutkan mengikat tali anyaman. Sesuaikan panjang tiap tali beserta jarak antar simpul yang ada. Ambil seutas tali dari setiap bagian, lalu ikat seutas tali dari samping. Ulangi untuk bagian tali lainnya.
  7. Siapkan pot. Letakkan pot di atas ring rotan dengan diameter 25 cm tadi. Kemudian tetap menenun sisa tali. Ambil seutas tali dan lilitkan di sekitar tali lainnya membentuk lingkaran. Jika dirasa cukup, masukkan ujung tali ke salah satu loop yang tersedia. Potong dan rapikan sisa ujung tali hingga memiliki panjang yang sama dan menjadi tali gantung pot anyaman.

Selain itu, macam macam tali lainnya juga banyak. Contohnya ada tali sabut kelapa, yang dibuat mengunaakan mesin pemintal tali sabut kelapa. Demikian penjelasan mengenai Tali Pot Bunga Gantung. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih