Assalamualaikum temen temen, kembali lagi disini. Jadi, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana Cara Membuat Kerajinan Dari Tali Rami. Untuk lebih jelas dan lebih lengkapnya, Yuk simak penjelasan di bawah ini dengan seksama dan jangan sampai ada yang terlewat.

Definisi Tali Rami

Tali rami adalah tali yang terbuat dari serat alam atau sintetis atau kombinasi. Tali rami atau tali jerami juga dikenal sebagai tali mendong di beberapa daerah. Diameter kecil 2 hingga 3mm dapat digunakan untuk tali souvenir, kerajinan tangan, tali kantong kertas, dll.

Cara Membuat Kerajinan Dari Tali Rami

1. Model Tempat Pensil Tali Rami

Untuk kamu yang ingin dibuatkan tempat pulpen atau tidak ingin membelinya bisa menggunakan tali rami. Caranya sangat sederhana lho, bahannya tidak banyak.

Alat Dan Bahan

  • Tali rami yang sudah dikepang
  • Gunting
  • Lem tembak

Cara Membuat Tempat Pensil Dari Tali Rami

  1. Ambil tali rami dan gulung sampai bulat (sebagai alas), diameternya sesuai yang Anda inginkan
  2. Jangan dipotong dulu, lanjutkan penggulungan, tapi jangan ke samping, tapi ke atas agar hasil akhirnya terlihat seperti tabung. Anda juga dapat mengatur ketinggian sesuai keinginan Anda.
  3. Jika itu cukup, potong tali rami dan rekatkan ujungnya dengan lem agar tetap bersih. Taraaa, tempat pulpenmu sudah siap.

2. Cara Membuat Alas Pot Dari Tali Rami

Siapa yang suka koleksi tanaman hias di rumah? Tanaman dalam ruangan sangat efektif untuk membuat rumah terlihat lebih bagus. Beberapa jenis tanaman bahkan dapat menyaring udara kotor, menjadikan udara di dalam rumah lebih bersih dan segar.

Tapi apakah Anda suka kesal saat lantai rumah menjadi kotor setiap selesai menyiram tanaman? Untuk menghindari kotor, pemilik rumah biasanya harus membawa tanaman keluar ke teras atau taman terlebih dahulu setiap kali Anda menyiramnya.

Agar tidak repot dan lantai tetap bersih, bisa menggunakan alas pot yang terbuat dari tali rami. Bahan yang Anda butuhkan hanyalah tali rami, lem tembak, dan gunting.

3. Model Toples Unik Dari Tali Rami

Kerajinan tali rami ini memiliki dua kegunaan: pertama sebagai toples makanan atau yang kedua sebagai wadah barang-barang kecil di dalam ruangan.

Alat Dan Bahan

  • 6 buah besar selotip bekas
  • Tali rami
  • Lem tembak
  • 1 lembar kardus bekas
  • Gunting
  • Spidol
  • Renda putih atau tali rami jalinan putih
  • Burlap (goni baru)
  • Karton

Cara Membuat Toples Unik Dari Tali Rami

  1. Lilitkan tali rami di sekitar selotip bekas sampai semua permukaan selotip tertutup. Kencangkan ujungnya dengan lem tembak agar bersih dan tidak mudah lepas. Ulangi langkah ini sampai semua selotip melilit tali rami.
  2. Ambil kardusnya dan susun 6 selotip di atasnya. Rekatkan satu selotip ke selotip lainnya dengan lem, tapi jangan dulu menempelkannya ke kardus.
  3. Selanjutnya, ambil spidol dan gambar pola setelah 6 lembar selotip yang direkatkan.
  4. Lepaskan semua selotip dan potong karton sesuai dengan pola. Ulangi langkah ini sehingga Anda mendapatkan 2 lembar karton berpola.
  5. Tempelkan lem di tepi karton bermotif, lalu tempelkan kain goni. Lakukan hal yang sama dengan sisi karton yang lain dan ulangi langkah ini dengan pola karton lainnya.
  6. Karena goni yang Anda tambahkan tidak akan bersih, potonglah goni yang tersisa untuk mengikuti pola karton.
  7. Ambil 1 lembar karton bermotif, beri lem lebih banyak pada permukaan karton dan tempelkan 6 lembar selotip (sisihkan 1 karton bermotif lainnya).
  8. Ambil tali rami kepang putih dan tempelkan ke dasar toples untuk dekorasi.
  9. Sekarang buat tutup toples dengan karton. Ambil kotak dan bentuk persegi panjang (lebar sekitar 3-5 cm, panjang bisa disesuaikan).
  10. Tutupi seluruh permukaan karton dengan kain goni, ambil karton bermotif yang Anda sisihkan dan rekatkan karton tersebut ke semua sisi karton.

Selain tali rami, ada jenis tali lainnya. Yaitu tali sabut kelapa, yang dapat dibuat dengan dua cara. Cara pertama tali ini dapat dibuat secara manual menggunakan tangan. Cara kedua, tali ini dapat dibuat menggunakan mesin pemintal tali sabut kelapa, tentunya dengan menggunakan mesin ini akan menghasilkan tali yang berkualitas.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana Cara Membuat Kerajinan Dari Tali Rami. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.