Khat atau  gaya tulisan dalam seni menulis indah (kaligrafi) saat ini sudah semakin berkembang bentuknya. Ada yang sederhana dan mudah dibaca, tapi ada juga yang rumit dan lebih mementingkan pesona estetikanya. Salah satunya, perkembangan dari khat ini bisa dilihat pada kerajinan yang dihasilkan pengrajin di pusat kerajinan kaligrafi tembaga Cepogo.

Cepogo yang merupakan pusat bagi berkembangnya kreativitas pengrajin ulung semakin dikenal sebagai sentra kerajinan tembaga. Berbagai macam kerajinan berbahan logam tembaga lahir dari tangan kreatif pengrajin Cepogo.  Seperti contohnya adalah berkembangnya beraneka macam lukisan kaligrafi berbahan tembaga yang menggunakan banyak khat mempesona.

Aneka Pesona Khat Kaligrafi Tembaga Cepogo

Beraneka macam khat yang dihadirkan pengrajin di pusat kerajinan kaligrafi tembaga Cepogo sangat mempesona dengan keindahan detailnya. Terutama hal ini karena khat-khat kaligrafi yang dikreasikan secara manual handmade, disesuaikan dengan daya imajinasi pengrajin. Maka kemudian terciptalah kreasi kaligrafi mempesona yang memiliki ragam gaya seperti berikut ini:

1. Ragam Khat Klasik

Lazimnya, jenis khat klasik yang digunakan pada kreasi pertama ini adalah khat dasar yang digunakan pada penulisan Al Quran. Cirinya, kreasi tembaga yang dihasilkan memiliki bentuk-bentuk seperti lingkaran, persegi, yang dilengkapi dengan hiasan tembaga. Bentuk kaligrafi tembaga ini biasanya masih mudah untuk dibaca tulisannya.

2. Gaya Kontemporer

Sedangkan, pada kaligrafi Cepogo yang bergaya kontemporer maka yang diutamakan adalah bentuk estetika dari kaligrafi itu sendiri. Umumnya dikenali dengan bentuknya yang artistik dan cenderung rumit dari segi desainnya. Khat atau tulisan pada kaligrafi tembaga Cepogo ini kadang sedikit lebih susah untuk dibaca karena kerumitannya.

Rekomendasi Jasa Pengrajin Khat Kaligrafi Cepogo

Sekarang ini, Cepogo, Boyolali telah berubah menjadi pusat jasa kerajinan pengolahan tembaga terlengkap layaknya Rumah Tembaga. Ini karena di Cepogo, para pengrajin  diberdayakan untuk menekuni aktivitas pengolahan logam tembaga. Hasilnya, pengrajin ahli dari Cepogo menciptakan produk unggulan layaknya kaligrafi tembaga yang kian diminati.

Minat masyarakat akan produk yang dihasilkan para pengrajin dari pusat kerajinan kaligrafi tembaga Cepogo menyiratkan akan kualitas. Yakni kualitas dari segi produk kerajinan, serta kualitas layanan yang memuaskan. Kedua layanan istimewa ini, tentunya hanya bisa didapatkan dengan cara mengunjungi pusat kerajinan Cepogo sesegera mungkin!.