Ngompol bagi anak itu normal. Meskipun begitu, tidak seharusnya orang tua membiarkannya. Anda sebaiknya memberikan pelatihan sejak dini agar anak tidak ngompol hingga usianya bertambah dewasa.

Diketahui bahwa kondisi ini bisa dicurigai ketika kondisinya masih sering terjadi saat usianya lebih dari 5 tahun. Kecurigaannya berkaitan langsung pada gangguan kesehatan. Contohnya ialah gangguan kandung kemih.

Gangguan seperti ini sebaiknya diperiksakan. Biarkan dokter yang memberikan penanganan. Karena, dokter yang memahami bagaimana cara mengatasinya.

Sementara jika tidak terjadi masalah, Anda bisa mulai melatih anak agar tidak ngompol di celana mau pun di Kasur. Nah, bagaimana praktiknya? Berikut ini tips yang bisa Anda andalkan.

baca juga: cuci sofa bandung

Kenali Frekuensi Buang Air Kecil

Normalnya, anak akan buang air kecil sekitar 4-7 kali sehari semalam. Dan, setiap anak tentu berbeda frekuensinya.

Anda hanya perlu mencermatinya. Tujuannya untuk memastikan bahwa kebiasaannya sudah terpenuhi di tiap harinya.

Ketika belum terpenuhi, Anda bisa mengantisipasinya. Misalnya dengan memanfaatkan popok. Atau, Anda bisa membangunkannya sewaktu anak istirahat pada jam-jam tertentu.

Tetapi, usahakan agar tidak mengganggu kualitas tidurnya. Alasannya, istirahat anak sangatlah penting. Karena, ini berkaitan langsung dengan tumbuh kembangnya di masa kanak-kanak.

Jadwalkan Pemberian Minum

Salah satu strategi yang layak dicoba agar anak tidak ngompol ialah menjadwalkan minum pada anak. Pengaturannya ternyata sangat penting. Tujuannya jelas, membuat anak tidak pipis saat istirahat.

Seperti apa jadwalnya? Intensitas pemberian minum yang lebih banyak sebaiknya dilakukan pada siang hari. Pasalnya, aktivitas anak cukup besar sehingga banyak kehilangan cairan.

Cairan ini akan membuatnya lebih segar dan bertenaga. Pastinya, cocok untuk menghidrasinya agar tetap aktif.

Sebaliknya, kurangi memberi minum pada malam hari. Terutama menjelang tidur. Karena, anak masih kesulitan dalam mengontrol atau menahan keinginan buang air kecil selama tidur.

baca juga: cuci springbed bandung

Biasakan Anak Pergi Ke Toilet Menjelang Tidur

Upaya lain yang bisa ditempuh dalam menghentikan kebiasaan ngompol ialah meminta anak pergi ke toilet. Khususnya ketika anak akan tidur di malam hari.

Di kamar mandi, anak bisa mengerjakan berbagai hal. Di antaranya adalah cuci tangan, gosok gigi, hingga buang air.

Kebiasaan ini memungkinkan kandung kemih mengalami kekosongan. Kosongnya ruang ini membuat anak tidak mengompol.

Ajari Anak Buang Air ke Toilet

Bukan hanya waktu tidur saja anak akan pipis. Tetapi, anak bisa buang air kecil sewaktu beraktivitas. Hal ini disebabkan oleh belum memahami tentang apa yang seharusnya dilakukan.

Sebagai orang tua, Anda perlu mengajarinya. Ajarkan untuk pergi ke toilet ketika ingin pipis. Pengajaran ini sebaiknya dilakukan dengan bahasa yang halus.

Sebaliknya, hindari memarahi anak. Karena, kemarahan hanya membuat anak tidak menurut. Makanya, anak akan terus melakukannya meskipun sering dimarahi.

Kesimpulannya, ajari kebiasaan baik pada anak. Lantas, dukung dengan memberikan minuman pada waktu yang tepat. Dengan cara demikian, Anda akan sukses menerapkan cara agar anak tidak ngompol.