Goa Jomblang merupakan Salah satu wisata minat khusus yang menarik untuk di eksplore keindahan nya. Goa yang berada di kawasan perbukitan karst gunung kidul ini merupakan salah satu goa alami yang ada di kawasan tersebut.Selain Goa Jomblang, Terdapat sekitar 500 goa alami yang tersebar di berbagai wilayah gunung kidul.

Untuk mengeksplore keindahan Goa Jomblang ini, anda diwajibkan sudah menguasai teknik Single Rope Technique (SRT), untuk masuk ke dalam goa ini, sebab Goa Jomblang ini mempunyai mulut goa vertikal dengan jarak antara bibir goa dengan dasarnya sekitar 80 meter.

Akses Masuk Goa Jomblang

Ada 4 jalur yang bisa dilewati untuk mengexplore goa jomblang ini. Jalur yang paling mudah disebut dengan jalur VIP, jualur VIP ini 15 meter pertama akan melewati jalanan terjal namun masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Setelah itu, perlatan SRT yang lengkap baru digunakan karena sisa 20 meter harus ditempuh dengan teknik Single Rope.

Sementara untuk tiga jalur masuk yang lain medan yang ditempuh lebih sulit lagi karena dari awal sudah harus menggunakan teknik SRT dengan ketinggian yang berbeda-beda. Jalur A dengan ketinggian 80m, jalur B dengan ketinggian 60m dan jalur C dengan ketinggian 40m.

Sejarah Kelam Goa Jomblang

Siapa yang mengira bahwa goa yang indah ini ternyata menyimpan sejarah yang kelam. Dulu pada era tahun 1970 sampai tahun 1980 an, goa ini digunakan sebagai lokasi untuk pembunuhan masal bagi anggota PKI. Diperkirakan ratusan anggota PKI tersebut meninggal di goa jomblang tersebut.

Keindahan Goa Jomblang

Buat anda yang belum terbiasa menggunakan teknik SRT, perjalanan untuk mencapai dasar doa akan terasa sangat melelahkan. Ditambah dengan cerita-cerita mistis yang menyelimutinya pasti akan membuat gentar anda untuk memasuki goa ini, namun semua itu akan terbayarkan lunas ketika anda berhasil masuk sampai ke dasar goa.

Di dasar goa ini anda akan menemukan beberapa tumbuhan yang tumbuh subur, selanjutnya anda akan dibawa menyusuri lorong yang tembus dengan goa vertikal lainnya menuju goa grubug. Lorong sepanjang 500 meter ini akan membawa anda lokasi goa grubug, anda harus berhati-hati karena jalannya yang licin.

Baca Juga : Catering Semarang Murah Hanya Di Dapur Pepak Food

Setelah sampai di ujung lorong, anda akan dihadapkan pada dua stalagnit besar berwarna hijau kecoklatan di tengah dasar goa grubug. Keindahan alam yang tiada terkira bila anda sampai di dasar goa Grubug ini tepat pada saat matahari bersinar dengan terangnya yakni sekitar pukul 12.00 sampai pukul 13.00.

Pemandangan eksotis sinar matahari menerobos masuk sampai ke dasar goa yang menyentuh stalagtit dan stalagmit alami menghasilkan pemandangan yang luar biasa ” cahaya dari surga” para penjelajah menyebutnya.

Terdapat aliran sungai yang berasal dari kalisuci di sebelah utara stalagmit besar tersebut. Pada saat musim kemarau, penjelajah goa bisa mencoba untuk menyusuri jalur tersebut dengan perahu karet, namun jika pada musim penghujan tidak diperbolehkan karena arusnya sangat deras dan berbahaya.

Lokasi Goa Jomblang

Gua Jomblang ini berada di Desa Jetis Wetan, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang berjarak 10 km dari kota Wonosari.

Bagaimana, anda tertarik untuk mengeksplore keindahan goa ini? Yuk pilih paket wisata jogja pilihanmu bersama jpswisata.com