Sudah jadi rahasia umum, banyak pegawai tak suka memakai seragam kerja gara-gara jadi seperti anak sekolah, Tapi memang kudu atau tidak, sih, perusahaan menerapkan ketentuan seragam?

Ada empat alasan mengapa sejumlah perusahaan menerapkan kebijakan bagi seluruh pegawainya untuk mengenakan seragam:

 

– Kesetaraan

Seragam berikan “efek” kesetaraan baik kayawan level bawah maupun yang berlevel lebih tinggi gara-gara seluruh memakai baju yang sama. Kita pun jadi tak bisa “judge a book by its cover” gara-gara seluruh karyawan terlihat setara, tak ada yang memakai baju kumal atau baju desainer ternama. Ini juga sebabkan karyawan lebih respek terhadap sesamanya, terutama karyawan lain yang tak dikenal, gara-gara kami tak dulu paham mana yang memang bos.

 

– Strategi Pemersatu

That’s right! pegawai bersama baju seragam secara tidak langsung bakal jadi satu dan jadi punya kesamaan bersama pegawai yang lain. Hal ini bakal menyebabkan kekompakan dan kerja sama tim yang kuat. Pakaian seragam juga membangun semangat kerja dan rasa punya terhadap perusahaan tersebut.

 

– Memperkuat Imej Perusahaan

Tak dipungkiri, salah satu yang inginkan ditunaikan oleh sebuah perusahaan adalah memperkuat “brand” perusahaan mereka supaya lebih terkenal.

Dengan seragam kerja tangerang yang dikenakan pegawainya, secara tidak langsung perusahaan bisa beriklan gratis. Misalnya saja logo atau produk perusahaan yang diletakkan di seragam pegawai bisa jadi bagian berasal dari mempromosikan perusahaan tersebut.

 

– Mengontrol Perilaku Pegawai

Seragam bisa juga jadi alat kontrol bagi karyawannya baik terhadap sementara bekerja di lapangan atau di luar perusahaan. Dengan berseragam, seorang karyawan bakal berkomitmen untuk memelihara nama baik perusahaannya dan hati-hati didalam melakukan tindakan tanduk, terutama sementara mereka berada di luar kantor.

Nah, ke empat alasan tadi memang bakal untungkan perusahaan belaka. Bagaimana bersama pegawai itu sendiri? Apakah mengunakan seragam untungkan mereka?

1. Menghemat

Pakaian seragam justru sebabkan Anda lebih hemat. Anda toh tidak kudu putar otak untuk membeli baju kerja baru setiap bulan. Cukup memakai seragam kantor Anda sudah bisa melenggang pergi. Dari terhadap membeli baju kerja, bukannya lebih baik uangnya Anda memanfaatkan untuk keperluan lain atau ditabung?

 

2. Bisa Trendi Juga, Kok

Jangan Anda pikir berseragam bermakna tipe baju kerja Anda bakal monoton. Banyak kok pegawai yang kreatif didalam mengunakan seragamnya. Misalnya memadukannya bersama scarf, shawl, atau aksesories lainnya.

Model seragam juga berbagai ragam. Ada yang “ngepas” bersama tubuh atau gombrong membuat yang memakai jilbab. Jadi Anda bisa memadukannya sekreatif kemungkinan supaya bisa tampil keren.

3. menjauhkan “Perang” Fashion di Kantor

Tampil di kantor kerap kali jadi ajang pamer baju untuk pegawainya. Yang punya gaji lebih besar pasti saja bisa membeli baju bermerek atau didesain oleh perancang terkenal. Nah, bagaimana bersama mereka yang bergaji pas-pasan? Kecemburuan sosial bisa saja terjadi.

Yang pasti, berseragam di kantor bakal menghindari Anda ikut-ikutan perang fashion di kantor. Tentu lebih asyik bersama kawan kantor yang memakai pakaian apa ada dan jadi senasib seperjuangan.

 

4. Menciptakan Kebanggaan

Ternyata berseragam juga bisa menciptakan kebanggaan, terutama jikalau perusahaan tempat mereka bekerja adalah perusahaan yang bonafid. Tak pelak pemakainya bakal jadi bangga, lebih-lebih kecuali tidak seluruh orang bisa masuk bersama enteng ke perusahaan itu.