Tujuh berita – ekonomi bisnis sejak pagi hingga malam ini di mulai berasal dari kerugian bisnis PT KAI yang menjadi percakapan hangat di jagad twitter, usulan opsi likuidasi Garuda yang terjebak pinjaman Rp 70 triliun dan rancangan Erick Thohir yang bakal memanggil Ahok soal Rekind.

Selain itu ada kabar berkenaan Hutama Karya yang bakal mengajukan PMN 9 ruas jalur tol trans Sumatera dan Kripto yang bisa dibeli bersama dana nganggur seharga Rp 5.000. Berikut lima berita terkini:

 

1. Rugi Rp 303,4 Miliar, KAI Jadi Perbincangan Hangat di Twitter

Kabar suasana keuangan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI yang merugi hingga Rp 303,4 miliar menjadi percakapan hangat di sarana sosial Twitter.

Kata kunci PT KAI menjadi pencarian teratas. Warganet beramai-ramai menautkan kata berikut dalam cuitannya. Ada yang prihatin ada pula yang mengkritik perseroan berikut mulai berasal dari pemimpin hingga pelayanannya.

“Di tangan Said Aqil Siraj sebagai Komisaris, PT KAI Mengalami Kerugian Mencapai Rp315 Milyar,” tulis keliru satu warga net di Twitter.

Sementara itu akun lainnya menyalahkan KAI karena terlalu berlebih melayani masyarakat di tengah keterbatasan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

 

2. Pemerintah Diminta Selamatkan Garuda, La Nyalla: Likuidasi Jalan Terakhir

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti berharap pemerintah menolong masalah keuangan yang tengah dihadapi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang terjebak pinjaman hingga Rp70 triliun.
“Pandemi COVID-19 sebetulnya menambahkan efek yang terlalu besar bagi industri penerbangan, tidak kalau bersama maskapai nasional karena pandemi memicu pergerakan menjadi terbatas,” kata Ketua DPD RI La Nyalla .

Kondisi yang dialami Garuda, bakal berdampak pada ribuan pegawainya terhitung pilot dan kru pesawat. Menurut La Nyalla ada sejumlah skema untuk menyelamatkan Garuda.

 

 

3. Erick Thohir Akan Panggil Ahok Cs dan Direksi Pertamina Soal Rekind

Menteri BUMN Erick Thohir bakal memanggil Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok beserta komisaris Pertamina lainnya dan direksi Pertamina mengenai rancangan sinergi BUMN PT Rekayasa Industri (Rekind) ke perusahaan migas pelat merah tersebut.

Erick mengatakan pemanggilan itu untuk menggali Info lebih lanjut mengingat rancangan sinergi berikut telah ditetapkan sejak 2018 dan hingga kala ini belum ada pertumbuhan terbaru.

“Beri saya kala barangkali cobalah satu bulan ini kita bakal memanggil direksi dan komisaris Pertamina, apakah mereka bisa bakal jalankan program yang telah diberikan pada kala itu (tahun 2018) menjadi bukan di zaman saya,” ujar dia dalam Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI di Jakarta, Kamis.

4. Hutama Karya Akan Ajukan Lagi PMN 9 Ruas Tol Trans Sumatera

PT Hutama Karya (Persero) bakal lagi mengusulkan penanaman modal negara kepada pemerintah untuk menolong konstruksi dan pengoperasian jalur tol Trans Sumatera (JTTS).

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan pihaknya telah memperoleh penanaman modal negara (PMN) pada th. ini senilai Rp 6,2 triliun untuk tiga ruas jalur tol di jalur tol Trans Sumatera.

Adapun pengajuan PMN kedua bakal bertujuan untuk konstruksi maupun pengoperasian setidaknya pada sembilan ruas di jalur tol Trans Sumatera.

“Untuk nilai PMN yang diajukan kala ini tetap dalam sistem pembahasan internal perusahaan supaya belum terkandung angka formal yang bisa dikeluarkan,” katanya, Kamis, 3 Juni 2021.

Tjahjo menyampaikan bahwa PMN yang bakal diajukan berikut bakal digunakan untuk dua kegiatan, yaitu pengoperasian dan konstruksi. Akan ada tiga ruas yang bakal memperoleh faedah PMN berikut dalam kesibukan konstruksi, yaitu jalur tol Medan—Binjai, Palembang—Indralaya, dan Pekanbaru—Dumai.

 

5. Kripto Bitcoin Cs Bisa Dibeli Rp 5.000, Konsumen Diimbau Pakai Dana Nganggur

Platform investasi Treasury.id meluncurkan fasilitas menjual beli aset kripto layaknya Bitcoin dan Ethereum. Konsumen bisa berinvestasi pada aset ini mulai berasal dari Rp 5.000.

Platform ini bekerja sama bersama keliru satu platform kripto terbesar di Indonesia, Tokocrypto, yang miliki izin Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Co-Founder & CEO Treasury Dian Supolo mengungkapkan, fasilitas menjual beli aset kripto tawarkan lima style pilihan koin. Kelimanya adalah Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Binance Coin (BNB), Tether (USDT), dan Toko Token (TKO).

“Kami tidak menutup barangkali untuk terhubung fasilitas menjual beli pada style aset kripto lainnya. Treasury tetap terus membahas potensi berasal dari masing-masing token,” katanya .