Otak-otak udang menjadi salah satu camilan yang sering sekali dibuat untuk camilan karena rasa gurih dan enak. Tidak hanya bisa dipanggang atau direbus, namun proses pengolahan otak-otak udang juga dapat digoreng. Penasaran dengan resep otak otak udang goreng .

Otak-otak merupakan salah satu jajanan sederhana dan murah yang banyak digemari semua orang. Biasanya, otak-otak ini dibuat dengan bahan utama ikan, seperti ikan tenggiri.

Otak-otak udang goreng dapat menjadi menu camilan ketika sedang berkumpul bersama keluarga di rumah. Tidak hanya renyah, namun menu ini tak kalah enak dengan otak-otak yang terbuat dari daging ikan tenggiri. Produk mesin vacum sealer yang ajib

Penasaran dengan resep dan cara membuat otak-otak udang goreng? Tak perlu khawatir karena kali ini telah merangkumnya secara detail.

Catat agar bisa diterapkan sendiri di rumah yuk, Teman!

Resep Otak Otak Udang Goreng

Waktu memasak:

35 menit

Porsi:

2-4 orang

Bahan-bahan:

  • 250 gram udang kupas kulitnya
  • 1 butir telur
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 100 gram sagu tani/tapioka
  • Garam
  • Gula
  • Lada
  • Air es untuk merendam otak-otak
  • Air untuk merebus
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat: 

  1. Blender udang, bawang merah, bawang putih, telur, garam, gula, lada hingga lembut. Sisihkan.
  2. Campurkan tepung tapioka atau sagu tani dengan daun bawang dan adonan udang, uleni dengan tangan hingga kalis.
  3. Ambil sedikit adonan, gulung di tangan hingga melinting pada kedua ujungnya.
  4. Rebus adonan otak-otak pada air mendidih hingga otak-otak mengapung, angkat dan rendam pada air es. Tiriskan.
  5. Goreng otak-otak udang pada minyak panas hingga kuning kecoklatan. Otak-otak udang goreng siap disajikan.

Itulah resep dan cara membuat otak-otak udang yang bisa menjadi alternatif saat ingin mengolah sesuatu di dapur. Menu ini juga bisa menjadi camilan keluarga saat sedang berkumpul. Simak resep ayam tepung

Mengkonsumsi Udang Berlebihan

Mengkonsumsi Udang Berlebihan

Walaupun memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh, tidak baik rasanya jika Anda mengonsumsi udang banyak-banyak. Ada berbagai faktor risiko mengonsumsi udang berlebihan, terutama jika Anda mengidap masalah kesehatan seperti di bawah ini.

1. Menaikkan kadar kolesterol tubuh

Udang memiliki kandungan protein baik untuk tubuh. Namun, makan udang berisiko pada beberapa kalangan karena mengandung kadar kolesterol yang tinggi.

Jika Anda mengonsumsi 3,5 ons — atau sekitar 99 gram — udang dalam sekali makan, bisa memasok sekitar 200 miligram total kolesterol untuk tubuh. Padahal, U.S Department of Agriculture menyarankan tidak lebih dari 300 mg total kolesterol per hari bagi orang dalam kondisi sehat.

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, angka ini mungkin sudah melebihi jatah asupan kolesterol untuk sehari penuh. Konsultasikan dengan dokter Anda terkait batas konsumsi kolesterol harian.

2. Meningkatkan risiko kanker payudara

Udang yang Anda konsumsi bisa saja merupakan produk ekspor yang melalui proses pengiriman, sehingga perlu menggunakan bahan pengawet tertentu. Bahan pengawet bernama 4-heksilresorsinol adalah zat aditif yang biasa digunakan untuk mencegah perubahan warna pada udang.

3. Memicu tekanan darah tinggi

Udang adalah salah satu sumber makanan yang mengandung natrium cukup tinggi. Dalam 100 gram udang mengandung 180-200 miligram natrium. Sebagai perbandingan, satu sendok teh garam mengandung 2.000 miligram natrium.

Jika Anda menambahkan garam dalam menu udang sebaiknya lebih berhati-hati. Hal ini karena sedikit saja tambahan natrium bisa membuat Anda melewati batas yang dianjurkan setiap hari. Mengonsumsi natrium terlalu banyak bisa meningkatkan risiko Anda mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, dan osteoporosis.

Demikian informasi singkat mengenai resep otak otak udang goreng yang perlu Anda ketahui, karena ini merupakan langkah awal Anda dalam memulai, dan semoga ini bisa menjadi referensi untuk Anda. Terima kasih