biasanya berbagai perusahaan mulai berbondong-bondong untuk melakukan renovasi atau move over penampilan ruang kantor agar terlihat fresh dan semakin terlihat menawan.

Nah, untuk Anda yang berniat untuk merenovasi kantor atau hanya sekedar memperbaharui penampilannya, berikut ini beberapa inspirasi tren ruang kantor tahun 2017.

 

TANPA RUANG PRIBADI

blog-picture-1

Image: arnoldsofficefurniture.com

Kalau dulu, ruang kantor biasanya sengaja terdiri dari ruangan-ruangan atau kubikal yang memisahkan antara meja setiap karyawan. Namun sekarang, trend ruang kantor tahun 2017 ini adalah meja a la coworking space yang mengedepankan keterbukaan. Jadi, bukannya menggunakan meja terpisah setiap karyawan, trend ruang kantor tahun 2017 ini justru malah menggunakan satu meja panjang untuk menjadi ruang kerja setiap karyawannya. Jadi, setiap karyawan bisa bekerja bersampingan yang lebih memudahkan mereka untuk berkomunikasi dan langsung berdiskusi.

 

MEJA TINGGI

a6418fb22a6da23627ee67339800646f

Image: pinterest.com

Selain meja kerja, berbagai ruang kantor sekarang juga sudah menyediakan meja tinggi untuk ganti suasana bekerja. Meja tinggi ini bisa ditemukan seperti meja bar yang dipadukan dengan kursi bar yang juga tinggi. Meja tinggi ini biasanya diletakan di bagian ujung atau pojokan kantor untuk mencari suasana atau hanya sekedar mencari ketenangan untuk berkonsentrasi.

Selain berganti suasana, meja tinggi ini juga sangat berguna untuk menjadi alternatif cara mengurangi waktu duduk yang terlalu lama. Pasalnya, terlalu lama duduk dapat memancing beberapa penyakit yang berbahaya terhadap kesehatan, mulai dari kolesterol, obesitas, diabetes, bahkan penyakit serius lainnya. Makanya, sebagai cara menghindari hal tersebut, berbagai perusahaan kini sudah mulai memberikan fasilitas meja tinggi sebagai penghias ruangan yang ternyata juga sangat bermanfaat bagi karyawannya. Dengan bekerja di meja tinggi ini, Anda pun bisa tetap nyaman bekerja tanpa harus duduk di kursi.

 

BERIKAN PEMANDANGAN LUAR

Office_05_large

Image: cgarchitect.com

Rasanya sudah tidak zaman lagi menggunakan tembok tinggi dan serba tertutup untuk ruang kerja. Sekarang, justru ruangan terbuka yang menjadi trend ruangan kantor masa kini yang sangat berguna. Sekarang ini, terutama kantor dengan karyawan yang sebagian besar merupakan generasi milenial lebih menyukai dan juga lebih betah dengan ruangan yang terbuka dan memberikan pemandangan luar. Terlebih lagi untuk Anda yang menggunakan ruang kantor di lantai atas, bekerja sambil melihat pemandangan gedung-gedung kota bahkan melihat matahari terbenam merupakan trend ruang kantor di tahun 2017 ini. Dijamin, sang karyawan pasti akan menjadi lebih betah dan bertahan lama di kantor Anda.

 

KANTOR OUTDOOR

rooftopworkplace

Image: shedworking.co.uk

Untuk Anda yang menyewa ruang kantor di ruko atau menyewa ruang kantor di lantai dasar, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan keindahan alam sebagai fasilitas dan daya tarik terhadap karyawan Anda. Dengan memberikan space outdoor untuk mencari inspirasi atau sekedar makan siang bersama, kantor outdoor ini pasalnya merupakan idaman para generasi milenial. Kalau Anda memutuskan untuk merapihkan dan menata ulang kembali ruangan outdoor di kantor Anda, jangan lupa rawat dan buatlah pula taman-taman kecil atau pepohonan agar suasana kantor menjadi lebih sejuk.

 

TEMA BERBEDA DI SETIAP RUANGAN

coworking-office-china-fountown-nature-oxygen-cell-2

Image: sewa kantor sudirman

Agar karyawan di kantor Anda tidak pernah bosan berada di kantor dan selalu merasa seperti berada di rumah, pastinya Anda juga harus menawarkan suatu hal yang berbeda, menarik dan juga selalu baru untuk mereka. Salah satu desain ruang kantor yang menjadi trend adalah tema yang berbeda di setiap ruangan. Biasanya, ruang meeting didesain dengan serupa di setiap ruang meeting kantor.

Nah, untuk desain ruang kantor yang kekinian, Anda bisa merenovasi beberapa ruangan dengan desain dan konsep yang berbeda-beda agar tidak ada yang merasa bosan. Misalnya, Anda bisa merenovasi ruang meeting dengan beberapa konsep, yaitu minimalis, colorful, dan bahkan artistik. Untuk ruang makan atau ruang bermain, mungkin bisa Anda dekorasi dengan berbagai permainan indoor seperti billiard dan juga dekorasi bean bag dan sofa-sofa untuk bersantai.

 

DESAIN MINIMALIS

White-Interior-Minimalist-Office-Design

Image: designtrends.com

Kalau sebelumnya trend mendekorasi ruang kantor dengan berbagai furnitur atau perlengkapan mewah seperti lampu gantung, bangku sandar a la bos dan juga perlengkapan lainnya yang terlihat fancy, trend desain ruang kantor masa kini justru berkebalikan. Anda tak perlu menghabiskan banyak budget untuk membeli berbagai furnitur dan dekorasi, namun Anda bisa menyiman budget tersebut untuk berbagai fasilitas yang menyenangkan seperti permainan, sofa-sofa untuk bersandar dan juga dekorasi interior untuk setiap ruangan dengan konsep yang berbeda-beda.

Dengan desain minimalis, setiap karyawan pun juga merasa lebih nyaman dan merasakan kantor yang bernuansa seperti di rumah.

 

SEDIAKAN RUANG TAMU YANG NYAMAN

2015-08-10-1439247912-8866690-LSWeWork-thumb

Image: huffingtonpost.com

Ruang tamu memang digunakan untuk pihak luar yang datang berkunjung ke kantor. Namun, di luar waktu tersebut, ruang tamu digunakan sebagai waktu bersosialisasi dan juga mendekatkan diri dari setiap karyawan agar terdiri solidaritas yang kuat. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk membuat ruang tamu yang nyaman yang terdiri dari berbagai sofa empuk yang dilengkapi dengan bantal dan juga sandaran yang nyaman untuk mencari inspirasi dan juga berdiskusi.

 

ADAKAN RUANG BACA

7l1

Image: sfgirlbybay.com

Beberapa perusahaan kini sudah sadar akan pentingnya membaca bagi karyawannya. Oleh karena itu, tidak hanya menghimbau setiap karyawannya untuk lebih giat membaca, namun berbagai perusahaan juga sudah mulai sadar dan melakukan pendekatan dengan membuat ruang baca yang dilengkapi dengan berbagai buku-buku yang sangat berguna dan berhubungan dengan setiap divisi di perusahaan tersebut. Ruang baca ini memang membutuhkan budget yang besar, namun Anda bisa menabungnya pelan-pelan dan dimulai dari membeli buku-buku bekas yang masih layak pakai dan juga sangat berguna untuk karyawan di kantor Anda.

 

RUANG MEETING KACA

HAW-Conf-003-1067x650-cropped

Image: systemcenter.com

Untuk Anda yang ingin mendekorasi ruang meeting di kantor, ruang meeting kaca juga dapat menjadi inspirasi ruang meeting yang kekinian untuk diaplikasikan di kantor Anda. Tak perlu khawatir, saat Anda membutuhkan pertemuan penting dan rahasia, Anda bisa memasangkan gordyn di setiap sisi ruangan yang bisa Anda buka dan tutup setiap kali Anda membutuhkannya. Namun, saat sedang melakukan diskusi kasual, ruang meeting kaca ini pasti akan membuat ruangan Anda tampak lebih lega dan juga minimalis.