Tinggal di negara yang rawan gempa memang akan buat jantung Anda berdebar tiap kali menyaksikan berita gempa di area tertentu. Terlebih  Anda menghuni tempat tinggal lama yang pondasi dan susunan bangunannya tidak cukup kuat atau tidak cukup memada. Rumah anti gempa bisa menjadi solusi.

Sebenarnya, selain memperkuat susunan bangunan dan kuda-kuda rumah, Anda bisa pertimbangkan tempat tinggal anti gempa lainnya berbentuk tempat tinggal berasal dari kontainer.

Sewa Office Container yang kerap Anda menyaksikan di pelabuhan ini mulai diperjualbelikan sebagai bahan pembentuk tempat tinggal lebih dari satu tahun terakhir. Selain bisa menjadi tempat tinggal anti gempa, tempat tinggal kontainer merupakan alternatif paling baik untuk krisis keperluan “papan” di era depan.

Indonesia kemungkinan masih punya banyak lahan untuk area tinggal, tapi bagaimana dengan bahan baku dan biayanya? Rumah kontainer terhitung bisa memangkas ongkos yang dibutuhkan untuk harga bangunan dan jasa kontraktor.

Meski berasal dari kontainer besi yang sepertinya tidak cukup menarik berasal dari segi estetika, jangan segera disepelekan. Jika pandai merancangnya, tempat tinggal anti gempa berasal dari kontainer pun akan keluar cantik. Lihat saja gagasan desainnya yaitu sebagai berikut!

 

Rumah anti gempa untuk yang menyukai kelapangan

Rumah ini punya empat kamar tidur, dua kamar mandi, dan juga ruang sedang yang amat lapang.Yang membuat tempat tinggal anti gempa ini keren adalah atapnya yang seperti hanggar pesawat, sedangkan kontainernya hanya ditumpuk di samping kiri dan kanannya. Karena itulah, ruang sedang punya langit-langit tinggi yang memberi kesan luas.

Rumah anti gempa dengan curah cahaya yang maksimal

Jika dikreasikan, kontainer pun bisa keluar manis. Rumah anti gempa ini pakai delapan kontainer pada bidang kira-kira 400 meter persegi. Karena dambakan memaksimalkan sirkulasi udara yang baik, arsiteknya pakai banyak jendela dan pintu kaca yang besar.

Hal ini terhitung mendukung pencahayaan yang amat tinggi. Dengan begitu, penghuninya pun bisa menghemat listrik harian.

Penggunaan kontainer sebagai tempat tinggal pun tidak harus kaku. Ketimbang mengaturnya secara bertumpuk saja atau meletakkannya dengan memanjang, Anda bisa menyusunnya didalam bermacam bentuk. Anda bahkan bisa beri tambahan beranda berasal dari kayu sebagai pemanis.

Rumah anti gempa untuk lahan mungil

Tak perlu lahan yang luas, Anda terhitung bisa membangun tempat tinggal anti gempa dengan desain moderen pada lahan yang sempit, seperti dilansir berasal dari Sun Dog Structures ini. Pengaturannya pun cenderung mudah, sebab Anda tinggal menyusunnya memanjang ke belakang dan menumpuknya lagi sehingga bisa dijadikan tingkat.

Rumah kontainer ini bahkan punya dua kamar tidur, dapur dan ruang semi-publik yang luas, sampai balkon di tingkat atas. Agar tak terkesan amat “besi”, Anda bisa mengecatnya dengan bermacam warna dan beri tambahan elemen kayu sebagai aksen.

Percayakah Anda terkecuali tempat tinggal anti gempa ini memang terbuat berasal dari kontainer? Jika tidak melihatnya secara segera untuk meyakinkan tekstur eksterior bangunannya, Anda kemungkinan akan beranggap ini tempat tinggal yang pakai bahan bangunan biasa seperti tempat tinggal lainnya.

Panel kayu yang dipasang mencukupi salah satu dinding eksterior pada tingkat atasnya membuat tempat tinggal kontainer ini mulai hangat dan memberi kesan “rumahan”.

Terlebih lagi, panel kayu pada lebih dari satu segi lainnya membuat tempat tinggal anti gempa ini keluar lebih mewah, sebab tidak didominasi dengan penampakan besi. Desain yang dilansir berasal dari Freshome ini inspiratif sekali, kan?

 

Rumah anti gempa di bilangan Bekasi

Kata siapa tempat tinggal anti gempa berasal dari kontainer hanya akan menjadi teori terkecuali diterapkan di Indonesia? Buktinya, Anda bisa menemukan tempat tinggal anti gempa keren berasal dari kontainer di Jatiasih, Bekasi!

Dibangun di atas area 155 meter persegi, tempat tinggal ini menampung keluarga dengan dua anak. Di dalamnya, Anda bisa menemukan bermacam ruangan yang masih menyisakan kesan lapang meski ruangannya terkesan dikotak-kotakkan.Rumah anti gempa dengan tumpukan 21 kontainer

Jika pada mulanya Anda hanya menyaksikan desain tempat tinggal anti gempa yang dibangun dengan sejumlah kontainer, maka lain pula dengan desain tempat tinggal yang ini.

Dibangun di Brooklyn yang terhitung area perkotaan yang padat, penampakan eksterior tempat tinggal ini sengaja dibuat simpel dan tidak mencolok. Sebaliknya, desainnya yang seolah merupakan potongan jajar genjang yang menarik perhatian.

Di dalamnya, Anda terhitung akan menemukan bermacam ruang lapang untuk bermacam kebutuhan. Kolam renang pun terhitung tersedia didalam tempat tinggal ini!

 

Rumah anti gempa dengan rancang ruang memanjang

Rumah yang dibangun hanya dengan tiga kontainer ini punya rancang ruang yang sederhana, yaotu memanjang ke belakang. Agar tak terkesan boxy, pemiliknya pilih kontainer yang lebih tinggi untuk di letakkan di tengah.

Hal ini terhitung membuat kesibukan di ruang sedang terhitung tak mulai sesak. Untuk menyamarkan kesan besinya, tempat tinggal ini membalut anggota luarnya dengan elemen kayu.

 

Rumah anti gempa berselimut kayu

Tak akan tersedia yang mulai seperti tinggal di boks kontainer terkecuali sudah datang ke tempat tinggal anti gempa ini. Bagian luarnya amat berselimutkan kayu, dengan kayu yang dicat putih pada anggota depan dan kayu alami di anggota belakang.