Berwisata secara virtual semakin marak di masa pandemi. Konsep ini merupakan alternatif jalan-jalan di tengah pergerakan masyarakat yang terbatas. Meski merupakan solusi jangka pendek, virtual tour tetap dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan destinasi wisata sekaligus menabung jumlah wisatawan jika situasi sudah lebih baik.

Salah satu pengusung piknik virtual adalah Komunitas Wisata Kreatif Jakarta. Komunitas ini didirikan pada 2017 dan fokus pada tempat-tempat unik di Jakarta beserta sejarah di baliknya.

Namun sejak pandemi melanda, komunitas ini beralih ke wisata virtual tour sejak Mei. Mereka biasa berkeliling melalui aplikasi zoom dipandu oleh guide berlisensi yang menggunakan Google Map maupun foto-foto untuk menjelaskan tur.

Rute wisata pun tidak terbatas di Jakarta saja, melainkan ke kota-kota lain di Indonesia dan bahkan mancanegara. Mulai dari kawasan Chinatown di Jakarta, kota Pontianak, hingga Disneyland dan Universal Studio Jepang.

Pendiri Wisata Kreatif Jakarta, Ira Lathief, menjelaskan animo masyarakat cukup tinggi pada awal wisata virtual ini diluncurkan. “Awal-awal tinggi sekali (peminat). Memang waktu itu operator wisata virtual masih sedikit dan orang masih harus berada di rumah. Tetapi trennya sekarang jauh menurun karena orang sudah mulai jalan-jalan lagi