Bingung tentang cara membuat polar pakan sapi? pusing karena sudah mencari cara dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorialnya. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara membuat polar pakan sapi yang hemat biaya.

Pengertian Polar

Polar ( Dedak Gandum – Triticum sativum lac) merupakan hasil samping dari proses penggilingan gandum, dan berguna sebagai bahan baku pembuatan produk pakan ternak karena kandungan protein dan nutrisinya yang tinggi. Tingkat konversi bollard bahan baku adalah sekitar 25-26%. Polar adalah hijauan umum dan penting dalam pakan ternak karena palatabilitasnya yang tinggi.

Polar tidak mengandung antinutrisi, tetapi penggunaan polutan harus dibatasi karena sifat pencahar polutan. Karena sifat pencaharnya, tonggak akan memiliki nilai yang sangat baik jika diberikan kepada anak sapi.

Polar adalah salah satu pakan ternak yang paling populer dan nilai produksi yang dihasilkan tampaknya lebih besar dari yang diharapkan dari kandungan protein dan kecernaan bahan makanan. Pakan serbuk sari biasanya dicampur dengan biji-bijian dan pakan kaya protein seperti tepung. Polar memiliki nilai tinggi ketika lebih dari seperempat konsentrat digunakan.

Kualitas protein Pollar lebih baik dari jagung, tetapi kualitasnya lebih rendah daripada protein bungkil kedelai, susu, ikan dan daging. Pollard kaya akan fosfor (P) dan besi (Fe) tetapi miskin kalsium (Ca). Pollard mengandung 1,29% P, tetapi hanya 0,13% Ca. Sebagian besar fosfor dalam bentuk fiton fosfor. Polaard tidak mengandung vitamin A atau vitamin, tetapi kaya akan niasin dan tiamin.

Konfigurasi Pollard sebagai berikut:

  • Bahan kering : 88,4%
  • Lemak kasar : 5,1%
  • Protein kasar : 17%
  • BETN : 45%
  • Serat kasar : 8,8%
  • Abu : 24,1%

Pollard banyak digunakan dalam industri pakan ternak, peternakan dan industri bahan baku makanan. Beberapa merek Pollard yang populer antara lain stempel angsa, tongkat berlian, dan sreboga. Pabrik yang memproduksi Bollard antara lain PT Bogasari, PT Mayura, PT Sepoga dan PT Wilmar Napati Indonesia. Di antara berbagai negara di dunia, Australia merupakan produsen terbesar biji pollard.

Untuk meningkatkan kandungan nutrisi yang lebih tinggi dilakukan dengan cara fermentasi dengan jamur Aspergillus niger. Pollard diindikasikan dalam ransum pakan ternak sebagai sumber karbohidrat dan serat mentah sehingga penggunaannya tidak berlebihan karena akan mempengaruhi penggunaan bahan baku pakan lainnya. Pada umumnya sapi yang banyak diberi pakan berserat tinggi memiliki performa fisik yang kurang baik.

Cara Membuat Polar Pakan Sapi

cara membuat polar pakan sapi

  1. Campur serbuk sari dengan air bersih sampai agak lembab. Jika Anda memeras airnya tidak menetes, dan jika anda membukanya, cengkeraman Pollard tidak akan runtuh.
  2. Kukus polar selama 15-20 menit. Kemudian dinginkan hingga suhu normal. Jika mengukus tidak memungkinkan, lewati langkah kedua ini.
  3. Tambahkan ragi tempe 0,5% dari total bollard. Jika pollard 100 kg, maka ragi tempe adalah 500 gram.
  4. Campur secara merata.
  5. Masukkan ke dalam wadah kedap udara (plastik hitam, ember atau tong) dan biarkan selama 2-3 hari.
  6. Jemur, keringkan dan giling ulang jika perlu. Karena nantinya akan ada jamur putih seperti membuat tempe. Jadi tonggak yang difermentasi pasti akan menggumpal.

Baca Juga : Tips Ampuh Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk

Nah, cukup sekian tutorial cara membuat polar pakan sapi pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaatnya. Sekian dari saya, terima kasih.