Cara membuat pot anggrek dari sabut kelapa, tanaman anggrek ini memiliki nama latin Orchidaceae. Bunga anggrek ini merupakan salah satu dari sekian banyak tumbuhan. Berbagai spesiesnya tersebar luas dari daerah tropis lembab hingga daerah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya terdapat di daerah tropis.

Nah, pada artikel kali ini kami menjelaskan tentang klasifikasi tumbuhan Orchidaceae dan juga morfologinya. Dibawah ini telah kami jelaskan klasifikasi dan morfologi tanaman anggrek. Pembahasan yang lebih luas dan mendetail menyusul.

Sebagian besar anggota suku ini hidup secara epifit, terutama di daerah tropis. Anggrek beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi untuk beradaptasi dengan musim dingin.

Organnya yang biasanya tebal dan “berdaging” (lezat), membuatnya tahan terhadap tekanan ketersediaan air. Anggrek epifit dapat tumbuh subur dengan kelembapan dan udara lembab. Orchidaceae adalah asal usul nama rangkaian anggrek Argo. Dan inilah cara untuk membuat pot anggrek dari sabut kelapa.

 

Cara Menghilangkan Zat Tanin Dalam Sabut Kelapa

Pecinta anggrek umumnya mengetahui cara menanam anggrek dalam batok kelapa dan cara memanfaatkan batok kelapa untuk budidaya anggrek. Kelapa mengandung tanin yang mencegah hama atau predator memakan kelapa. Namun keberadaan tanin tersebut kurang baik untuk pertumbuhan tanaman anggrek.

Hal ini karena tanin yang terdapat pada senyawa polifenol mengandung senyawa lain yaitu galotanin. Senyawa ini bersifat alelopati atau dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Maka jangan heran jika tanaman Anggrek Anda tumbuh pendek atau bahkan terlihat kerdil

Anda dapat menghilangkan tanin tersebut dengan cara mengeringkan kayu kelapa hingga benar-benar kering atau merendamnya dalam air tawas. Rendam dalam air tawas semalaman. Air rendaman berubah menjadi kemerahan.

Hal ini menandakan bahwa tanin telah terlepas dari kepompong. Lalu, cuci hati dengan air bersih mengalir dan tiriskan, lalu jemur hingga kering.

 

Cara Membuat Pot Anggrek Dari Sabut Kelapa

Cara Membuat Pot Anggrek Dari Sabut Kelapa

Pot kelapa yang akan diproduksi adalah jenis pot gantung sehingga cocok untuk tanaman anggrek. Hal ini dikarenakan anggrek merupakan salah satu jenis bunga yang cocok untuk dijadikan pot gantung di rumah Anda. Namun, Anda juga perlu mengetahui cara merawat anggrek gantung agar anggrek yang Anda rawat dapat tumbuh dengan baik.

Setelah kita memahami cara menghilangkan zat tanin dari sabut kelapa dan cara memilih sabut kelapa yang baik untuk dijadikan pot bunga anggrek, kita akan membahas cara membuat pot gantung dari kelapa untuk tanaman anggrek. Cara membuat pot bunga anggrek kelapa :

1. Alat-alat:

  • pisau
  • Gunting
  • Pisau besar (golok)
  • Bor
  • Linggis
  • Spidol

2. Bahan-bahan:

  • Sabut kelapa yang sudah kering
  • Tali ijuk atau sejenisnya

3. Cara Membuat Pot Anggrek Dari Sabut Kelapa:

  1. Ambil sabut kelapa dari kulit kelapa yang sudah kering. Kupas kelapa dengan alat mesin pengupas kelapa muda agar tidak merusak atau menjerat kelapa yang sudah dikupas mesin itu hanya diproduksi di rumah mesin disitu sangant banyak sekali mesin-mesin bila anda membuat sesuatu anda bisa kunjungi di rumah mesin tersebut.
  2.  

    Bagi sabut kelapa menjadi 4 bagian dan potong seperempat bagian atas sabut kelapa dengan pisau besar.

  3.  

    Dengan menggunakan spidol, tandai bagian bawah dan atas pada kedua bagian kepompong. Bagian ini dibor dengan cara dibor. Lubang bagian atas dan bawah untuk merekatkan belahan batok kelapa sekaligus mengikatkan tali untuk mengikat periuk.

  4.  

    Bor lubang dengan hati-hati di bagian yang ditandai dengan bor.

  5.  

    Masukkan tali ijuk ke dalam lubang dan kencangkan setiap lubang dengan sabut agar kedua bagiannya pas.

  6.  

    Pengeleman dimulai dari luar dan masuk ke dalam agar sambungan antar belahan sabut kelapa terjalin dengan kuat.

  7.  

    Setelah dasi bagian dalam terbentuk, silangkan dasi ke luar. Lakukan hal yang sama pada semua potongan sabut kelapa agar membentuk ikatan yang kuat dan potong sabut kelapanya.

Demikian penjelasan cara membuat pot bunga anggrek dari batok kelapa dengan cara sederhana dan murah. Anda bisa mencoba mempraktikkannya di rumah. Anda bisa menggantung pot ini di depan rumah atau di sisi-sisi halaman. Semoga Anda sukses.