Manfaat Batok Kelapa Batok kelapa merupakan bagian kedua dari kulit setelah serabut/cangkang luar kelapa dan bersifat keras serta dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia. Selain batoknya, tentunya tidak asing lagi dengan fakta bahwa pohon kelapa memiliki berbagai manfaat yang dihasilkan dari seluruh bagiannya.

Mulai dari batang, daun, buah, sari buah, kulit hingga kulit luar/seratnya, sangat berguna untuk kebutuhan manusia, terutama bagi yang tinggal di daerah tropis. Batok kelapa merupakan bagian yang sering dianggap tidak berguna oleh sebagian orang. Padahal batok kelapa juga memiliki banyak manfaat. Apalagi saat batok kelapa diolah menjadi arang, kerajinan tangan, dll. Dalam bentuk arang tempurung kelapa memiliki beberapa manfaat kesehatan selain dari proses pembakaran atau bahan bakar.

Arang tempurung kelapa biasanya disebut sebagai arang murni atau arang aktif karena dibuat dengan cara membersihkan arang dengan cara memanaskannya dengan gas hingga arang memiliki struktur berpori yang memungkinkan arang aktif ini menyerap berbagai unsur, seperti racun dll.

Selain itu, arang aktif juga bersifat “food grade” atau aman dikonsumsi di atas dosis tertentu. Tempurung kelapa yang dikerjakan dengan tangan menjadi berbagai bentuk, sedikit berbeda dengan bentuk arang dan juga memiliki nilai pasar yang relatif tinggi, terutama bila diekspor ke negara-negara tanpa musim tropis atau tanpa pohon kelapa.

Manfaat Batok Kelapa

manfaat batok kelapa

1. Menjadi Bahan Pengawet Makanan Alami

Asap cair adalah hasil penyulingan atau kondensasi uap yang dihasilkan dari pembakaran tidak langsung atau langsung dari bahan karbon tinggi dan senyawa lainnya. Tempurung kelapa merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan untuk membuat asap cair. Asap cair sendiri memiliki banyak keunggulan, tergantung dari kualitasnya. Asap cair kelas 1 biasanya digunakan untuk pengawetan makanan.

2. Menjadi Obat Untuk Penderita Diabetes

Salah satu manfaat tempurung kelapa adalah sebagai obat untuk penderita diabetes. Langkah-langkah untuk menggunakan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama bersihkan sabut kelapa dari sabut kelapa,
  2. Setelah semuanya bersih, langkah selanjutnya adalah merebus batok kelapa di dalam panci.
  3. Tambahkan air sampai cangkang benar-benar terendam.
  4. Masak hingga air berkurang lebih dari sepertiganya.
  5. Setelah itu, keluarkan air minum yang sudah dimasak dan dinginkan. Aturan minumnya adalah 3 kali sehari.
  6. Masak kembali batok kelapa setiap dua hari.

3. Mengobati Keracunan

Salah satu keunggulan arang murni atau arang aktif adalah dapat menarik zat racun, sehingga bagi yang terkena racun sebaiknya mengkonsumsi arang murni yang terbuat dari batok kelapa. Namun penggunaannya juga membutuhkan dosis yang tepat. Jika Anda sedang terburu-buru, Anda bisa membuat sendiri arang tempurung kelapa yang bermanfaat ini.

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat lain dari tempurung kelapa adalah pengurangan kolesterol. Bagi Anda yang kesulitan mengontrol kadar kolesterol, Anda mungkin bisa menggunakan arang batok kelapa. Batok kelapa yang diolah menjadi arang aktif diketahui efektif menurunkan kolesterol.

5. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Dapat dikatakan bahwa proses penyembuhan luka berhubungan dengan proses penyembuhan peradangan pada tubuh. Oleh karena itu, manfaat batok kelapa juga digunakan untuk mengobati luka. Yang harus Anda lakukan adalah mengoleskan arang aktif ke luka yang belum sembuh. Gunakan secara teratur dan Anda akan mendapatkan luka yang akan sembuh dengan baik.

6. Membantu Menghentikan Diare

Salah satu penyakit pada saluran pencernaan adalah diare. Diare disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan manusia. Oleh karena itu, tempurung kelapa dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan detoksifikasi bakteri dan jenis racun lain dari sistem pencernaan. Hal ini dilakukan untuk menghentikan diare secara alami tanpa resiko seperti minum obat.

7. Menjernihkan dan Memurnikan Air

Arang aktif yang terbuat dari arang tempurung kelapa dapat digunakan untuk menyaring berbagai polutan yang terlarut dalam air. Karbon aktif juga bisa digunakan untuk menjernihkan air minum yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

8. Menjadi Bahan Baku Pupuk Organik

Pengolahan tempurung kelapa juga dapat menghasilkan produk berupa tepung tempurung kelapa yang memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulan tepung tempurung kelapa ini adalah menjadi bahan baku pembuatan pupuk organik.

Pupuk organik adalah pupuk yang memberi makan tanaman dengan bahan alami dan bebas bahan kimia. Sehingga tanaman hasil pemupukan dengan karbon aktif menjadi lebih aman untuk dikonsumsi.

9. Menjadi Bahan Baku Obat Nyamuk

Sebagai bahan baku pupuk organik, tepung tempurung kelapa juga dapat digunakan sebagai bahan baku obat nyamuk bakar. Karena mudah terbakar, maka memungkinkan serbuk tempurung kelapa dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat nyamuk.

10. Mencegah Mabuk

Arang batok kelapa, terutama dalam bentuk arang aktif, dapat digunakan untuk mencegah mabuk setelah mengonsumsi minuman beralkohol.

11. Menjaga Kesehatan Kulit dan Kecantikan Kulit

Arang aktif dapat digunakan untuk mempercantik kulit yaitu sebagai masker atau peeling. Arang aktif efektif mengangkat kotoran yang menempel di permukaan kulit dan mengangkat sel kulit mati, menjadikan kulit lebih halus, cerah, putih dan cantik. Batok kelapa juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit Anda.

12. Untuk Membuat Briket Arang

Batok kelapa merupakan bahan bakar alternatif yang terbuat dari bahan baku utama batok kelapa yang diolah menjadi briket dan merupakan bahan bakar terbarukan. Berkat kemudahan penggunaan dan harga yang terjangkau, diharapkan dapat menjadi solusi energi bagi masyarakat luas.

Tentunya untuk membuat briket, gunakanlah mesin briket arang agar hasilnya lebih maksimal. Untuk briket aneka bahan, gunakanlah mesin briket arang ini agar bisa mengolah berbagai macam briket. Adapun jika anda memerlukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda.