Pekerjaan apa pun yang kami jalani sekarang, tentu tersedia kalanya kami menjadi malas, atau tidak bersemangat didalam menjalankan tanggung jawab yang kami miliki. Motivasi kerja menjadi hilang, dan pekerjaan yang sesungguhnya bisa dilakukan didalam pas singkat, mendadak menjadi butuh pas berhari-hari untuk selesai.

Saat kehilangan motivasi kerja layaknya ini, kesibukan sehari-hari menjadi tidak produktif. Bisa menjadi cuma melamun, menatap tumpukan pekerjaan, atau cuma berjalan-jalan, dan mengajak ngobrol kawan kerja lainnya. Yang pasti, pas kehilangan motivasi kerja, pekerjaan semudah apa pun rasanya menjadi sulit, dan malas dilakukan. Daripada terus bingung mengapa motivasi kerja tak kunjung datang, tersedia lebih dari satu tips dari Glints yang bisa kamu simak!

1. Bersahabat bersama dengan rasa sakit dan kegagalan
Lho, kok aneh? Biasanya, sakit dan kegagalan lebih baik dihindari, dan kalau bisa berada sejauh-jauhnya dari kita. Disadari ataupun tidak, sakit dan kegagalan bisa menjadi alasan kamu kehilangan motivasi kerja selama ini. Setelah dimarahi kawan kerja, atasan, bahkan klien, motivasi kerjamu bisa menjadi menurun drastis, dan lantas menjadi tidak miliki motivasi kerja. Kalau telah begini, kamu wajib meyakini dirimu sendiri, bahwa kegagalan itu sesuatu yang wajar, pantang membuatmu kehilangan motivasi kerja.

Gagal itu bermakna kamu telah coba sesuatu, dan bisa studi dari apa yang tidak benar dan gagal tersebut. Misalnya saja, sebuah proyek menjadi terkendala dikarenakan kamu tidak benar mengkalkulasi budget. Jika telah terselesaikan, semua pihak pun telah memaafkanmu, saatnya kamu memaafkan dirimu sendiri dan menjadikan kegagalan tersebut sebagai sahabatmu, dan studi banyak darinya. Dengan begitu, motivasi kerjamu pun tentu dapat bangkit kembali.

 

2. Melihat ke depan
Kalau kamu menjadi apa yang kamu melaksanakan saat ini melelahkan, membosankan, atau tidak cukup menyenangkan, coba tukar sudut pandangmu. Melihat tumpukan pekerjaan yang tersedia di hadapanmu saat ini sesungguhnya bisa sukses menghalau motivasi kerja dengan peraturan perusahaan. Tapi coba lihat, apa yang bisa kamu mencapai di ujung sana. Jadi kamu menyaksikan target besar dari apa yang kamu melaksanakan sekarang.

Misalnya saja, persiapan dan hiasan kecil-kecil yang kamu kerjakan, nantinya kalau disatukan dan telah jadi, dapat menjadi hiasan yang terlalu indah untuk event kantormu. Atau, apa yang kamu melaksanakan saat ini dapat mendapat bayaran yang setimpal, dan termasuk pengalaman yang tidak ternilai harganya. Dengan menyaksikan target ke depan, motivasi kerja termasuk dapat menghampiri kamu kembali.

3. Miliki pas istirahat yang baik
Waktu istirahat yang memiliki kualitas termasuk dapat menentukan bagaimana motivasi kerja yang kamu miliki pas telah masuk kerja lagi. Jika kamu cuma menghabiskan pas bersama dengan scroll fasilitas sosial yang tidak tersedia habisnya dan saksikan youtube cuma untuk menghabiskan waktu, rasanya motivasi kerja tidak dapat berkunjung kepadamu.

Habiskan pas istirahat dan liburanmu bersama dengan berkualitas, bila saja menghabiskan pas bersama dengan kawan dan keluarga, membaca buku, travelling sendirian, atau olahraga dan makan sehat. Dengan miliki pas istirahat yang baik dan berkualitas, bukan sekadar menghabiskan waktu, mendatangkan motivasi kerja tentu jauh lebih mudah.

 

4. Jadilah positif terhadap diri sendiri
Satu perihal yang kerap dilupakan oleh pekerja layaknya kamu adalah unsur bersenang-senang didalam pekerjaan. Bekerja keras sesungguhnya perlu, namun jangan termasuk menjadi terlalu keras terhadap dirimu sendiri. Terlalu keras kepada diri sendiri, menempatkan target terlalu berlebih jauh di atas kemampuan, dan perfeksionis berlebihan, bisa menjadi “lubang hitam” ke mana motivasi kerja milikmu hilang.

Sebaliknya, coba berkomunikasi bersama dengan dirimu sendiri, cari tahu apa yang membuatmu kehilangan motivasi kerja, dan temukan cara terbaik yang paling sesuai bersama dengan dirimu. Boleh dicoba lho, berbicara terhadap dirimu sendiri di cermin, dan manfaatkan kata “kamu”, atau sebut namamu, dibanding manfaatkan kata “aku” atau “saya”. Misalnya, “kamu hebat”, “kamu telah lakukan yang terbaik”, “kamu pantang menyerah”, sambil menatap bayanganmu di cermin. Jangan lupa bicaralah bersama dengan sepenuh hati, supaya apa yang kamu menyaksikan dan dengar bisa termasuk menjadi sumber motivasi kerja ya. Terakhir, jangan lupa tersenyum untuk tingkatkan sikap positif. Karena bersama dengan tersenyum, perasaan dapat menjadi lebih baik.

 

5. Berkompetisi cuma bersama dengan dirimu sendiri
Kita seringkali kehilangan motivasi kerja saat telah menjadi membandingkan diri kami bersama dengan orang lain. Karena itu, hanya satu kompetisi yang wajib dilakukan adalah bersama dengan dirimu sendiri. Pikirkan, bagaimana kamu mengalahkan rasa malas dan kehilangan motivasi kerja, dan juga bagaimana kamu yang saat ini bisa lebih baik dari kamu yang sebelumnya.

Jangan malah kinerjamu dan orang lain yang diperbandingkan. Karena, tiap tiap orang miliki kemampuannya masing-masing. Jadi bersainglah bersama dengan dirimu sendiri, biar motivasi kerja kembali padamu.

 

6. CC e-mail untuk diri sendiri
Cara unik selanjutnya boleh termasuk kamu coba nih, terkait bersama dengan e-mail yang kamu miliki. Untuk tiap tiap e-mail yang kamu kirimkan, CC-kan kepada dirimu sendiri. Jadi, di akhir minggu, kamu bisa menyaksikan kembali dan mengapresiasi dirimu sendiri, seberapa banyak yang telah kamu lakukan di minggu sebelumnya. Dengan menyaksikan pencapaianmu, kamu pun bisa lebih termotivasi kembali untuk melanjutkan pekerjaanmu di minggu berikutnya.

 

7. Mundur sejenak
Jika banyak artikel inspiratif lainnya menghendaki kamu untuk maju terus, di sini diminta sebaliknya. Jika motivasimu sedang hilang, dipaksakan maju terus dan bekerja tentu termasuk tidak dapat efektif atau pun efisien. Pekerjaan tidak dapat selesai, mood pun telah tentu hilang entah ke mana. Karena itu, pas motivasi kerja sedang berkurang, mundur sejenak dari apa yang kamu melaksanakan sekarang. Langkah mundur ini dilakukan untuk menyaksikan gambaran bersama dengan lebih jelas, atas dirimu sendiri, dan pekerjaan yang kamu lakukan.

Dengan menyaksikan gambaran lebih tahu atas semuanya, kamu bisa menata kembali keadaan hatimu dan pekerjaanmu, supaya motivasi kerja bisa kembali. Atau, kalau sesungguhnya telah terlalu tidak bisa dilanjutkan, telah dipertimbangkan bersama dengan matang, tukar tempat kerja termasuk bisa mempunyai motivasi kerja baru membuat kamu.

Menambah motivasi kerja bisa menjadi menantang didalam keseharian pekerjaanmu. Tapi jangan menyerah, mungkin kamu cuma sedang jenuh bersama dengan apa yang kamu kerjakan. Yang kamu lakukan saat ini mungkin belum nampak buahnya. Tapi, dapat tersedia hasil yang manis menunggu kamu, kalau kamu senantiasa motivasi dan tidak menyerah.