Banyak orang yang sudah pernah membahas artikel cara membuat bawang goreng renyah crispy. Karena bawang goreng ini banyak disukai oleh orang sebagai tambahan taburan dalam makanan. Rasanya itulah yang membuat makanan akan semakin gurih dinikmati.

Sebelumnya kita pernah bahas cara bikin bawang goreng. Sekarang kita akan bahas cara buat bawang goreng yang renyah dan juga crispy. Simak penjelasan berikut !

Bawang Goreng

 

bawang goreng

Bawang goreng adalah irisan bawang merah yang digoreng hingga berwarna kuning keemasan dan renyah. Ini adalah bumbu topping yang biasa digunakan sebagai tambahan lauk atau penyedap rasa yang ditaburkan di berbagai masakan Indonesia.

Jenis makanan yang mirip di luar negeri, yaitu bawang goreng atau bawang goreng dengan ukuran bawang lebih besar dari bawang merah. Bawang bombay berbentuk oval, berukuran sedang, berwarna merah muda hingga cerah.

Bawang merah dikenal sangat harum dan renyah, serta tidak mudah pecah. Selain itu, bawang merah relatif sedikit mengandung air. Dengan khasiat tersebut, bawang merah secara alami dapat menciptakan tekstur bawang goreng yang lebih renyah dan renyah.

Bawang merah ini memberikan warna bawang goreng yang kekuningan dan memberikan aroma wangi yang sangat khas.

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Berikut manfaat bawang goreng untuk kesehatan. Baca artikel berikut ini!

1. Membantu Mencegah Kanker

Bawang merah mengandung zat yang disebut quercetin. Quercetin adalah zat alami yang memberi warna merah tua pada bawang. Menurut sebuah penelitian, quercetin merupakan antioksidan yang berperan penting dalam melawan efek radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

Salah satu efek pembentukan radikal bebas adalah kanker. Antioksidan seperti quercetin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa zat quercetin dalam bawang merah dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Orang lain juga menemukan bahwa kadar quercetin yang sangat tinggi dalam bawang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Seseorang dengan tekanan darah tinggi berisiko mengalami berbagai penyakit degeneratif.

3. Membantu Menormalkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi terbukti menyebabkan diabetes melitus. Menurut Pusat Pencegahan Pengendalian Penyakit, kadar gula darah tinggi adalah sumber dari semua penyakit degeneratif dan kronis.

Sebuah penelitian yang dilakukan di satu daerah menemukan bahwa penderita diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2 yang mengonsumsi bawang merah mentah memiliki kadar gula darah yang normal dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Ada penelitian lain yang diterbitkan yang juga menunjukkan bahwa bawang bombay benar-benar dapat menurunkan kadar gula darah. Para ahli menyimpulkan bahwa bawang merah ini ternyata dapat meningkatkan kadar insulin dan membantu proses glikolisis pada penderita diabetes.

4. Menurunkan Kolesterol Tubuh

Sebuah jurnal yang diterbitkan menyatakan bahwa bawang bombay bermanfaat untuk menurunkan kolesterol darah. Studi yang dilakukan pada hewan-hewan ini menunjukkan bahwa pola makan kaya bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.

Para ahli meyakini bahwa menurunkan kadar kolesterol tersebut karena kandungan antioksidan dan zat bioaktif lain dalam bawang merah, yang secara langsung dapat menurunkan jumlah total lemak dalam tubuh.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan

Kandungan polifenol pada tanaman bawang merah mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, ujar Anne Mauney, ahli gizi di Washington, DC.

Kemampuan bawang bombay dalam menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut jumlah quercetin yang tidak dapat digunakan dalam bawang, itu juga dapat mengurangi reaksi alergi dengan mencegah tubuh Anda memproduksi histamin. Histamin adalah zat yang membuat Anda bersin, menangis, dan gatal jika mengalami reaksi alergi.

6. Baik untuk Bahan Makanan

Bawang merah merupakan bahan makanan sehat yang sangat baik. Meskipun bukan nutrisi super, namun mengandung sejumlah nutrisi penting seperti kalium.

Kalium adalah mineral yang dikaitkan dengan kesehatan jantung. Ada juga zat besi, yang bisa meningkatkan sirkulasi oksigen dalam darah.

Meski jumlah nutrisi tersebut tidak terlalu banyak di dalam kandungan bawang merah. Namun, itu bisa meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan dari makanan yang Anda makan.

7. Mengandung Vitamin C.

Bawang merah adalah makanan yang merupakan sumber vitamin C yang baik. Sekitar 100 gram bawang merah mengandung 10 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh Anda setiap hari.

Vitamin C adalah vitamin esensial yang larut dalam air yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membuat kolagen. Perlu diketahui bahwa kolagen penting bagi tubuh. Kolagen adalah protein yang membantu penyembuhan luka serta mendukung kesehatan dan kekebalan tubuh.

8. Mengandung Protein yang Dapat Menunjang Kesehatan Tubuh

Bawang merah tidak mengandung terlalu banyak protein. Hanya ada 1 gram protein per 148 gram bawang merah. Namun bawang merah ini bisa digunakan sebagai penambah makanan seperti sambal mentah, untuk membumbui resep nasi goreng atau untuk lainnya.

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah Crispy

1.Resep Bawang Goreng Original

Bahan-bahan :

  • 250 gram bawang merah (kupas, cuci bersih)
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
  • Garam

Cara Membuat Bawang Goreng Original :

  1. Iris tipis bawang bombay, taburi sedikit garam dan peras agar garam meresap (jangan peras sampai hancur secukupnya).
  2. Bawang goreng crispy Langkah memasak 1 gambar.
  3. Panaskan minyak goreng, tambahkan bawang bombay ke dalam minyak panas, masak dengan api sedang sambil terus diaduk agar matang merata. Jika bawang bombai tidak terlihat sedikit kecokelatan, segera angkat.
  4. Jangan menunggu bawang bombay menjadi kecokelatan karena Anda dapat yakin bahwa bawang bombay akan gosong saat Anda menunggu bawang bombay kecokelatan.
  5. Gambar langkah memasak bawang goreng renyah 2.
  6. Angkat dan tiriskan dengan sedikit olesan di atas kertas dapur agar minyak meresap dan bawang bombay cepat kering, tidak mengandung banyak minyak dan menghasilkan bawang goreng yang renyah.
  7. Gambar langkah memasak bawang goreng renyah 3.
  8. Jika sudah dingin, segera masukkan ke dalam wadah kedap udara dan gunakan sebagai tambahan pada berbagai hidangan.

2.Resep Bawang Goreng Pedas

Bahan-bahan :

  • 1/2 kg bawang merah (iris tipis)
  • 2 sdm garam
  • 600 ml minyak goreng
  • 2 sdm tepung
  • 15 buah cabai merah keriting
  • 2 siung bawang putih
  • 1 lembar daun jeruk
  • Kaldu Royco
  • 1/2 sendok teh garam
  • gula merah

Cara Membuat Bawang Goreng Pedas :

  1. Kupas menggunakan mesin pengupas bawang, cuci bersih dan iris tipis bawang bombay. Tips: (gunakan mesin pengiris bawang agar potongannya matang merata dan menyatu).
  2. Tambahkan 2 sendok teh garam dan 2 sendok makan tepung. Kemudian uleni bawang bombay hingga garam dan tepung terigu merata. Jangan terlalu ketat untuk menghindari kerusakan pada potongan bawang.
  3. Goreng bawang bombay dengan minyak panas, aduk perlahan. Setelah kuning keemasan, angkat dan tiriskan. (Jangan lupa gunakan kertas roti atau sapu tangan sebagai dasar wadah agar bawang tidak terlalu berminyak.)
  4. Cara membuat bumbu pedas: cuci bersih cabai dan bawang bombay, campur atau haluskan dengan 2 sendok makan minyak sayur. Kemudian goreng cabe rawit, tambahkan daun jeruk, tambahkan garam, riyco dan gula. Uji rasa dan sisihkan.
  5. Campur bawang goreng dengan bumbu cabai dingin. Aduk rata, lalu diamkan atau beri ventilasi.
  6. Langkah Memasak Crispy Bawang Goreng Pedas 5 gambar
  7. Jika ya, tambahkan ke dalam stoples agar bawang goreng tetap renyah. Bawang goreng yang renyah dan pedas siap disajikan.

Demikian merupakan artikel mengenai cara membuat bawang goreng renyah crispy. Semoga dapat bermanfaat untuk pengusaha pemula. Selamat mencoba.