Cara membuat tepung singkong sederhana ini adalah topik pembahsan kita pada kali ini sebelum masuk ke inti pembahasan sebaiknya kalian mengetahui sejarah singkong dan juga pengertiannya.

Sejarah Singkat Singkong

Singkong yang juga dikenal dengan ubi kayu atau ubi kayu dengan nama latin Manihot esculanta, crantz dalam bahasa Inggris disebut singkong, merupakan tanaman tahunan tropis dan subtropis dari famili Euphorbiaceae. Umbi secara luas dikenal sebagai bahan pokok produksi karbohidrat, dan daunnya adalah sayuran.

Ubi kayu merupakan panjang umbi atau akar pohon dengan diameter rata-rata 3-5 cm dan panjang 30-80 cm, tergantung jenis ubi kayu yang ditanam.Daging umbi berwarna putih atau kekuningan. Umbi singkong tidak tahan lama meski diletakkan di lemari es. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya cairan berwarna ungu akibat pembentukan asam hidrosianat yang bersifat racun bagi manusia.

Singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat tetapi sangat rendah protein. Sumber protein yang baik terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin.Pekerja bekerja singkong pada zaman Hindia Belanda, 1915.

Singkong (Manihot esculenta) sekitar 10 ribu tahun yang lalu pertama kali dikenal di Amerika Selatan tumbuh secara spontan di hutan Brazil dan Paraguay pada masa prasejarah. Namun keberadaan ubi kayu di Indonesia diperkenalkan oleh Portugis pada abad ke-16 yang didatangkan dari Brazil dan ditanam secara komersial di wilayah Indonesia (watu Hindia Belanda) pada tahun 1810.

Pada masa penjajahan kebijakan ubi kayu, menurut Haryono, pada abad XVI singkong masuk ke Maluku-Indonesia oleh Portugis. Sejak kedatangannya tanaman singkong ini membutuhkan waktu yang lama untuk menyebar terutama di pulau jawa.

Sebagaimana dicatat oleh H.J van Swieten, seorang pengawas di Tenggralek, dalam De Zoete Cassave (Jatropha Janipha) terbitan tahun 1875, singkong kurang dikenal atau tidak ada di beberapa bagian Jawa, tetapi ditanam secara masif di tempat lain. Bahkan hingga tahun 1875, konsumsi singkong di pulau Jawa masih tergolong rendah.

Saya juga memberikan resep dari singkong yang bisa kalian coba yaitu resep singkong goreng mudah banget cara membuatnya.

Cara Membuat Tepung Singkong Sederhana

Cara Membuat Tepung Singkong Sederhana

1. Persiapan Bahan

Umbi muda lebih disukai karena masih mengandung pati dalam jumlah besar. Nah, sebagian dari singkong muda ini dicuci bersih lalu dibiarkan mengering sebelum dikupas untuk memisahkannya dari kulitnya.

2. Kupas Singkong

Singkong yang dipilih dan dicuci dipisahkan dari kulitnya menggunakan pisau atau alat lainnya. Disarankan selama fase pengupasan tidak ada kontak dengan air agar tidak menyebabkan perubahan warna pada ubi yang akan diolah.

3. Buat Irisan Tipis (keripik)

Seolah ingin membuat keripik singkong, pada tahap mengiris ini prosesnya kurang lebih sama. Usahakan irisan menjadi lembaran setipis mungkin karena akan berpengaruh pada kemampuan menurunkan kadar air dalam proses pengeringan.

4. Perendaman

Celupkan irisan singkong tersebut ke dalam air bersih menggunakan wadah seperti ember plastik. Lamanya perendaman dapat dilakukan dengan interval waktu sekitar 2 × 24 jam dan setiap dua belas jam disarankan untuk mengganti air perendaman untuk menghindari bau tidak sedap.

5. Pengeringan

Setelah direndam kurang lebih dua hari dua malam, irisan singkong bisa diangkat dan dibilas dengan air mengalir yang kemudian dikeringkan. Untuk langkah selanjutnya, usahakan untuk menjaga kadar air pada bahan di bawah 15%, ditandai dengan tekstur keripik yang hancur saat disentuh.

6. Pengepungan

Ketika benar-benar kering, pada saat itulah tepung mulai berproduksi. Pengerjaannya bisa dilakukan dengan mesin atau manual dan cukup ditumbuk dengan mortar tradisional.

7. Pengayakan

Hasil tumbukan akan menjadi tepung, namun ukurannya belum seragam. Untuk menghindari tepung mocaf menggumpal seperti tepung tidak beraturan, pengayakan dapat memisahkan tepung yang kurang baik dan masih kasar.

8. Pengarsipan

Seperti variasi tepung lainnya, tepung ini tidak boleh disimpan di dekat benda yang berbau karena akan merusak tepung. Simpan di tempat yang tertutup dengan baik dan sejuk. Meski dikatakan bisa bertahan lebih dari 12 bulan, sebaiknya tidak menyimpan tepung ini lebih dari enam bulan untuk menghindari infestasi dan perubahan tekstur.

Demikian penjelasan tentang cara membuat tepung singkong, alangkah lebih baiknya jika anda mempelajari hal lain yang bisa menambah intuisi anda, terima kasih.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat ,jika kalian ingin mengolah singkong lebih cepat kalian bisa menggunakan mesin keripik singkong multifungsi di jamin kinerja anda akan sangat terbantu di bandingkan menggunakan secara manual. Terimakasih