Resep singkong tepung beras ini adalah topik pembahasan kita pada kali ini sebelum masuk ke inti pembahasan saya akan memberi tahukan terlebih dahulu apa itu singkong dan sejarah singkatnya.

Sejarah Singkat Singkong

Cassava atau singkong (Manihot Utilisima), juga dikenal dengan umbi kayu atau ketela pohon, berasal dari Amerika Selatan yang tumbuh liar di hutan. Portugis kemudian menyebarkan tanaman ini ke seluruh dunia. Menurut Haryono Rinardi pada era penjajahan kebijakan singkong, singkong masuk ke Indonesia dari Portugis hingga Maluku sekitar abad ke-16.

Tanaman ini bisa dipanen sesuai kebutuhan. “Keistimewaan inilah yang menyebabkan tanaman singkong disebut gudang bawah tanah,” tulis Haryono.Butuh waktu lama bagi ubi kayu untuk menyebar ke daerah lain, khususnya Jawa.

Singkong diperkirakan pertama kali diperkenalkan di sebuah kabupaten di Jawa Timur pada tahun 1852. “Bupati sebagai PNS harus menjadi teladan dan menjadi pionir. Kalau tidak, orang tidak akan percaya sama sekali, “tulis Pieter Creutzberg dan J.T.M. van Laanen dalam sejarah statistik ekonomi Indonesia.

Resep Singkong Tepung Beras

Makanan yang terbuat dari bahan utama singkong ini sih rasa dan texturenya sudah tidak diragukan lagi ,nah kali ini kita akan membuat makanan dari singkong dengan bahan tambahan yaitu tepung beras.

Resep Singkong Tepung Beras

Bahan -bahan Resep Singkong Tepung Beras :

  • 1 buah singkong (400+ gr)
  • 100 gram gula pasir
  • 40 gram tepung beras (pengganti tepung maizena)
  • 300 ml santan cair
  • 3 sendok makan susu bubuk
  • 2 lembar daun pandan
  • secukupnya Garam
  • air

Cara Membuat Resep Singkong Tepung Beras :

  1. Kupas dan potong singkong, lalu bersihkan
  2. Rebus singkong lalu tambahkan gula pasir dan sedikit garam hingga menjadi lembut
  3. Masak santan, tepung terigu, pandan, susu bubuk, sedikit garam. Aduk dengan api kecil
  4. Aduk hingga mengental, tambahkan air jika dirasa konsistensinya terlalu kental
  5. Tuangi kuah di atas singkong yang sudah ditaruh di wadah atau aduk

Kalian juga bisa mencoba resep rekomendasi dari kami yaitu resep singkong goreng dijamin enak dan crispy.

Manfaat Tepung Beras

1. Lindungi Kulit Anda dari Sinar Matahari

Beras mengandung beberapa zat pelindung matahari seperti ferulic acid dan allantoin, yang mengubahnya menjadi tabir surya alami yang baik. Menjadi agen anti inflamasi yang baik, tepung beras juga menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dan mencegah kulit terbakar.

Jadi menggunakan masker tepung beras secara rutin juga bisa membantu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

2. Mengurangi Kantung di Bawah Mata atau Lingkaran Hitam

Tepung beras merupakan salah satu solusi terbaik dan alami untuk mengatasi kantung mata yang terlihat tidak enak akibat kurang tidur. Moms juga bisa menghilangkan tampilan yang sangat lelah dan memberikan efek menyegarkan pada mata yang lelah.

Caranya dengan membuat pasta kental menggunakan pisang, minyak jarak dan tepung beras dan gunakan sebagai masker mata atau oleskan ke area yang terkena. Bahan-bahan yang tersedia dalam paket sangat bagus untuk menerangi kulit halus di sekitar mata. Topeng juga membuat kita terlihat lebih rileks.

3. Membantu Pengelupasan Kulit Wajah

Bubuk beras memiliki tekstur yang agak kasar sehingga menjadi bahan yang sangat baik untuk digunakan sebagai scrub. Partikel halus membantu sel kulit mati untuk lebih mudah terlepas dari kulit kita. Beras menyerap semua sebum dan membuat kulit lebih bersih, halus, dan segar.

4. Membantu Mencerahkan Kulit Wajah

Beras, kaya nutrisi dan mineral, dikenal sebagai obat pencerah kulit tradisional. Asam amino dan vitamin yang ditemukan dalam biji-bijian bertindak sebagai agen pembersih dan mengontrol kecerahan kulit.

5. Ayo Bedak Wajah

Tepung beras bisa menjadi pengganti yang bagus untuk bedak wajah kami yang mahal dan mewah. Partikel beras memiliki sifat menyerap minyak, menjadikannya bedak wajah yang sangat baik dan alami. Ini mudah menyatu dengan lapisan kulit dan menutupi pori-pori minyak yang mengalir.

6. Mengatasi Kerutan, Jerawat dan Flek di Wajah

Tepung beras juga bagus untuk mengatasi noda, garis halus, dan jerawat yang menyebabkan penuaan. Selain itu juga membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit sehingga tampak segar dan awet muda.

7. Menghaluskan dan Meluruskan Rambut

Tepung beras yang berbentuk butiran dan bubuk memiliki kemampuan mengencangkan dan mengencangkan yang menjadikannya cara yang bagus untuk meluruskan rambut Anda.

Coba ambil tepung beras dan bahan alami Fuller’s Earth (multani mitti) dalam jumlah yang sama dan aduk sampai menjadi pasta yang halus. Oleskan sebagai paket di rambut kita. Biarkan pasta selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Pemakaian rutin masker rambut buatan sendiri ini bisa menghaluskan rambut kita.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat ,apabila kalian ingin megolah singkong dengan cara yang singkat dan hasil berkualitasa kalian bisa gunakan mesin keripik singkong multifungsi dijamin kinerja anda akan lebih efisien .Terimakasih