Banyak yang sudah membahas cara membuat keripik bawang bombay. Karena bawang bombay memang tidak hanya dijadikan sebagai camilan onion ring saja. Tetapi bisa juga dijadikan sebagai keripik. Rasanya yang enak dan renyah membuat banyak orang yang memfavoritkannya.

Sebelumnya kita sudah pernah membahas resep bawang bombay. Sekarang kita akan bahas gimana sih jika bawang bombay kita jadikan sebagai keripik. Simak artikel berikut ini !

Bawang Bombay

bawang bombay

Bawang bombay atau tumbuhan dengan nama latin Allium Ascalonicum biasa digunakan untuk memasak makanan di Indonesia. Digunakan tidak hanya sebagai hiasan, tetapi juga sebagai bagian dari masakan, karena bentuknya yang besar dan daging yang tebal membuat makanan menjadi lebih enak.

Disebut bawang bombay karena dibawa ke Indonesia oleh pedagang yang diduga berasal dari kota Bombay (sekarang Mumbai) di India (Permadi, 1995).

Bawang bombay memiliki aroma yang khas dibandingkan dengan bawang merah biasa, meskipun umbi tersebut terbentuk dari daun yang rendah yang kemudian tumbuh dan saling menempel.

Akarnya mengandung serabut akar dan tidak terlalu panjang (± 10 cm), sedangkan daunnya berbentuk seperti umbi, tetapi pipih berwarna hijau tua dan lebih besar dari bawang merah biasa.

Batangnya daun dan menimbulkan spora cincin. Tepi bagian bawah bagian tengah akan melebar dan menebal menjadi bengkak besar yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Yang bengkak itu sendiri adalah umbi bawang.

Bagian bawah umbi memiliki batang yang belum sempurna yang bentuknya seperti cakram yang merupakan bagian kanan bawang. Bunganya tergolong bunga majemuk berbentuk bulat dengan tangkai bunga besar, kuat dan besar di pangkalnya.

Di ujung tangkai bunga terkadang membentuk umbi-umbian kecil yang juga bisa dijadikan bibit. Bawang bombay cocok ditanam di daerah pegunungan dengan suhu 18-20 ° C. Sinar matahari cukup lama hingga 14 jam sehari agar tanaman tumbuh subur.

Ketinggian ideal adalah 800 meter di atas permukaan laut. Meski ada yang percaya bahwa ketinggiannya harus di atas 2000 m di atas permukaan laut.

Tanah gembur memiliki kandungan asam antara pH 5,5-6,5 dengan drainase yang baik, yang merupakan syarat wajib jangan sampai umbi bawang merah membusuk di dalam air.

Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Jangan lupa baca juga artikel cara membuat bawang putih goreng. Akan sangat bermanfaat untuk kalian semua. Jika sekarang ini kita akn bahas manfaat dari bawang bombay untuk kesehatan. Simak artikel berikut ini !

1.Jantung Yang Sehat

Bawang bombay mengandung antioksidan dan senyawa yang dapat mengurangi peradangan, menurunkan kadar trigliserida, dan kadar kolesterol. Dengan kata lain, mengonsumsi bawang merah dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian, terdapat 70 orang yang kelebihan berat badan dan mengonsumsi sekitar 162 mg ekstrak bawang merah per hari. Akibatnya, tekanan darah sistolik mereka turun menjadi 3-6 mmHg, dibandingkan efek penggunaan plasebo.

Studi lain yang melibatkan 54 wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) menemukan penurunan kolesterol jahat (LDL) melalui penggunaan bawang merah hingga 40-50 gram (untuk orang dengan berat badan berlebih) dan 50-60 gram (untuk orang gemuk. ) per hari dalam 8 minggu.

Bawang bombay lain yang bisa mereduksi bawang adalah bawang bombay. Bawang merah diketahui mengandung antosianin yang telah terbukti mengurangi risiko serangan jantung.

2. Sebagai Sumber Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang menghambat oksidasi, suatu proses yang menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Bawang mengandung senyawa ini.

Padahal, bawang merah mengandung lebih dari 25 jenis antioksidan flavonoid yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Mengurangi Resiko Kanker

Sayuran allium, termasuk bawang, sering dikaitkan dengan penurunan risiko kanker. Banyak penelitian telah meneliti masalah ini. Senyawa sulfur organik dalam bawang bombay mengurangi risiko terkena kanker perut dan kolorektal.

Vitamin C di dalamnya juga dapat mencegah pembentukan radikal bebas di dalam tubuh. Ini bisa mengurangi risiko kanker.

4. Meredakan Depresi dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Folat, yang banyak terkandung dalam bawang bombay, dikatakan dapat meredakan depresi. Homosistein mencegah darah dan nutrisi lain mencapai otak, sementara folat mencegah bahan kimia ini menumpuk secara berlebihan.

Kadar homosistein yang tinggi dapat mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamin dan norepinefrin. Akibatnya, hal itu tidak hanya memengaruhi suasana hati, tetapi juga kualitas tidur dan nafsu makan.

Kandungan folat pada bawang merah tidak dapat membuat homosistein berlebih, sehingga dapat menjaga mood dan kualitas tidur.

5. Memerangi Bakteri

Konsumsi bawang merah secara teratur dapat membantu melawan bakteri jahat di dalam tubuh. Ya, bawang merah bisa melawan bakteri jahat yang bisa merugikan tubuh, seperti Eschericia coli, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus hingga Bacillus cereus.

Quercetin karena ekstrak dari bawang merah dikenal sangat kuat melawan bakteri. Sebuah penelitian membuktikan bahwa quercetin yang berasal dari bawang kuning dapat menghambat pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori dan Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA).

6. Sistem Pencernaan Yang Sehat

Bawang adalah sumber serat dan prebiotik yang sangat baik. Keduanya diperlukan untuk sistem pencernaan Anda. Prebiotik adalah sejenis serat yang tidak dapat dicerna yang kemudian memecah bakteri usus yang baik.

Setelah itu, bakteri usus yang baik menyerap prebiotik untuk menghasilkan asam lemak seperti asetat, propionat, dan butirat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak ini dapat meningkatkan kesehatan usus, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan memperbaiki sistem pencernaan.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Khusus bagi penderita diabetes, manfaat bawang merah dapat menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian menemukan bahwa quercetin dalam bawang bombay dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Cara Membuat Keripik Bawang Bombay

Bahan-bahan :

  • 200 gr tepung terigu
  • 3 batang daun bawang (potong halus)
  • Daun seledri 3 lembar(potong halus)
  • 1 bungkus kaldu ayam bubuk
  • 1/4 cangkir minyak goreng (untuk adonan)
  • Garam secukupnya
  • Air yang cukup
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
  • 6 bawang merah di kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 4 Biji bijian
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Keripik Bawang Bombay :

  1. Haluskan bumbu halus.
  2. Campur tepung terigu, irisan daun seledri, daun bawang, minyak goreng, kaldu ayam bubuk dan bumbu halus, uleni dengan menuangkan sedikit air hingga rata.
  3. Giling adonan tipis-tipis dengan tangan, atau gunakan penggiling mie dengan ukuran paling tebal (nomor 7) sebanyak 2-3 kali hingga kalis.
  4. Kurangi hasil gilingan. Giling lagi dengan cara mengurangi ketebalannya, 2-3 kali sampai halus. Begitu seterusnya dengan ketebalan no.1
  5. Potong kotak atau sesuai selera.
  6. Panaskan minyak diwajan, goreng hingga berwarna cokelat keemasan, angkat, tiriskan.
  7. Keripik Bombay Crispy Gurih Sederhana siap disajikan.
  8. Simpan di tempat kedap udara.

Demikian merupakan artikel cara membuat keripik bawang bombay. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu untuk kalian semu. Selamat untuk mencobanya di rumah.