Anda tahu Mi jawa? Bakmi dengan bumbu khas jawa. Mengapa saya menanyakan hal ini, pasti saya akan menjelaskan cara bikin mie jawa goreng, dengan sedikit penjelasan yang bisa menambah wawasan anda tentang masakan jawa.

Mie Jawa Goreng

cara bikin mie jawa goreng

Mie jawa pasti berasal dari nama belakangnya yang berasal dari jawa yang terletak di indonesia. Mi goreng khas Jawa hadir dalam berbagai rasa, termasuk mie godog, mie goreng, magelang, dan banyak variasi lainnya. Sekarang setelah Anda mengenal saya kali ini, saya akan berbagi dengan Anda cara melakukannya dengan menggoreng.

Sebelumnya saya sebutkan bahan utama berupa pasta, bihun, campuran pasta dan bihun, telur bebek, dan ayam lokal. Mi jawa juga memiliki keistimewaan dalam cara pembuatannya yaitu dengan memasak hanya satu porsi dalam wajan kecil dalam satu waktu (artinya satu kali memasak bisa banyak porsi).

Demikian sedikit penjelasan saya tentang mie jawa. Dulu saya punya alat yang memudahkan saya untuk memanggang hidangan yang disebut panggangan sosis. Alat ini dapat memanggang berbagai macam masakan yang membutuhkan pemanggang, dan tentunya lebih mudah untuk digunakan.

Sekarang kita akan melihat bagaimana melakukannya. Jika Anda melihat resepnya terlihat terlalu berlebihan, cobalah dulu karena resep yang panjang akan terlihat pendek setelah Anda mencobanya. Caranya adalah sebagai berikut :

 

Cara Bikin Mie Jawa Goreng

Bahan – Bahan :

  • 500 ml air
  • 200 gram mie telur, direbus dan tiriskan
  • 75 gram kol, iris kasar
  • 5 buah bakso sapi, diiris tipis
  • 5 batang caisim dipotong kecil
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 batang daun bawang perai, iris miring
  • 2 sendok makan minyak
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 buah paha ayam
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk (opsional)
  • 1/2 buah tomat, dipotong-potong
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • bawang goreng secukupnya
  • irisan mentimun secukupnya
  • cabai rawit hijau secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :

  • 6 siung bawang putih, digoreng
  • 4 butir kemiri, digoreng
  • 1/2 sendok teh merica

Cara Bikin Mie Jawa Goreng :

  1. Rebuslah paha ayam hingga matang dengan menggunakan air yang sudah disiapkan sebelumnya, kemudian sisihkan kaldunya kuranglebih100 mili.
  2. Goreng ayam sebentar, jangan sampai terlalu kering. Kemudian suwir-suwir dagingnya untuk taburan mie goreng.
  3. Panaskanlah minyak, lalu masukkan telur setelah itu masak orak-arik hingga matang, kemudian sisihkan.
  4. Tumislah bumbu halus pada wajan hingga tercium bau harum, lalu masukkan ayam dan bakso sapi, aduklah sampai rata. Tak lupa kalian tambahkan kol dan juga caisim kemudian aduk-aduk sampai layu.
  5. Tambahkan telur yang sudah dimasak ke dalam bumbu.
  6. Masukkan air kaldu ayam, kaldu ayam bubuk (tergantung pilihan saja), merica bubuk, dan garam. Kemudian aduk hingga meresap sesudah sayur matang.
  7. Masukkan mie telur, kemudian aduk-aduk hingga bumbu meresap. Masukkan daun bawang perai dan juga tomat, lalu aduk sampai rata.
  8. Hidangkan Mie jawa goreng dengan menggunakan taburan bawang goreng dan juga ayam suwir. Lengkapilah dengan irisan acar timun, cabai rawit, atau topping yang lainnya agar menarik.

 

Tips Pilih Mie kering yang aman dikonsumsiMie kering

 

1. Produsen Terjamin dan Bersertifikat

Saat membeli mi, pilih produsen mi yang memiliki sertifikat Halal dari MUI dan BPOM. Logo sertifikasi biasanya tertera pada kemasan produk. Sebaiknya jangan memilih produsen mie yang tidak bersertifikat karena bahan baku, kualitas bahan dalam mie, dan proses pembuatannya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

2. Rendah lemak

Mie kering tidak melalui proses penggorengan seperti mie instan, melainkan menggunakan teknologi Air dry. Teknologi ini menggunakan udara panas untuk mengeringkan mi, menghasilkan mi rendah lemak.

Perlu diketahui, tidak semua produsen mi kering menggunakan teknologi Air dry. Banyak yang masih menggunakan cara manual, yaitu dengan menjemur mie di bawah sinar matahari yang dapat terkontaminasi oleh polusi udara.

3. Tanpa Pengawet

Mie kering yang aman dikonsumsi tidak perlu menggunakan bahan pengawet, karena proses pengeringan dengan udara kering sendiri mencegah kerusakan dan membunuh bakteri, sehingga mie dapat bertahan lebih lama secara alami. Mie kering tanpa pengawet ini bisa bertahan selama 10 bulan sejak tanggal produksi.

4. Tekstur Setelah Mendidih

Mie yang aman disantap setelah direbus menyisakan air di balik rebusannya yang keruh. Ini karena pati yang merupakan bahan dasar mie dan telur larut dalam air mendidih. Selain itu, mie yang berkualitas baik memiliki tekstur yang kenyal dan tidak mudah pecah, namun lembut dan kenyal saat dikunyah. Ini karena mie menggunakan bahan tepung premium dengan protein tinggi Produsen Bergaransi dan Bersertifikat

Saat membeli mi, pilih produsen mi yang memiliki sertifikat Halal dari MUI dan BPOM. Logo sertifikasi biasanya tertera pada kemasan produk. Sebaiknya jangan memilih produsen mie yang tidak bersertifikat karena bahan baku, kualitas bahan dalam mie, dan proses pembuatannya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Nah, bagaimanya apakah kalian tertarik mencoba resep cara bikin mie jawa goreng. Apabila kalian ingin mencoba resep mie jawa lainnya silahkan klik link Disini.

See You Next Article !!!

Baca juga : Cara Memasak Sarden Kaleng Simple, Enak, Nikmat, Dan Lezat