Cara Memasak Kornet Pronas Goreng – Makanan ini dihasilkan untuk memanjakan lidah sambil menawarkan pilihan alternatif daging kornet untuk pengguna Indonesia. Daging kornet, yang kebanyakannya adalah bubur daging dengan tepung, menjadi lembek ketika diproses. Tetapi daging lembu Pronas corned dengan Cornet Beef Pronas adalah daging lembu corned yang sangat sedap.

Kornet Pronas Goreng Kentang

Cara Memasak Kornet Pronas Goreng

Pronas corned beef sangat berbeda, karena daging kornet ini tidak menggunakan campuran tepung dan ada juga potongan potongan yang memberikan rasa yang sangat jelas kepada daging. Cara Memasak Kornet Pronas Goreng Daging kornet biasanya diproses menggunakan bawang, bawang putih dan lada cayenne kemudian tumis hingga garing.

Anda boleh menikmatinya sebagai lauk dengan nasi putih. Selain itu, daging lembu Pronas juga sesuai untuk mengisi martabak, pahit, sprigroll, daging jagung dan banyak lagi. Sebelum masuk ke resepnya saya ada penwaran alat yang menarik ni yakni panggangan sosis yang memudahkan proses pemanggangan masakan kamu.

Cara Memasak Kornet Pronas Goreng Kentang

Bahan – Bahan :

  • Kentang 500 gram
  • Kornet beef Pronas 1/4 kaleng
  • Telur ayam 2 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 3 siung
  • Garam seperlunya
  • Merica bubuk sesuai selera
  • Penyedap rasa sedikit saja
  • Minyak goreng

Cara Memasak Kornet Pronas Goreng :

  1. Pertama, kentang dikupas lalu dicuci dan dipotong kotak. Siapkan kompor untuk menggoreng kentang. Goreng sampai matang lalu angkat dan tiriskan.
  2. Kupas bawang merah dan putih lalu rajang kasar untuk selanjutnya digoreng. Kentang dan bawang goreng lalu diulek sampai lembut.
  3. Selanjutnya tambahkan Kornet Pronas, garam, merica halus, penyedap rasa sesuai kebutuhan lalu coba untuk mengetahui rasa. Tuangkan 1 butir kocokan telur dan diaduk-aduk merata.
  4. Berikutnya siapkan kembali wajan penggorengan, adonan dicetak menggunakan sendok untuk kemudian digoreng. Sebelum digoreng, masukkan dulu ke kocokan telur kemudian digoreng hingga kuning kecoklatan.
  5. Perkedel kentang Kornet Pronas siap dinikmati bersama nasi hangat.

 

Tips Mengolah Kornet Pronas Goreng Kentang

Tips mengolah kornet

1. Pilih jenis kentang yang bagus

menggunakan kentang jenis tes karena kandungan airnya sedikit dan patinya tinggi. Ciri lain kentang tes warnanya agak pucat. Kandungan air yang sedikit akan membuat kentang lumat jadi lebih padat. Baca juga: Resep Perkedel Tahu Tanpa Tepung, Lauk Sarapan Praktis

2. Cara mematangkan kentang

Sebelum kentang digoreng (deep fry) dan dilumatkan, kentang harus matang. Cara masak kentang bisa direbus, dikukus, atau digoreng. Apabila memilih teknik masak rebus dan tumis, maka rebus kentang bersama kulitnya tanpa dipotong. Baca juga: Aneka Jenis Kentang, Mana yang Cocok Direbus, Goreng, dan Tumbuk? Cara ini membuat kentang lebih tidak banyak menyerap air. Namun, cara terbaik mematangkan kentang untuk perkedel adalah dengan cara digoreng. Goreng sampai matang lalu lap tisu atau kertas sampai minyaknya hilang.

3. Pilih bahan campuran yang tidak berlemak

Lihat Foto Perkedel bayam. (Dok. Sajian Sedap) Beberapa resep sering menambahkan mentega ke dalam perkedel. Cara ini bisa dilakukan tetapi jangan terlalu banyak karena akan membuat perkedel lebih mudah hancur. Jangan juga menambahkan daging yang terlalu berlemak. Apalagi susu cair atau kental manis. Paling baik, gunakan susu bubuk.

4. Telur Terlalu Banyak

Pada resep perkedel biasanya akan menambahkan telur sebagai pengikat adonan. Telur juga membuat tekstur perkedel jadi lebih lembut saat dimakan. Namun, seringkali kita menggunakan telur yang terlalu banyak. Resep biasanya hanya akan menulis satu butir telur utuh, tetapi tidak disebutkan beratnya. Baca juga: 7 Mitos Seputar Telur, Apa Benar Telur Harus Masuk Kulkas? Bisa jadi, telur yang kita gunakan nyatanya jauh lebih besar. Solusinya, timbang telur sebelum digunakan. Idealnya, telur putih adalah 30 gram dan kuning telur 20 gram. Jadi, kalau gunakan telur utuh, maka jumlahnya adalah 50 gram telur.

5. Cara menggoreng perkedel yang salah

Perhatikan cara menggoreng perkedel. Selain dilapisi telur, menggoreng perkedel juga butuh teknik yang tepat. Baca juga: Ciri-ciri Minyak Goreng yang Cocok buat Deep Frying, Perhatikan Suhu   Jangan menggunakan api yang terlalu kecil. Api yang kecil membuat proses menggoreng jadi lama. Saat penggorengan yang lama inilah, perkedel akan jadi pecah. Selalu gunakan api sedang dengan minyak yang sudah panas betul saat akan menggoreng perkedel.

 

Demikian itulah cara memasak kornet pronas goreng beserta sedikit tipsnya, semoga bermanfaat. Jika anda anda ingin melihat resep kornet lainnya anda bisa klik Disini.

Happy Cooking !!!

Baca juga : Cara Bikin Kuah Mie Ayam Simpel dan Lezat Ala Rumahan