11 Contoh Kerajinan Yang Terbuat Dari Sabut Kelapa – Banyak sekali kreativitas yang bisa kita dapatkan jika kita mampu mengelolanya dengan baik dan mempelajarinya dengan seksama hingga menjadi sebuah produk yang bermanfaat baik dari segi kegiatan maupun segi komersialnya. Di zaman sekarang ini, semua produk memiliki nilai komersial, apapun sudah diolah menjadi uang.

Dan bahan terkecil tentu sangat berharga. Nah, dalam hal ini kita akan membahas tentang pohon yang dimaknai sebagai pohon sejuta manfaat. Karena pohon memiliki banyak manfaat. Apakah Anda tahu pohon kelapa? Tentu Anda mengenalnya, bukan? Dari bunga, batang, daun, buah, dan buah di dalamnya.

Mengapa harus sabut kelapa, padahal banyak sekali manfaat dari satu pohon kelapa? jawabannya, karena sebagian besar sabut kelapa dapat diolah dengan mudah dan menghasilkan berbagai produk yang bermanfaat pula. Tentunya barang-barang yang dibuat cantik dan bermanfaat ya. Apa yang bisa dibuat? Yuk simak berikut ini !

11 Contoh Kerajinan Yang Terbuat Dari Sabut Kelapa

11 Contoh Kerajinan Yang Terbuat Dari Sabut Kelapa

1. Kasur.

Bayangkan saja jika kita memiliki kasur yang terbuat dari sabut kelapa. Tentu kita mengira sabut kelapa itu gatal, pasti kasurnya tidak nyaman saat digunakan. Jangan berpikiran negatif dulu, kasur berbahan sabut kelapa ini dibuat dengan memadukan sabut kelapa dengan getah karet.

Jadi tidak semuanya terbuat dari sabut kelapa. Sehingga hasil yang didapat adalah kasur yang lentur dan lembut alami. Pasti nyaman bukan? plus kasur ini memiliki nilai plus dalam hal anti bakteri dan anti air.

2. Tali Tambang.

Selain menjadi ijuk, sabut kelapa digunakan sebagai tambang. Yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar kerajinan.

Tali juga digunakan untuk tali perahu, tali dadung, tali cocomesh dan lain sebagainya. Tali adalah kerajinan mudah dari sabut kelapa.

3. Pembatalan Getaran Suara.

Kerajinan sabut kelapa ini memiliki kemampuan meredam suara. Sehingga tikar sabut kelapa dipasang di dinding atau sumber getaran terdekat.

4. Cocoshet.

Kerajinan dari media perbanyakan tanaman, yang dibuat dengan menjahit dan mengeriting sabut kelapa. Sehingga sabut kelapa membentuk lembaran, dan dilapisi dengan bahan lateks. Biasanya digunakan untuk menanam pohon anggrek dan sejenisnya.

5. Cocomesh.

Cocomesh adalah media tanam untuk reklamasi area pertambangan, mencegah erosi, dan memperkuat lahan miring. Bentuknya berupa jaring yang terbuat dari anyaman tali sabut kelapa yang terbuat dari bahan organik yang tahan lama.

Baca Juga : Cocomesh dengan harga murah berkualitas langsung dari produsernya!

6. Keset dan Sapu.

Dua produk sabut kelapa yang terkenal. Merupakan kerajinan sederhana yang terbuat dari sabut kelapa. Kedua produk ini selain murah, lebih mudah dibersihkan dan tahan lebih lama. Sabut kelapa biasa digunakan untuk menyaring merkuri dalam penambangan emas.

7. Kursi Kendaraan.

Ada banyak kerajinan dari sabut kelapa! misalnya ide dari pabrikan otomotif terkemuka dunia, Mercedes Benz, Opel di Eropa untuk menggunakan sabut kelapa sebagai bahan pengisi jok. Karena sifatnya yang lentur, kuat, tidak berbau, tahan lama dan tingkat polusinya lemah.

8. Kasur.

Keset kesehatan yang berasal dari sabut kelapa sering digunakan untuk orang yang sering mengalami nyeri pinggang. Kasur sabut kelapa yang lentur namun tidak mudah dipadatkan. Kasur sabut kelapa sering digunakan sebagai pengisi dalam campuran lapisan spring bed.

9. CoirNet.

Sabut jaring adalah campuran yang digunakan untuk teknik paving. Tali sabut besar sekitar 3 lapis yang dipilin membentuk ikatan dengan ketebalan 1,5 – 2 cm. Jadi bentuk dan fungsinya sama dengan cocomesh, hanya saja jaring sabutnya lebih besar dan kuat.

10. Cocopot.

Kerajinan cocopot dari sabut kelapa sederhana dibuat menjadi pot. Media pengganti polybag ini bersifat alami dan ramah lingkungan. Jadi ketika kita menggunakan uninstall, kita tidak khawatir dengan dampak negatif yang ditimbulkannya.

11. Cocopeat.

Lembaran serat sabut adalah produk sampingan dari cocopeat. Yaitu butiran gabus sabut kelapa. Sifatnya mampu menahan air dan unsur kimia pupuk serta menetralkan asam tanah. Sehingga sangat cocok sebagai media tanaman hortikultura dan rumah kaca.

Nah demikian lah 11 Contoh Kerajinan Yang Terbuat Dari Sabut Kelapa, semoga dapat bermanfaat ya see you^^

Baca Juga : Manfaat Minyak Kelapa Murni Untuk Kesehatan