Hai apakabar semua ? bismillah sehat semuanya. Pada artikel kali ini akan membahas tentang “Cara Menyimpan Sayuran Yang Sudah Dipotong”. Hal ini biasanya lebih baik cepat dimasak karena tidak kuat terlalu lama, paling tidak hanya sampai tiga hari saja. Mau tau tips gimana supaya tetap segar dan awet? Yuk simak artikel ini sampai bawah ya !

Cara Menyimpan Sayuran Yang Sudah Dipotong

Cara Menyimpan Sayuran Yang Sudah Dipotong

Terkadang Anda membeli banyak buah dan sayuran untuk persediaan beberapa hari ke depan. Tidak sedikit juga yang membeli buah atau sayur dan setengahnya dikonsumsi keesokan harinya.

Faktanya, setelah dikupas, kualitas buah dan sayuran menurun karena proses oksidasi, dan ketika terkena sinar matahari dan disimpan dengan tidak benar, buah menghitam dan perlahan mengering. Lalu bagaimana cara menyimpan buah atau sayuran yang sudah dipotong dengan benar?

  • Air

Jika Anda menyimpan buah atau sayuran dalam wadah berisi air, mereka dapat memiliki umur simpan yang lebih lama. Sayuran yang cocok untuk penyimpanan dengan cara ini adalah wortel, seledri, dan irisan kentang. Untuk membuatnya lebih tahan lama, simpan dalam air dingin dan ganti airnya setiap atau dua hari sekali.

  • Keasaman

Anda mungkin sudah tahu bahwa jus lemon yang dicampur dengan air berguna untuk mencegah apel berubah warna. Namun, tak hanya apel, ada juga buah lain yang bisa diawetkan dengan cara ini, yakni buah atau sayuran yang mengandung asam sitrat.

  • Serbet Kertas

Serbet kertas dan kotak kedap udara sangat bagus untuk menyimpan sayuran atau buah-buahan, terutama paprika dan stroberi. Hal itu dapat menyerap kelembapan di dalam kotak.

  • Membekukan

Buah beri, jagung, buncis, potongan wortel, dan paprika cocok untuk metode ini. Namun terlebih dahulu dimasukkan ke dalam wadah tertutup.

Baca Juga : http://etechtunes.com/cara-menyimpan-sayuran-agar-tetap-segar/

Tips Agar Sayuran Awet Dan Tahan Lama

  • Pilih Sayuran Yang Berkualitas

Anda harus memilih jenis produk sayuran berkualitas tinggi. dan itu, Anda dapat mencoba segalanya untuk mencegah sayuran disimpan di penyimpanan, tetapi jika produk sayuran yang Anda simpan tidak berkualitas baik, mereka masih dapat membusuk.

  • Pastikan Suhu Kulkas Tepat

Suhu di lemari es mungkin atau mungkin tidak membawa bakteri juga. Suhu ideal dalam lemari es adalah antara 1-4 derajat Celcius. Jika lebih tinggi, bakteri dapat berkembang, yang mempengaruhi rasa dan aroma makanan. Sedangkan jika lebih rendah akan membekukan sayuran.

  • Jaga Kelembapan Kulkas

Anda perlu menjaga lemari es dalam kelembaban tinggi. Anda dapat menjaga kelembapan lemari es dengan tidak terlalu sering membuka tutup lemari es dan dengan rutin membersihkan bantalan karet lemari es.

  • Pisahkan Sayur Dengan Buah

Jika Anda pernah mendengar bahwa Anda dapat mematangkan alpukat dengan menyimpannya di dalam kerucut apel, Anda benar. Ini karena apel dan pir, serta banyak buah lainnya, menghasilkan gas yang disebut etilen, yang mempercepat proses pematangan buah dan sayuran di sekitarnya.

Dalam kasus sayuran, bagaimanapun, pematangan berarti pembusukan: noda, layu, menguning dan pembusukan umum. Namun, pastikan untuk menyimpan sayuran secara terpisah dari buah-buahan. Letakkan buah dan sayuran di laci kulkas terpisah.

  • Pisahkan Sayur Dengan Buah

Hindari mencuci produk herbal terlebih dahulu, karena kelembapan akan mempercepat proses pembusukan. Dua sayuran yang dikecualikan dari aturan ini adalah daun bawang dan asparagus. Keduanya dapat terendam air dan disimpan tegak (tetapi hanya 2-3 cm air).

  • Bungkus Sayuran Hijau

Sayuran berdaun harus dikonsumsi dalam waktu 1-2 hari setelah pembelian untuk menjaga sayuran tetap segar dan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan semua nutrisi dalam sayuran. Namun, jika Anda berencana untuk menyimpan sayuran ini, yang terbaik adalah membungkus daunnya dengan handuk kertas agar handuk dapat menyerap kelebihan air.

Sayuran berdaun dapat menyimpan kelembapan berlebih dan dengan demikian membusuk dengan cepat. Setelah dibungkus dengan handuk kertas, masukkan ke dalam kantong plastik dan simpan di lemari es. Anda perlu menyimpan varietas yang berbeda dalam tas terpisah. Anda dapat melakukannya dengan selada, pak choi, lobak Swiss, kangkung, dan bayam.

  • Singkirkan Batang Sayuran

Daun yang tertinggal pada sayuran dan sayuran lainnya masih dapat melepaskan kelembapan, yang buruk jika disimpan dalam waktu lama, karena sayuran dapat dengan mudah membusuk. Untuk sayuran seperti wortel dan bit, potong batangnya sebelum disimpan.

  • Perhatikan Lama Penyimpanan

Menyimpan sayuran di lemari es juga membutuhkan waktu lebih lama. Berapa lama sayuran bisa disimpan di lemari es? Beberapa sayuran hanya bisa disimpan selama 3-5 hari, semakin lama disimpan di lemari es, kualitas sayuran semakin menurun bahkan mulai membusuk. Jika tidak diberi label akan mempengaruhi sayuran lain yang bisa disimpan lama di lemari es. Umur simpan maksimum sayuran dalam wadah penyimpanan mudah dilihat, sehingga Anda dapat dengan mudah mengingat untuk memeriksa kondisi sayuran setiap kali membuka lemari es.

 

Gimana? sudah tau bukan cara menyimpan sayuran yang baik agar tetap awet dan segar bukan? Semoga bermanfaat ya dan semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan dan menambah pengetahuan anda bagi yang belum tau semoga membantu. Sekian terima kasih dan selamat mencoba.