Cara Membuat Roti Goreng Tepung Panir – Salah satu camilan yang banyak digemari oleh banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Karena memang tidak diragukan lagi, camilan yang satu ini memang sangat lezat dan tentunya memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan.

Dari mulai bahan yang digunakan hingga alat – alat yang digunakan cukup simple dan mudah di dapatkan di mana saja. Pasti kalian penasaran banget kan gimana cara membuatnya ? Yaudah, yukk simak informasi – informasi mengenai Cara Membuat Roti Goreng Tepung Panir yang anti ribet berikut ini.

Tepung Panir

Cara Membuat Roti Goreng Tepung Panir

 

 

 

 

 

 

 

Tepung Roti atau tepung panir sering digunakan orang untuk menggiling bahan yang digoreng. Diketahui bahwa kedua roti ini menggunakan roti sebagai bahan utamanya, namun nyatanya keduanya memiliki tampilan dan rasa yang berbeda. Apakah Anda salah satu orang yang sering menyamakan roti dengan remah roti? Kemudian pelajari perbedaan antara sepotong roti dan sepotong roti di artikel berikutnya

Perbedaan Tepung Panir dan Tepung Roti

Mengingat kesamaan antara kedua jenis tepung ini, banyak yang masih kesulitan membedakan keduanya. Oleh karena itu, pertimbangkan beberapa perbedaan antara tepung roti dan sepotong roti, seperti yang akan kami pertimbangkan:

1. Komposisi

Bahan utama untuk membuatnya adalah salah satu perbedaan antara tepung terigu dan tepung roti. Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa bahannya berbeda dengan bahan roti? Ternyata, meski sama-sama berbahan dasar roti, namun porsi roti yang digunakan berbeda Potongan roti yang baru masih segar dan digunakan untuk membuatnya.

Bagian produksi dikeringkan sampai kering kemudian digiling. Sedangkan potongan roti yang ia gunakan adalah pinggiran roti yang berwarna coklat. Caranya dijemur terlebih dahulu, kemudian dihaluskan.

2. Rang

Karena potongan roti dan bagian yang digunakan untuk membuat potongan berbeda, yaitu bagian dalam roti dan kulit remah roti harus berbeda, maka warna kedua tepung ini juga harus berbeda. Tepung roti memiliki warna putih, warna roti kuning-oranye-coklat. Setelah dipanggang, warna potongan rotinya benar-benar lebih menarik dan berwarna dibandingkan dengan potongan rotinya.

3. Jaringan dan Bentuk

Ternyata meski warnanya lebih keriting dan menarik, tepung roti lebih disukai daripada remah roti. Pasalnya, tepung roti memiliki struktur yang kasar dan bentuk yang lebih besar dan lebih panjang. Bentuk dan strukturnya menyerupai sepotong kecil roti. Sehingga saat digoreng teksturnya menjadi lebih matang.

Namun, remah roti memiliki tekstur yang jauh lebih lembut dan bentuk yang lebih kecil. Saat digoreng, tepung ini renyah, tetapi tidak menjerit seperti sepotong roti.

4. Gunakan Dalam Makanan

Perbedaan antara roti dan tepung roti langsung terlihat dalam hal penggunaannya dalam makanan. Roti terutama digunakan untuk makanan yang memiliki tekstur lebih padat, seperti daging, seafood, atau ayam, karena memiliki tekstur yang lebih kasar dan volume yang lebih besar.

Irisan roti lebih sering digunakan untuk memberikan tekstur yang lebih lembut pada masakan, seperti bros, kroket, dan nugget. Karena ukurannya yang kecil dan teksturnya yang lebih lembut, tepung ini mudah menempel pada makanan.

Jenis Tepung Panir

Beberapa jenis tepung roti memiliki tekstur dan warna yang berbeda. Oleh karena itu kegunaannya pun berbeda. Kamu bisa dengan mudah menemukan tepung roti di pasaran. Namun kalau mau membuat sendiri juga lebih mudah karena dibuat dari roti tawar.

  • Tepung Roti Putih Basah

Tepung roti jenis ini biasanya digunakan sebagai campuran daging gulung atau ayam, serta pengental kue, puding atau saus yang rasanya manis. Proses pembuatannya terdiri dari merobek roti dan kemudian mengeringkannya. Jalankan atau daur ulang segera setelah dihancurkan.

  • Roti Putih Kering

Biasanya digunakan untuk menutupi jenis ayam, ikan, sayuran atau daging sebelum digoreng. Berbeda dengan tepung roti tawar basah yang digunakan setelah dipanggang, tepung ini digunakan sebelumnya. Cara pembuatan – jemur roti tawar di bawah sinar matahari langsung. Anda juga dapat menggunakan oven untuk mengeringkan pada suhu 120 derajat, tetapi oven tidak boleh gosong atau kecokelatan.

Roti ini akan membuatnya bertahan lebih lama. Setelah proses pembuatan, bisa memakan waktu hingga satu bulan jika ditempatkan dalam wadah kedap udara.

  • Roti Coklat Kering

Biasanya, roti jenis ini digunakan untuk menaburkannya di atas hidangan yang digoreng atau dipanggang, seperti kroket atau risotto. Pembuatannya mirip dengan tepung roti tawar kering yang dijemur di bawah sinar matahari langsung. Itu juga dapat dipanaskan dalam oven pada suhu di atas 120 derajat.

Panggang hingga roti berwarna kecokelatan. Setelah itu, puree dan tepung siap digunakan. Tepung ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tepung roti biasa. Namun, struktur tepung ini lebih kasar dan butirannya lebih besar dari kebanyakan tepung roti yang dijual di pasaran. Ini adalah namanya – tepung panko, tetapi juga dikenal sebagai tepung Jepang.

Mengapa disebut bahasa Jepang olehnya? Hal ini karena tepung ini sering digunakan dalam pembuatan atau pelapis masakan Jepang, seperti tempura dan katsu.

Tips

Baik roti maupun remah roti adalah roti yang terbuat dari roti, kemudian dipecah-pecah dan akhirnya berubah menjadi roti dan remah roti. Anda memerlukan metode berikut untuk menggunakan kedua tepung ini agar menempel dengan baik saat digoreng.

• Lapisan Kocokan Telur

Sebelum mengubah bahan yang digoreng menjadi roti bakar atau roti bakar, sebaiknya bahan-bahan tersebut direndam dalam telur yang sudah dikocok sebelumnya. Setelah dicelupkan, olesi dengan sepotong tepung agar menempel erat saat digoreng.

• Lapisi dengan Adonan Tepung Cair

Jika bahan tidak ditambahkan ke telur kocok, pilihan lain adalah dengan merendam bahan yang digoreng dalam campuran tepung cair. Kemudian gosok bahan tersebut ke salah satunya hingga halus dan pastikan untuk menekannya agar menempel.

• Simpan di Lemari Es yang Kokoh

Setelah remah roti atau irisan, atau keduanya, tertutup tepung, simpan bahan panggang dalam mangkuk, lalu masukkan ke dalam lemari es. Tujuannya agar tepung bisa menempel dengan baik pada bahan penggorengan.Tempatkan bahan dalam wadah kedap udara dan kering.

Simpan di kulkas minimal 30 menit. Cara penyimpanan makanan ini juga bisa digunakan untuk mengubah bahan yang digoreng menjadi makanan beku. Namun perlu diingat bahwa bahan-bahan tersebut sebaiknya dikonsumsi seminggu sebelumnya.

• Gunakan Metode Deep-Fry atau Goreng dengan Minyak Banyak

Tidak berbeda dengan menggoreng pada umumnya, untuk bahan yang menggunakan roti atau tepung roti sebaiknya disebut juga dengan deep frying atau deep frying. Teknik memanggang ini membantu memasak bahan yang digoreng dengan cepat dan tepung yang keluar tidak terlalu banyak.

Caranya adalah tuangkan minyak yang banyak ke dalam penggorengan dan gunakan api sedang. Saat minyak sudah panas, kecilkan api. Masukkan bahan tumisan dan pastikan tercelup ke dalam minyak.

• Jangan Menggoreng dengan Api Besar

Hindari menggoreng bahan yang terbungkus di dalamnya menggunakan api besar. Bahan-bahan ini bisa dimasak di luar, tetapi mentah di dalam. Yang terbaik adalah menggoreng bahan di atas api sedang karena kedua tepung mudah gosong.

• Jangan Terlalu Sering Dibalik

Cara lain agar tidak mudah jatuh adalah dengan tidak terlalu sering melewatkan gorengan. Tidak perlu khawatir tentang persiapan makanan, karena jika Anda menggunakan metode menggoreng, makanan akan matang dengan baik.

Cara Membuat Roti Goreng Tepung Panir

Cara Membuat Roti Goreng Tepung Panir

Bahan – Bahan :

  • 1 buah roti (potong jadi 2)
  • terigu (buat pencelup, tambah air garam dan penyedap rasa)
  • tepung roti atau panir orange
  • wortel
  • buncis
  • jagung
  • bawang putih
  • merica
  • garam
  • gula pasir secukupnya
  • penyedap rasa
  • beri 1 sdm terigu

Cara Membuat :

  1. Lelehkan bahan awal hingga tercampur rata, tunggu hingga berbusa, tandai ragi aktif
  2. Lalu masukkan kuning telur, aduk rata
  3. Tuang bahan, uleni hingga setengah kalis, atau aduk rata.
  4. Kemudian masukkan margarin dan uleni hingga kalis. Jika adonan lembek bisa ditambahkan sedikit tepung, jika keras tambahkan air hingga dirasa perlu.
  5. Diamkan kurang lebih 30 menit, gulung adonan menjadi 10 bagian, isikan isi sesuai selera, lalu tunggu sampai mengembang.
  6. Celupkan ke putih telur, gulingkan ke tepung panir, goreng dengan minyak banyak dan panas, goreng sampai matang, balik sekali saja. Hapus dan buang

Selengkapnya Cara Membuat Stup Roti Tawar Coklat Lumer

Sekian artikel saya mengenai Cara Membuat Roti Goreng Tepung Panir yang bisa kalian contoh di rumah. Semoga bermanfaat, thankyou.