Haloo guys… Di artikel kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang cara memasak sayur lodeh santan. Simak selengkapnya di bawah.

 

Sayur Lodeh

cara memasak sayur lodeh santan

Sayur lodeh merupakan sebuah hidangan khas jawa yang sudah ada sejak lama. Bahkan sejak kolonial belanda sayur ini telah ada dan membantu para tentara Indonesia dalam perang.

Dengan rasanya yang gurih membuat siapa saja yang memakannya pasti ketagihan atas rasanya, Sekarang sayur lodeh dapat ditemukan dimana saja. Rasa gurihnya membuat sayur lodeh dapat dipadukan dengan berabagai hindangan lainnya.

Sehingga sayur lodeh sering kali dijadikan sebagai lauk sehari – hari, harganya yang murah juga menjadi penyebab umum kenapa sayur lodeh menjadi normal untuk dimakan setiap hari.

Namun alangkah baiknya jika kita membuat sayur lodeh sendiri dirumah. Karena kita dapat mengubah bahannya menggunakan bahan yang kita inginkan seperti menggunakan terong atau bahan lainnya.

 

Cara Membuat Sayur Lodeh Santan

Bagi kalian yang ingin membuat sayur lodeh santan tapi tidak tau resep dan cara membuatnya. Berikut ini resep dan cara memasaknya.

Bahan :

  1. 200 gram nangka muda, dipotong-potong
  2. 300 gram labu siam, dipotong-potong
  3. 8 buah kacang panjang, dipotong-potong
  4. 1 buah terong, dibelah dua bagian, dipotong-potong
  5. 100 gram daun melinjo muda
  6. 3 buah cabai hijau besar, diiris bulat
  7. 2 lembar daun salam
  8. 3 cm lengkuas, dimemarkan
  9. 2 sendok makan garam
  10. 2 sendok teh gula merah sisir
  11. 400 ml santan dari 1 butir kelapa

Bumbu halus:

  1. 8 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 butir kemiri, sangrai
  4. 1/2 sendok teh terasi goreng
  5. 2 cm kencur
  6. 1/2 sendok teh ketumbar
  7. 2 buah cabe merah besar

Cara Memasak Sayur Lodeh Santan :

  1. Siapkan panci lalu masukan santan, daun lenkuas, dan bumbu yang telah dihaluskan. Rebus semua bahan hingga timbul aroma harum.
  2. Setelah muncul aroma harum masukan nangka muda, garam, dan gula merah lalu rebus sampai setengah matang saja.
  3. Setelah setengah matang masukan labu siam, kacang panjang, terong, daun mlinjo, dan cabai hijau. Lalu aduk hingga semuanya rata dan masak hingga sayur matang dan lembut.
  4. Setelah semuanya matang matikan kompor dan angkat sayur lodeh.
  5. Ambil mangkuk saji dan hidangkan sayur lodeh.

 

Kandungan Yang Ada Pada Sayur Lodeh

Kandungan Gizi Sayur Lodeh Menurut hasil penelitian, 100 gram sayur lodeh mengandung nutrisi dengan rincian sebagai berikut:

  • Energi: 240 kilokalori
  • Protein: 9,08 gram
  • Karbohidrat: 30,65 gram
  • Lemak: 12,45 gram
  • Kalsium: 135 miligram
  • Fosfor: 184 miligram
  • Zat Besi : 4,26 miligram

Selain itu, satu porsi per 100 gram sayur lodeh mengandung:

  • Pertama Vitamin A: 1465 IU
  • Kedua Vitamin B1: 0,14 miligram
  • Ketiga Vitamin C: 29 miligram

Sayur Lodeh Merupakan Sebuah Comfort Food

Ahli gizi dr. dr. Tan Shot Yen, M.Hum. menjelaskan, dari paparan nilai gizi dan bahan yang digunakan untuk membuatnya, lodeh nabati adalah jenis makanan yang menenangkan. Sebagai informasi, comfort food adalah sebuah hidangan yang dapat membuat pemakannya merasakan merasakan nyaman.

Lalu sang ahli gizi menyarankan kita saat mengolah sayur lodeh harus menggunakan bahan lain yang kaya akan serat dan protein agar komposisi dalam sayur lodeh seimbang dan sehat. Ada banyak kombinasi yang dapat dilakukan dengan sayur lodeh.

Contohnya kalian dapat menambahkan Ayam atau kalian dapat menambahkan sayuran segar seperti lalapan.
Maka dengan begitu saat kalian menyantap sayur lodeh akan terjaga gizi dan tidak malah menyebabkan hal buruk pada tubuh.

 

Itulah artikel yang dapat saya bagikan pada kali ini. Jika kalian tertarik dan ingin membaca artikel lainnya seperti ini bisa kalian coba lihat artikel di website ini. Atau jika kalian ingin membaca artikel seperti ini, kalian dapat membaca artikel sayur lodeh ini.