Selamat datang di artikel buatan saya, saya disini akan memebrikan tips atau cara lagi yaitu Cara Membuat Keripik Kentang Rumahan yang Sederhana dan enak yang tentunya dapat anda praktekkan di rumah saat waktu senggang bersama keluarga atau teman-teman anda.

Keripik Kentang Rumahan/Homemade

Siapa yang tidak suka dengan snack yang enak dan renyah ini? Selain rasanya yang renyah, keripik juga mudah ditemukan di supermarket atau kios terdekat. Banyak orang memilih untuk membuat keripik sendiri di rumah, dan selain sehat, kualitas keripik buatan sendiri juga terjamin.Namun, beberapa orang juga memilih untuk membeli daripada membuat keripik buatan sendiri karena takut tidak renyah.

Tips agar Keripik Kentang Rumahan tetap Renyah dan Gurih

Irisan kentang harus tipis

Kunci pertama untuk membuat keripik kentang yang renyah dan enak adalah cara mengirisnya. Diadaptasi dari halaman Chef’s Recipes, saat mengiris kentang untuk membuat keripik harus diiris tipis-tipis. Sebaiknya potong kentang menjadi sekitar 1/8 inci. Untuk membuat irisan yang sangat tipis dan rata, Anda bisa menggunakan parutan kertas timah.

Rendam kentang dalam air dingin

Jika Anda ingin membuat keripik kentang yang renyah, Anda harus mengurangi kadar gulanya, karena kentang termasuk sayuran dengan kadar gula yang tinggi. Caranya adalah dengan merendam kentang dalam air dingin. Hal ini juga bertujuan untuk menghilangkan kecoklatan kentang saat digoreng.

pengeringan

Tips ketiga adalah cara mengeringkan kentang yang sudah direndam sebelumnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kadar air pada kentang. Caranya adalah dengan meletakkan irisan kentang di atas handuk lalu menutupinya dengan bagian handuk yang lain. Kemudian peras sedikit agar kentangnya kering.

goreng secara bertahap

Tips selanjutnya adalah menggoreng potato wedges secara bertahap, jangan sekaligus. Suhu pertama saat menggoreng dalam minyak harus 90 derajat, lalu naikkan suhu menjadi 175 derajat. Hal ini dikarenakan ketika kentang digoreng dengan api kecil maka akan keluar airnya, sehingga minyak akan meresap ke dalam lapisan kentang.

pembuangan minyak

Tiriskan kentang yang baru digoreng menggunakan tisu. Hal ini agar kandungan minyak pada kentang dapat meresap sempurna ke dalam jaringan. Tentunya agar kentang tidak banyak minyaknya setelah Anda memakannya.

Resep atau cara membuat keripik kentang rumahan

cara membuat keripik kentang rumahan sebetulnya sangat mudah, berikut ini caranya

1.cara membuat keripik kentang rumahan

Bahan-bahan

  • Bahan Keripik kentang :
  • 1 kg kentang
  • Air utk merendam
  • 1 sdm garam
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah

  1. Kupas kentang kemudian iris dengan pisau keripik yang tipis. Lalu cuci bersih. rendam dlm air yg sudah di beri garam halus selama 30menit. Lalu bilas kembali dan tiriskan

  2. Panaskan minyak, Taburi sedikit garam. Masukkan irisan kentang. Goreng dan bolak balik hingga matang angkat Tiriskan.

  3. Setelah benar2 dingin bisa bisa disimpan dalam toples.

    Baca juga : Cara Membuat Keripik Kentang Pedas yang Enak”

2. cara membuat keripik kentang rumahan

Bahan-bahan

  1. 1 kg kentang dieng
  2. 1 sdm kapur sirih
  3. 2 siung bawang putih
  4. Secukupnya Garam
  5. Secukupnya kaldu jamur
  6. oregano secukupnya
  7. Air

Langkah-langkah

  1. Kupas kentang dan iris tipis-tipis. Cuci bersih. Rendam dengan air kapur sirih kurang lebih 20 menit

  2. Setelah 20 menit cuci kentang dengan air bersih. Kemudian uleg bawang putih dan garam, kaldu jamur. Tambahkan secukupnya air. Rendam lagi kentang sampai bumbu meresap

  3. Tiriskan kentang dan goreng kentang sampai matang. Kemudian tata kentang di loyang taburi dengan oregano. Oven kentang dengan suhu 200° selama 10-20 menit api bawah. Tujuan di oven agar kriuknya tahan lama. Siap disajikan

    Itulah resep dan tips yang dapat saya bagikan, Selamat mencobaa.