Hallo semua,gimana kabar kalian?semoga selalu sehat ya.Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat iga bakar madu yang enak dan gurih.

Cara Membuat Iga Bakar Madu

cara membuat iga bakar madu

Baca juga : Resep Iga Bakar Madu yang Enak dan Bisa dibuat dirumah

Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri dari beberapa iga, mulai dari iga ke 6 sampai dengan iga ke- 12; untuk potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga.

Tulang iga, atau short ribs, biasa diolah menjadi sup seperti sup konro. Bisa juga dimasak semur, dipanggang.Rib-eye steak adalah potongan dalam bentuk steak, bisa dengan tulang (bone in) atau tanpa tulang (boneless). Biasanya bagian ini digunakan sebagai bahan dasar makanan khas Makassar, sup konro.

Manfaat Cara Membuat Iga Bakar Madu

1. Melindungi Usus dan Menyembuhkan Penyakit Usus

Mengonsumsi secangkir kaldu tulang sapi setiap hari dapat membantu melindungi kesehatan usus, dan bahkan dipercaya mampu meredakan sakitnya radang usus buntu yang pecah.

Pasalnya, gelatin yang terkandung pada tulang sapi dapat memperbaiki lapisan usus dan mengurangi peradangan. Selain itu, minum kaldu tulang sapi juga dapat membantu meredakan diare kronis, sembelit, dan intoleransi makanan tertentu.

2. Melindungi Persendian

Mengonsumsi suplemen yang mengandung glukosamin telah lama digunakan sebagai cara utama mengobati nyeri sendi. Namun ternyata, kaldu tulang sapi juga mengandung glukosamin. Kondroitin sulfat yang ditemukan pada tulang rawan dapat membantu melindungi persendian Anda. Salah satunya adalah membantu mencegah osteoarthritis.

3. Membuat Awet Muda

Kolagen adalah protein yang terdapat dalam tubuh yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda. Tanpa kolagen, kulit Anda secara bertahap akan kehilangan elastisitas dan cenderung kusam. Maka dengan kata lain, Anda akan terlihat lebih tua.

Kabar baiknya, kaldu tulang sapi mengandung kolagen sehingga dapat meningkatkan elastisitas dan mengencangkan kulit Anda. Hal ini berarti kaldu tulang bisa menjadi obat untuk mencegah penuaan kulit.

4. Tidur Malam Lebih Nyenyak

Periset menemukan bahwa kandungan glisin pada tulang sapi dapat memperbaiki pola tidur Anda. Glisin dapat membantu melebarkan pembuluh darah kecil di otak sehingga dapat memperbaiki sirkulasi darah dalam otak. Selain itu, glisin juga menimbulkan sensasi relaksasi dan penurunan stres serta kecemasan. Hal inilah yang menyebabkan tidur Anda menjadi lebih pulas.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tahukah Anda bahwa kaldu tulang sapi termasuk salah satu makanan super yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda? Pasalnya, tulang sapi mengandung kadar mineral tinggi yang berkaitan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Saat Anda merebus tulang sapi, kandungan fosfor, magnesium, dan kalsium didalamnya akan meresap ke dalam cairan kaldu. Zat-zat ini mudah diserap oleh tubuh dan memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang Anda, termasuk meminimalisir risiko osteoporosis

Efek Samping Iga

1. Meningkatkan Kadar Kolesterol

Mengonsumi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Daging sapi yang kita konsumsi terkadang memiliki banyak lemak yang dapat menyebabkan meningkatkan kadar  kolesterol jika dikonsumsi terlalu berlebihan.Kadar kolesterol  yang cukup tinggi dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung.

2. Mengalami Dehidrasi

Banyak penelitian mengatakan terlalu banyak mengonsumsi daging sapi dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Terlalu banyak protein di dalam tubuh dapat menyebabkan ginjal memproduksi urine yang lebih pekat.

Dehidrasi yang sering Anda biarkan dapat menyebabkan kulit pada tubuh menjadi kusam, nafsu makan bertambah yang dapat menyebabkan obesitas.

3. Menimbulkan Masalah Pencernaan

Memiliki pencernaan yang lancar biasanya dibutuhkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat. Adapun daging sapi lebih banyak memiliki kandungan lemak daripada serat.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak seperti daging sapi dapat menyebabkan masalah pada pencernaan, karena lemak tidak mudah dicerna oleh tubuh.

Untuk menghindari masalah pada pencernaan, kurangilah mengonsumsi daging sapi, dan menggantikan dengan makanan kaya akan kandungan serat seperti buah dan sayuran.

4. Menyebabkan Sakit Kepala

Terlalu banyak mengonsumsi daging dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala, karena tubuh mengalami dehidrasi. Jika tidak segera ditangani akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Selain itu mengonsumsi makanan tinggi lemak seperti daging sapi dapat menyebabkan naiknya tekanan darah yang pada akhirnya juga dapat menyebabkan sakit kepala.

5. Menimbulkan Bau Mulut

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi seperti daging sapi dapat melepaskan zat ketones, yang dapat meningkatkan energi pada tubuh.

Namun terlalu banyak mengonsumsi daging sapi dapat melepaskan zat tersebut melalui mulut yang pada akhirnya dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

6. Menyebabkan Peradangan Pada Tubuh

Berbagai penelitian telah menunjukan lemak jenuh yang terdapat di dalam daging dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh.Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi daging sapi, dapat menyebabkan laju peradangan menjadi semakin cepat, dan merusak fungsi organ-organ di dalam tubuh.

Cara Membuat Iga Bakar Madu

Bahan Cara Membuat Iga Bakar Madu :

  • 800 gram iga sapi
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • ½ buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 3 sdm madu
  • ½ sdm kecap manis
  • ½ sdt kecap asin
  • Saus tiram½ sdm
  • ½ sdt pala bubuk
  • 1 sdt garam
  • Merica bubuk½ sdt
  • ½ sdt gula pasir
  • 2000 ml air
  • 2 sdm minyak wijen untuk menumis

Cara Membuat Iga Bakar Madu :

  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang bombay, dan jahe hingga harum. Masukkan iga. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan madu, kecap manis, kecap asin, saus tiram, pala bubuk, garam, dan merica. Aduk sampai iga terbalut bumbu.
  2. Tuangkan air dalam beberapa tahap. Masak sambil tusuk-tusuk iga hingga bumbu meresap.
  3. Bakar 15 menit dengan suhu 160°C sampai matang. Angkat dan sajikan.

Tips Cara Membuat Iga Bakar Madu :

  • Pilihlah iga yang segar atau menggunakan iga beku yang disimpan dari freezer tetapi sebelum dipanggang cairkan dahulu dalam suhu ruangan.
  • Rebus iga secukupnya dan segera angkat setelah daging terasa empuk supaya cita rasa dari iga tidak hilang dan ekstrak iga yang gurih akan larut dalam air.

Nah itulah cara membuat iga bakar madu yang enak dan gurih,bahan-bahannya juga mudah didapatkan serta tejamin kesehatannya.Sekian dari saya,selamat mencoba.